Di akhir tahun lalu dan awal 2017 ini, banyak ponsel bermunculan baik yang belum dijual resmi di Indonesia, maupun yang sudah resmi dirilis. Ada yang resmi pabrikan, ada juga yang ternyata masih produk BM tanpa garansi resmi.

Setidaknya ada 15 ponsel baru di awal 2017 yang masuk Indonesia. Termasuk di antaranya adalah Oppo A39 harga 2.8 juta rupiah, Asus Zenfone Go ZB690KG harga 1.5 juta, Samsung Galaxy V2 harga 1 juta, Alcatel Pixi 5010D harga 1 juta, Xiaomi Mi Mix harga 11 jutaan, Coolpad Sky 3 SE harga 2.5 juta, Infinix Hot 4 X557 harga 1.4 juta, Advan i5C harga 975 ribuan, Advan G1 harga 2.5 juta, Xiaomi Mi 5s Plus harga 6.8 juta, OnePlus 3T harga 7 jutaan, Xiaomi Mi 5s harga 4 jutaan, LeEco Le 2 Pro X620 harga 3.5 juta, dan Meizu M3s harga 2 jutaan.

Dari jajaran ponsel baru yang mulai beredar di pasaran Tanah Air, ternyata tidak semua bisa menyita perhatian masyarakat kita dalam 30 hari terakhir. Apa saja smartphone yang ternyata paling dicari infonya di Google?

Nokia 6

HP Android Nokia Terbaru

Ya, yang pertama adalah ponsel yang menandai kebangkitan merk Nokia ini. Bersama HMD Global, Nokia 6 diciptakan dengan desain presisi dan kualitas yang tinggi. Spesifikasinya memadai, fitur-fiturnya tergolong berkelas. Harga Nokia 6 di China sebagai negara prioritas pertama mereka, berkisar di angka 3.2 jutaan rupiah. Harga yang sangat terjangkau menimbang specs dan fitur yang diusung.

Xiaomi Mi 5

Xiaomi Mi 5

Pemain lama yang meluncur di awal tahun lalu ini bisa kembali mencuat ke permukaan. Sebabnya adalah harga yang sudah kian terjangkau, namun secara spesifikasi dan fitur, masih sangat berkelas dan sangat kompetitif di kelasnya, maklum, Xiaomi Mi 5 adalah salah satu seri flagship. Populernya Mi 5 juga akibat banyaknya orang mencari Mi 5s dan Mi 5s Plus yang muncul belakangan. Harga termurah Xiaomi Mi 5 versi distributor sudah berada di kisaran 2,9 jutaan rupiah saja untuk versi 32GB.

Oppo A39

Harga HP Oppo A39

Ini adalah gacoan baru Oppo yang dibanderol secara resmi dengan angka yang tidak jauh di bawah harga Xiaomi Mi 5 versi distributor termurah yakni 3 jutaan rupiah. Di pasaran, harga termurah Oppo A39 sudah berada di kisaran 2.5-2.6 jutaan rupiah, sedangkan harga normal dan resminya adalah Rp 2.799.000.

Asus Zenfone 3

Zenfone 3

Zenfone 3 menyita perhatian kita sejak kehadiran resminya tahun lalu meski baru hadir mulai pertengahan tahun. Harga Zenfone 3 versi standar dengan kode ZE520KL normalnya di angka 4,1 juta rupiah. Namun tidak sedikit yang menjual Zenfone 3 standar ini di bawah 4 juta, mulai dari kisaran 3,8 juta rupiah.

Xiaomi Redmi Note 4

Harga Xiaomi Redmi Note 4

Yang banyak beredar di pasaran sayangnya merupakan Redmi Note 4 garansi distributor. Harganya mulai dari 2,2 jutaan sampai 2,5 jutaan rupiah. Harga yang sangat menggoda jika kita menilik spesifikasi yang diusung. Alternatif yang lebih murah dan sudah ada versi garansi resminya adalah Redmi 4a dan Redmi 4 harga mulai 1,3 jutaan.

Jika ponsel Xiaomi masuk dalam daftar produk terpopuler, itu sudah biasa karena vendor ini terkenal akan banderol yang sangat murah. Sayangnya hanya sedikit yang dirilis dengan garansi resmi dan dibekali 4G, ini dikarenakan syarat TKDN yang terkadang sulit dipenuhi oleh sebagian besar vendor.

Yang sangat ditunggu, bukan hanya di Indonesia namun seluruh dunia, tentu saja kehadiran resmi versi global dari Nokia 6. Pasalnya ponsel pertama dan terbaru Nokia setelah bersama HMD Global saat ini baru dijual di China, dan stock unit yang tersedia langsung ludes hitungan menit, masih ada lebih dari 1 juta orang menunggu kloter unit Nokia 6 berikutnya, Indonesia kapan dong? Sabar ya…. Besar kemungkinan ponsel android dari merk legend ini akan mampir kok di Tanah Air.

Bukan hanya Nokia 6 yang akan dirilis Nokia, kemungkinan di event MWC nanti, Nokia juga akan merilis versi lebih terjangkau dari Nokia 6, dan juga versi flagship dengan spesifikasi kelas atas. Kita tunggu saja. (Data berdasarkan Google Trends)

SHARE

LEAVE A REPLY