Advan i45, smartphone merk lokal yang menyajikan fitur lengkap dan performa tangguh di kelasnya. Dengan uang tidak sampai 1 juta rupiah, kita bisa membawa pulang smartphone android murah berkualitas ini.

Banyaknya promo kuota 4G LTE dari beberapa provider seakan memaksa kita untuk upgrade device ke yang sudah mendukung jaringan internet super cepat ini. Sayangnya, bandrol smartphone rata-rata masih di atas 1,3 jutaan. Bagi yang berbudget lebih terbatas, misalnya di bawah 1 juta, saat ini pilihannya sangat terbatas. Beruntung karena Advan di awal tahun lalu sudah merilis Advan i45.

Harga Advan i45

Di awal peluncuran, Advan i45 dibandrol seharga Rp 999.000. Saat artikel ini ditulis, harga termurah Advan i45 berada di kisaran 930 ribuan. Rata-rata masih berkisar di 950 ribuan. Sedangkan paket bundling dengan microSD dan proteksi layar, harganya sekitar 100 ribu lebih mahal.

Rival dan alternatif lain paling dekat dengan harga Advan i45 antara lain Samsung Galaxy J1 Mini harga 1,2 juta, Lenovo A2010 harga 1 jutaan, dan Infinix Hot 3 harga 1,3 juta. Ketiga pilihan tsb juga sudah dibekali performa tangguh dan jaringan 4G LTE.

Spesifikasi Advan i45

Advan i45 dibalut body dan desain yang sederhana namun dengan ergonomi yang baik sehingga nyaman dalam genggaman. Desainnya tidak unibody sehingga kita bisa lepas cover belakang dan baterainya.

Harga-Advan-i45-dan-Spesifikasi

Layar yang digunakan berukuran 4.5 Inch resolusi 480 x 854 piksel dan sudah menggunakan jenis IPS untuk sudut pandang yang luas. Dengan Android Lollipop, tampilan interfacenya mirip seperti beberapa smartphone Advan lainnya yang khas. Keluhan untuk UI bagi beberapa pengguna adalah banyaknya software bawaan yang kurang penting, solusinya bisa Anda disable dan uninstall agar performa smartphone menjadi lancar.

Performa Cukup Tangguh

Spesifikasi-Advan-i45

Di kelas harga 900 ribuan, performa Advan i45 sudah sangat mencukupi untuk menjalankan berbagai macam jenis apps. Berkat chipset MediaTek MT6735 Quad-core 1.0 GHz, RAM 1 GB, internal storage 8 GB, dan GPU Mali-T720, score Advan i45 ketika dites menggunakan benchmark AnTuTu mendapatkan angka 23.700an. Angka tersebut sudah masuk performa kelas smartphone yang lebih tinggi sehingga Advan i45 sangat bisa diandalkan untuk berbagai macam aktivitas. Jika kapasitas penyimpanan data dirasa kurang, Advan i45 juga mendukung microSD card hingga 32 GB.

Fitur Kamera Relatif Baik

Dengan resolusi 5 MP dan dilengkapi juga dengan autofocus dan LED flash, hasil kamera belakangnya cukup tajam dan detail. Terutama jika mengambil foto di luar ruangan. Memang kita harus lebih bersabar agar bisa mendapat foto yang sesuai harapan karena autofocus-nya tidak secepat smartphone yang lebih mahal. Kamera depannya pun menggunakan resolusi 5 MP, meski tidak terlalu istimewa, namun kita bisa mengambil foto selfie yang cukup berkualitas, begitu juga ketika kita gunakan untuk video chat.

4G LTE dan Dual SIM

Dengan dukungan 4G LTE, kita bisa mendapatkan koneksi internet yang jauh lebih cepat dibanding 3G HSPA apalagi 2G EDGE dan GPRS. Kecuali jika area tempat kita tinggal belum mendapat sinyal 4G, maka kita hanya bisa mengandalkan jaringan HSPA yang sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk aktivitas internet. Namun karena provider banyak yang memberikan promo 4G LTE, rasanya sayang untuk diabaikan.

Review-Specs-Advan-i45

Fitur konektivitasnya relatif standar seperti WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth, microUSB, USB OTG, FM Radio, dan GPS.

Baterai 1600 mAh

Untuk ukuran layar 4.5-Inch, mungkin kita harus maklum dengan kapasitas yang tergolong kecil tsb. Apalagi beberapa rivalnya juga masih menggunakan baterai dengan kapasitas yang sama. Dengan performa yang dimiliki dan kehausan kita menggunakan aplikasi dan hiburan di smartphone, jangan berharap baterainya akan bertahan seharian. Namun jika Anda bukan tipe yang sering membuka HP di setiap waktu, daya tahan baterai bisa melonjak signifikan. So, gunakan dengan bijak sesuai situasi dan kondisi.

KESIMPULAN

Dari semua fitur dan specs yang diusung Advan i45, smartphone ini unggul pada performa yang dimiliki, kamera yang lumayan, serta jaringan 4G LTE untuk akses internet cepat. Selebihnya relatif standar. Rival terkuatnya adalah Lenovo A2010 yang hanya kalah di sektor kamera dan unggul di sektor baterai. Bagaimanapun, Advan i45 tetap memiliki daya tarik cukup kuat dengan harga di bawah 1 juta.

LEAVE A REPLY