Beberapa tahun lalu Acer terkenal dengan laptop kecil atau yang juga disebut netbook dengan harga terjangkau. Bukan tanpa kelemahan karena beberapa pengguna merasakan suhu yang cepat tinggi dan komponen yang juga lebih cepat rusak. Tidak salah memang namun tidak benar 100%, laptop Acer sejak beberapa tahun lalu terbukti memiliki durabilitas atau ketahanan yang sangat baik. Meski panas, nyatanya laptop Acer tidak suka mati sendiri seperti laptop panas dari merk lainnya.

Itu dulu…

Tentunya Acer sudah melakukan peningkatan sistem pendinginan lebih baik, apalagi yang akan kita bahas di halaman ini adalah laptop hybrid yang menurut saya lebih condong ke tablet hybrid.

Acer One 10 – S100X

Spesifikasi-Acer-One-10-S100XMenjawab kebutuhan masyarakat akan produk yang terjangkau namun memiliki fungsi standar sebuah laptop hybrid, Acer akhirnya mengeluarkan Acer One 10 – S100X dimana saat ini merupakan laptop hybrid termurah di pasaran. Tidak mengherankan Acer One 10 – S100X langsung menjadi produk yang paling diminati di kategori laptop. Namun sebelum Anda memutuskan membeli, sebaiknya Anda membaca ulasannya terlebih dahulu di halaman ini yang mengumpulkan informasi-informasi penting mengenai Acer One 10 – S100X.

Harga Acer One 10 – S100X

Laptop hybrid yang masuk dalam kategori terjangkau ini berbandrol hampir 4 juta rupiah tepatnya di angka Rp 3.999.000,- Namun salah satu toko laptop terbesar memberikan potongan harga hingga 200 ribu sehingga Anda bisa mendapatkan laptop hybrid ini dengan Rp 3.799.000,- saja. Link produk; klik di sini.

Dengan harga yang hanya 4 jutaan bahkan lebih murah, laptop hybrid ini sudah menggunakan OS Windows 8.1 original sebagai standar, tentunya hal ini merupakan nilai tambah yang sangat diperhitungkan.

Spesifikasi Utama Acer One 10 – S100X

Secara singkat, berikut spesifikasi dan fitur Acer One 10 – S100X:

  • Intel® Atom™ Z3735F Quad-core 1.33 – 1.8 GHz, 2MB Cache
  • Intel HD Graphics
  • 2 GB RAM
  • 32 GB eMMC + 500GB on Dock
  • 10.1 Inch screen 1280 x 800 px Touchscreen
  • Two Built-in speakers
  • WiFi b/g/n
  • Bluetooth 4.0
  • Keyboard and Touchpad on Dock
  • USB 2.0
  • Micro USB
  • Micro HDMI
  • MicroSD slot
  • Dual Camera
  • 6000 mAh Battery
  • Microsoft Windows 8.1 with Bing

Melihat sekilas, spesifikasi yang diusung Acer One 10 – S100X memiliki standar seperti laptop terjangkau harga 3 – 4 juta namun dengan banyak kelebihan, apa saja kelebihan Acer One 10 – S100X tsb, simak uraian spesifikasi Acer One 10 – S100X lebih detail berikut.

Hardware Utama Acer One 10 – S100X

Harga Acer One 10 S100X

Kombinasi prosesor Intel® Atom™ Z3735F 1.33 – 1.8 GHz 2M cache yang merupakan quad-core dengan kebutuhan daya yang sangat rendah, RAM 2 GB dimana cukup untuk kebutuhan standar consumer, HD Graphics yang sudah sangat mampu handle urusan grafis, serta eMMC 32 GB yang cepat dan juga efisien, Acer One 10 – S100X sudah sangat cukup untuk menjalankan program-program harian seperti program office, internet, bahkan beberapa game modern. Untuk perbandingan, prosesor yang digunakan Acer One 10 – S100X memiliki performa yang setara dengan prosesor mobile dari Qualcomm kelas tertinggi seperti Snapdragon 801 dan mendekati Snapdragon 805. Sedangkan HD Graphics (Bay Trail) yang digunakan memiliki performa yang setara dengan PowerVR SGX554MP4 dan Mali-T628MP6.

Acer-One-10-S100X-HargaUntuk menyimpan data dengan kapasitas lebih besar, terdapat juga hard disk standar laptop entry-level kapasitas 500 GB. Sedangkan pada bagian tablet dimana hanya dibekali 32 GB, akan lebih baik untuk menambahkan microSD untuk menyimpan data.

Meski performanya tergolong sangat baik di kelas device mobile (tablet/ smartphone), namun sebaiknya jangan terlalu berharap kinerjanya seperti laptop dengan prosesor Intel Core series dengan HD Graphics 4000 ke atas. Mengingat harganya yang hanya 4 jutaan, hal ini sangat bisa dimaklumi.

Sebagai penopang dayanya, laptop hybrid ini menggunakan baterai 6000 mAh dimana merupakan standar tablet ukuran 10 inci. Jika menggunakan mode tablet, tentu baterai ini akan memberikan daya tahan yang cukup lama hingga sekitar 5 jam, namun penggunaan hard disk dan keyboard pada dock tentu akan sedikit mengurangi daya tahan baterainya. Hal baiknya, Acer One 10 – S100X dapat di-charge seperti halnya smartphone dan tablet yakni menggunakan source dari USB adapter yang akhirnya memungkinkan Anda charging menggunakan powerbank.

Output Hardware

Berpindah ke sektor output, setidaknya ada 2 yang akan dibahas yakni layar dan speaker.

Kelemahan Acer One 10 S100X

Layar Acer One 10 – S100X menggunakan ukuran standar tablet menengah atau netbook beberapa tahun lalu. Ukuran 10.1 inci ini sudah menggunakan resolusi HD 1280 x 800 dimana sudah sangat mencukupi untuk menampilkan document, laman web, gambar, serta video dengan tampilan yang cukup tajam.  Hal baik lainnya adalah pada level brightness dimana layar laptop hybrid ini memiliki intensitas cahaya yang terang. Hal ini dapat berguna ketika device digunakan di luar ruangan. Sedangkan speaker yang dibekali 2 buah di sisi kanan kiri memiliki kualitas output yang tidak mengecewakan di kelasnya. Tentu jika Anda mengharapkan output audio yang lebih baik sangat direkomendasikan untuk menggunakan speaker eksternal atau earphone.

Port, Slot, Interface, and Connectivity

Fitur Acer One 10 S100XPada bagian tablet/ layar, Acer One 10 – S100X dibekali port microUSB, microSD slot, micro HDMI, serta audio jack 3.5mm. Di bagian dock/ keyboard, terdapat USB 2.0 yang dapat digunakan untuk membaca dari device eksternal.

Pada sektor konektivitas, tentu Acer One 10 – S100X sudah dibekali fitur WiFi b/g/n yang dapat digunakan untuk akses internet melalui jaringan hotspot, serta bluetooth versi 4.0 yang dapat digunakan untuk transfer data atau kebutuhan lainnya.

Fitur Acer One 10 – S100X Lainnya

Kelebihan Acer One 10 S100XLaptop hybrid ini juga dilengkapi dual kamera di bagian depan dan belakang. Kualitasnya memang tidak bisa terlalu diharapkan seperti halnya tablet standar, namun untuk aktivitas video chat atau sekedar menangkap moment yang tak terduga, fitur ini akan sangat berguna. Di bagian belakang tersedia kamera resolusi 2 MP, sedangkan di bagian depan hanya menggunakan resolusi VGA/ 0.3 MP.

Kekurangan Acer One 10 – S100X

Dibandingkan dengan harganya, kekurangan yang dimiliki laptop hybrid ini mestinya bisa dimaklumi. Namun untuk Anda yang lebih selective, berikut sekiranya beberapa kekurangan Acer One 10 – S100X yang perlu dipertimbangkan.

– Fungsi Acer One 10 – S100X lebih mirip sebagai tablet Windows dengan docking dan hard disk, bukan sebagai laptop yang dapat digunakan sebagai tablet, untuk jenis yang baru disebutkan ini sangat banyak pilihannya. Kekurangan ini hanya akan dirasakan untuk Anda yang lebih mengharapkan laptop ketimbang tablet.

– Acer One 10 – S100X juga tidak dibekali SD card reader sehingga untuk Anda yang biasa menggunakan MMC dari kamera digital atau device lainnya akan memerlukan adapter. Selain itu port USB standar juga sangat terbatas jumlahnya.

– Tidak ada indikator pengisian baterai dan aktivitas hard disk. Seperti dikatakan sebelumnya, Acer One 10 – S100X lebih berperan sebagai tablet dimana tidak terlalu membutuhkan fitur ini.

Overall, Anda yang akan membeli Acer One 10 – S100X tentunya sudah mengetahui kebutuhan serta aktivitas apa saja yang akan dilakukan nantinya. Jika memang semua fitur laptop hybrid ini sudah bisa memenuhi, maka Acer One 10 – S100X adalah pilihan yang sangat menarik. Namun jika Anda lebih membutuhkan laptop murah dengan performa yang lebih baik untuk mengolah data, designing, ataupun ukuran layar dan keyboard lebih lebar, masih banyak pilihan laptop murah di rentang harga 3 dan 4 jutaan.

1 COMMENT

  1. kekurangannya lagi.. setelah pemakaian agak lama, slot penghubung tablet dg keyboard suka rewel. jadi keyboard/hdd sering disconnect.. dan sejauh ini saya belum bisa membuat dual boot OS Windows 10 dg Android/Linux. nampaknya bios di Acer One 10 terlalu nanggung utk support UEFI. entah analisa saya salah ato bener, yg pasti saya tak berhenti utk mencoba distro2 yg laen..

    mampir sini juga gan untuk trik & tips optimasi Acer One 10
    http://acerone10.blogspot.com/

LEAVE A REPLY