Mi MIX, sebuah concept smartphone yang bisa kita dapatkan tidak lama lagi. Mi MIX bisa dibilang merupakan smartphone masa depan yang direalisasikan oleh Xiaomi untuk segera hadir dan bisa kita nikmati. Meneruskan perjuangan Sharp Aquos Crystal beberapa tahun lalu yang membuat bezel-less phone.

Mi MIX dibekali layar besar, 6.4-inch, resolusi 1080 x 2040 piksel, namun dengan screen-to-body ratio yang juga sangat tinggi, hingga 91.3%. Itu artinya, Meski layarnya besar, dimensi body-nya tetap setara dengan banyak smartphone saat ini di kelas layar 5.5-inch. Semua bahan material di luar menggunakan full ceramic, termasuk cover belakang, frame, dan tombol. Bobotnya sendiri masih terbilang wajar yakni 209 gram.

Dengan desain tanpa bezel dan frame yang sangat tipis di sekitar layar atas dan samping, tentu smartphone ini tidak akan setangguh smartphone pada umumnya. Tapi itu yang harus dibayar untuk mendapatkan smartphone yang sangat futuristis ini.

Karena semua bagian atas layar sudah tertutup layar, maka earpiece standar pun digantikan dengan teknologi alternatif, caontilever piezoelectric ceramic acoustic. Begitu juga sensor proximity yang kini disembunyikan di belakang layar dengan teknologi ultrasonic. Ratio layarnya 17:9, saat menonton video, akan ada sedikit area hitam karena ratio video terpopuler saat ini menggunakan ratio 16:9. Kamera depan yang biasa diletakkan di atas layar, tidak lagi di Mi MIX. Kini ada di bawah layar dengan ukuran modul (bukan lensanya) yang 50% lebih kecil dibanding dengan modul kamera depan umumnya saat ini.

xiaomi-mi-mix-spesifikasi

Itu semua adalah fitur concept yang baru di sebuah smartphone. Bagaimana dengan performa hardware?

Mi MIX menggunakan spesifikasi kelas teratas yang available saat ini. Mulai dari chipset seri tertinggi; Qualcomm Snapdragon 821, dan dua pilihan RAM. 4GB RAM untuk versi storage 128GB UFS 2.0, dan 6GB RAM untuk versi 256GB. Sepertinya untuk versi 256GB ini merupakan versi Mi MIX 18k, yaitu Mi MIX dengan penambahan emas di bagian tepian kamera belakang dan fingerprint.

harga-xiaomi-mi-mix

Mi MIX dibekali baterai besar kapasitas 4400 mAh yang tentunya dibekali fitur Quick Charge 3.0 yang bisa charging ponsel hingga 83% hanya dalam waktu 30 menit. Begitu juga fitur-fitur lainnya, Mi MIX membawa specs terbaik, termasuk Full NFC Function, HD audio quality 192kHz/ 24-bit resolution (Hi-Def), GPS high-precision positioning, dual-band WiFi, dan kamera berkualitas.

Di bagian belakang, tersedia kamera 16MP f/2.0 dengan PDAF dan EIS yang bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi (tested). Kamera utama tsb tentunya memiliki kemampuan rekam video hingga resolusi 4K. Sedangkan di depan, resolusi kameranya 5MP. Mi MIX menggunakan MIUI 8 dengan basis Android Marshmallow, namun dengan beberapa fitur akses lebih agar penggunanya nyaman saat menggunakan smartphone yang tidak kecil ini.

harga-xiaomi-mi-mix

Xiaomi Mi MIX akan dirilis pada tanggal 4 November 2016 nanti, dan kita bisa menikmati sajian teknologi yang tak lagi membosankan seperti kebanyakan smartphone pada umumnya saat ini. Harus ada sebuah company yang mau mendobrak standar-standar teknologi dan kawajaran dalam sebuah ponsel, dan Xiaomi adalah salah satunya. LG juga bisa kita saksikan selalu mengeluarkan inovasi baru setiap tahunnya. Semoga vendor ponsel lain mau tergerak untuk lebih agresif melakukan inovasi yang bisa membuat kita takjub.

Harga Mi MIX masih selayaknya sebuah Xiaomi, terjangkau. Harga Xiaomi Mi MIX versi biasa dengan storage 128GB, dibandrol RMB 3499 atau sekitar 6,7 juta rupiah. Sedangkan versi 18k dengan storage 256GB, dihargai 1 juta lebih mahal, yakni sekitar 7,6 juta rupiah. Masih lebih terjangkau dibanding flagship Samsung atau LG kan?! PMC memprediksi, smartphone ini pasti akan sangat laris manis.

Overall, Xiaomi Mi MIX, smartphone terkeren tahun ini! Atau… mungkin satu dekade terakhir,

LEAVE A REPLY