Asus meluncurkan secara resmi dua smartphone terbaru mereka di event CES 2017 baru-baru ini. Salah satu smartphone yang diumumkan sudah sempat bocor beberapa hari sebelumnya.

Jika Anda saat ini memiliki smartphone dengan RAM 3GB, nice! 4GB? good, tapi tunggu dulu, kapasitas tsb hanya setengah dari ponsel flagship terbaru Asus. Asus Zenfone AR, dibekali fitur canggih yang kekinian banget yakni Tango dan Daydream yang dikembangkan oleh Google, serta dibekali dengan hardware terbaik saat ini, Qualcomm Snapdragon 821, dengan RAM 8GB, wow!

Tango adalah salah satu inovasi Google yang memiliki kemampuan untuk meng-capture 3D model dari sebuah objek, ruangan atau interior. Manfaat yang didapatkan sangat banyak, salah satunya adalah menciptakan virtual design untuk menyusun desain interior rumah kita. Sedangkan Daydream adalah fitur untuk VR (Virtual Reality) yang built-in di Android 7.0 Nougat. Saat ini hanya Zenfone AR dan Lenovo Phab2 Pro (meluncur tahun lalu) yang sudah mendukung project Tango Google.

Asus Zenfone AR

Spesifikasi Asus Zenfone AR

Smartphone ini dibekali specs dan fitur tertinggi dari semua jajaran ponsel Asus saat ini. Zenfone AR dibekali layar besar 5.7 inci resolusi QHD jenis AMOLED. Kualitas tampilannya tentu tak perlu diragukan lagi, one of the best in class. Dengan chipset Snapdragon 821 dan RAM 8GB (pertama di dunia), performanya lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai game dan apps yang ada saat ini.

Di sektor fotografi, Asus gak naggung-nanggung, di belakang tersedia kamera 23 MP menggunakan sensor Sony IMX318. Kamera utama tsb dibekali dengan OIS dan EIS, serta video 4K recording. Masih di body belakang, sebagai alat yang dibutuhkan project Tango, tersedia tracking camera dan fisheye depth-sensing camera. Fitur-fitur pelengkapnya tergolong yang terbaik, kita bahas lebih detail di halaman khusus setelah ada informasi lengkap resmi dari Asus.

Sayangnya, Zenfone AR ini tidak langsung dirilis di pasaran. Setidaknya sampai mendekati pertengahan tahun ini, kemungkinan Asus Zenfone AR baru dijual.

Asus Zenfone 3 Zoom

Spesifikasi Asus Zenfone 3 Zoom

Ini adalah seri Zenfone yang melengkapi jajaran Zenfone 3. Kalau Zenfone AR tadi desain body-nya terlihat serius dan high-tech banget, Zenfone 3 Zoom ini menggunakan bahasa desain yang lebih kekinian, bisa kita lihat saat ini berbagai smartphone menggunakan bahasa desain seperti ini, sepertinya mengikuti vendor berlogo buah itu.

Tapi soal desain; no problem. Pasalnya Zenfone 3 Zoom ini tampak sangat sangat cantik, apalagi tampilan di belakang dengan dual camera, dual flash, dan masih ditemani laser, enak banget dilihatnya.

Asus Zenfone 3 Zoom seperti namanya, mengunggulkan kamera utamanya, bahkan dibekali kemampuan Zoom Optic 2.3x. Tapi untuk Anda yang tak begitu suka nge-zoom (kata sebagian fotografer, foto dengan zoom itu kurang natural), dual camera yang dibawa Zenfone 3 Zoom ini pastinya bakal bikin penggunanya puas. Cara kerjanya simpel, menggabungkan dua foto untuk menciptakan foto yang ber-bokeh dasyat, untuk kelas smartphone.

Resolusi kameranya 12 MP, mengikuti banyak flagship dari vendor terpopuler saat ini. Satu kameranya menggunakan wide-angle lens 1/2.5″ dengan aperture sangat lebar f/1.7 menggunakan sensor Sony IMX362. Keduanya menggunakan ukuran pixels 1.4nm. Fitur OIS dan EIS juga tersedia, begitu juga kemampuan rekam video resolusi 4K. Seperti khasnya ponsel Asus terkini, kemampuan autofocus-nya diklaim hanya 0.03 detik berkat penggabungan beberapa teknologi termasuk Dual pixels phase detection autofocus, laser, dan continuous.

HP Android terbaru Asus Zenfone 3 Zoom

Asus Zenfone 3 Zoom dibekali dapur pacu yang identik dengan Zenfone 3 standar. Chipsetnya menggunakan Qualcomm Snapdragon 625.

Dengan layar 5.5 inci FHD 1080p, bobot Zenfone 3 Zoom mencapai 170g dengan ketebalan hanya 7.83mm. Bobot tsb adalah imbas dari baterai Zenfone 3 Zoom yang sangat besar; 5000 mAh. Sayangnya Zenfone 3 Zoom masih menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow.

Tidak seperti Zenfone AR, Asus Zenfone 3 Zoom ini akan mendarat di pasaran lebih cepat. Dikabarkan pada Februari nanti, Zenfone 3 Zoom sudah mulai dijual.

SHARE

LEAVE A REPLY