Selain Redmi 1S yang populer sejak beberapa bulan yang lalu, Xiaomi juga masih memiliki pilihan smartphone lainnya yang tak kalah menarik. Adalah Redmi Note yang menempati posisi smartphone kelas menengah harga 2-3 jutaan dengan spesifikasi yang terbilang tangguh di kelasnya. Dengan harga hampir dua kali lipat dibanding 1S, Redmi Note dibekali spesifikasi yang lebih baik pada banyak sektor.

Harga Xiaomi Redmi Note

Harga-Xiaomi-Redmi-NoteXiaomi Redmi Note kini dijual resmi melalui dist yang sudah tak asing di telinga kita yakni Lazada Indonesia. Selain di Lazada, jika tidak mendapatkan ready stock, Anda juga masih bisa mencari di penjual perorangan di beberapa forum jual beli. Redmi Note dijual dengan harga Rp 2.750.000,-. Jika harga Redmi 1S di toko yang Anda temukan jauh lebih murah dari harga tsb, sebaiknya periksa spesifikasinya karena kemungkinan yang dijual adalah versi downgrade.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note

Ada dua versi Redmi Note yang beredar di pasaran, satu versi standar dan satu lainnya versi downgrade. Teliti sebelum membeli. Perbedaannya ada pada clockspeed prosesor dan RAM.

Desain dan Layar

Xiaomi-Redmi-Note-MIUIXiaomi Redmi Note masih sangat mirip dengan Redmi 1S dengan bahasa desain simpel namun elegan. Ketebalan Redmi Note mencapai 9.8 mm sehingga belum bisa masuk dalam jajaran smartphone tipis. Bobot Redmi Note pun hampir 200 gram tepatnya 199 gram sehingga untuk beberapa orang terasa terlalu berat namun beberapa pengguna merasakan lebih nyaman karena terasa lebih solid dalam genggaman. Dimensi panjang dan lebar Redmi Note adalah 154 x 78.7 mm. Dengan dimensi dan bobot tsb, Redmi Note mengusung layar berdiagonal 5.5″ dengan resolusi 720 x 1280 px 267 ppi IPS LCD. Sayang sekali pelindung layar Redmi Note tidak setangguh milik Redmi 1S.

Hardware dan OS

Redmi Note dibekali komponen yang terlihat ‘monster’ namun ketika dibandingkan dengan smartphone (tangguh) lainnya ternyata performanya tidak terlalu mengejutkan. Meski begitu, dibanding rival sekelasnya, performa Redmi Note sangat tangguh dengan score hasil pengujian AnTuTu Benchmark berada di kisaran 32 ribu, impresif.

Spesifikasi-Xiaomi-Redmi-NoteRedmi Note menggunakan prosesor dari MediaTek MT6592 dengan jumlah inti 8 atau biasa disebut Octa-core. Clockspeed Redmi Note standar adalah 1.7 GHz sedangkan versi downgrade hanya mencapai 1.4 GHz. GPU Redmi Note menggunakan Mali-450MP4 yang cukup tangguh untuk game HD dan multimedia. RAM Redmi Note dibekali 2 GB sedangkan versi downgrade hanya 1 GB.

Penyimpanan data internal Redmi Note menggunakan 8 GB yang tentunya sudah terpakai sebagian oleh sistem. Kapasitas penyimpanan juga dapat ditambah melalui microSD hingga 32 GB. Untuk menopang semua kebutuhan daya Redmi Note, baterai yang digunakan berkapasitas 3200 mAh.

Meski diluncurkan tahun 2014, Redmi Note belum menggunakan Android OS versi terbaru melainkan masih menggunakan Android Jelly Bean. Tampilannya tidak seperti Jelly Bean lain karena Redmi Note menggunakan UI khas Xiaomi yakni MIUI. Mengenai update ke Android KitKat mungkin saja diberikan oleh Xiaomi dengan hadirnya UI terbaru MIUI 6.0.

Network dan Data

Xiaomi-Redmi-NoteRedmi Note menggunakan jaringan GSM Dual SIM. Sedangkan untuk jaringan internet cepat tersedia 3G HSDPA, tak ketinggalan EDGE dan GPRS pada jaringan 2G. Fitur konektivitas tersedia cukup lengkap seperti WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4 with A2DP, microUSB, serta USB On-the-Go.

Kamera Redmi Note

Smarpthone Android ini menggunakan kamera yang tangguh baik di belakang maupun di depan dengan resolusi tinggi. Kamera belakang Redmi Note memiliki resolusi 13 MP dan video 1080p dengan fitur-fitur lengkap termasuk Autofocus, LED Flash, HDR, Face/smile Detection, dan banyak pengaturan lainnya. Kamera depan Redmi Note untuk selfie pun memiliki resolusi 5 MP sehingga masuk dalam jajaran smartphone selfie terbaik bersama rival lain seperti Sony Xperia C3, Huawei Honor 3C, dan HTC Desire 816.

Fitur-fitur Redmi Note Lainnya: Selain yang disebutkan di atas, Redmi Note juga tetap dibekali fitur-fitur khas smartphone Android seperti GPS, FM Radio, Berbagai Sensor, Multimedia Player, dll.

Kelebihan dan Kelemahan Xiaomi Redmi Note

Kelebihan Redmi Note: Prosesor tangguh, resolusi kamera tinggi, harga relatif terjangkau, ketahanan baterai relatif baik.

Kelemahan dan Kekurangan Redmi Note: Belum menggunakan OS Android KitKat, Kerapatan piksel layar relatif rendah meski masih setara rivalnya, backcover agak licin.

Verdict: Membeli Xiaomi Redmi Note tidak semudah membeli smartphone Samsung, Sony, dan merk lainnya. Ketersediaan stock Xiaomi Redmi Note di pasaran membuat banyak peminatnya kesulitan menemukan barangnya. Jika Anda bisa menemukan di toko baik offline maupun online, Xiaomi Redmi Note layak untuk dibeli terutama untuk Anda yang menginginkan smartphone berprosesor cepat. Dengan harga di bawah 3 juta, spesifikasi yang diusung melebihi rivalnya dari Korea dan China lainnya, tidak mengherankan kini Xiaomi menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di seluruh dunia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY