Advan i5A hadir dengan desain yang cantik dan stylish berkat penggunaan material kaca baik di depan maupun di bagian belakang. Dengan teknologi 2.5D glass juga membuat sisi-sisi smartphone ini akan nyaman dalam genggaman. Warna frame rose gold membuat tampilannya kian menawan. Namun bagaimana dengan spesifikasi dan fitur Advan i5A? Apakah worth it untuk harga yang dibandrol?

Harga Advan i5A

Smartphone ini dibandrol dengan harga yang terjangkau namun tidak bisa dibilang murah juga. Harga saat dirilis adalah Rp 1.999.000,- atau 2 juta rupiah. Harga jual di pasaran mulai dari 1,8 jutaan. Di rentang harga ini, banyak sekali rival yang juga memikat baik spesifikasi maupun fitur-fiturnya. Namun dengan desain yang lebih keren, Anda tetap memiliki faktor kuat pertama untuk mempertimbangkan Advan i5A ini.

Spesifikasi Advan i5A

Secara keseluruhan, Advan i5A membawa fitur-fitur antara lain layar 5 inci resolusi HD, kamera 13 MP dan 5 MP, 4G LTE, Quad-core dengan RAM 2 GB, dan baterai 2200 mAh. Adapun rinciannya sbb;

Body dan Layar Harga-Advan-i5ASeperti dikatakan sebelumnya, Advan i5A dibalut material kaca 2.5D di bagian depan dan belakang dengan frame berwarna rose gold. Sudut membulat membuat ergonominya sangat nyaman dalam genggaman atau ketika dimasukkan dalam saku celana. Soal desain, nampaknya kita semua setuju bahwa Advan i5A ini memang terlihat keren, ada lah sedikit kemiripan dengan iPhone 6. Layarnya berukuran 5 inci dengan IPS dan Oncell display dan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Tampilan layarnya termasuk tajam di kelasnya. Dengan layar 5 inci tsb, dimensi Advan i5A masih sangat ideal untuk digunakan dengan satu tangan. Android OS yang digunakan adalah versi Lollipop dengan UI khas Advan. Terdapat beberapa aplikasi bawaan yang masih cukup berguna untuk optimisasi ponsel. Tidak seperti kebanyakan ponsel android lainnya, Advan i5A menempatkan tombol power sekaligus volume rocker di sebelah kanan body. Sedangkan di sebelah lainnya hanya terdapat slot SIM 1 dan SIM 2 yang sekaligus sebagai slot microSD card.

Hardware Cukup Tangguh Advan i5A dibekali chipset MediaTek MT6735P yang merupakan prosesor 64-bit dengan jumlah inti sebanyak 4 inti dan clockspeed 1.0 GHz. Meski clockspeed tsb relatif lebih rendah dari kebanyakan smartphone Android lainnya, namun berkat RAM 2 GB, tenaga Advan i5A sudah sangat mencukupi untuk menjalankan berbagai macam aplikasi harian. Diuji menggunakann benchmark AnTuTu pun ponsel ini mendapatkan score sekitar 24 ribuan, sama sekali tidak buruk. Sedangkan GPU yang digunakan adalah Mali-T720 yang sanggup menjalankan game-game populer dengan lancar. Internal storage Advan i5A ini sebesar 16 GB yang bisa ditambah menggunakan memory eksternal hingga 32 GB dengan microSD card. Untuk menopang kebutuhan dayanya, PMC berharap kapasitas baterainya bisa lebih besar dibanding yang Advan i5A bawa. Baterai smartphone ini berkapasitas 2200 mAh dimana untuk saat ini kapasitas tsb relatif kurang besar bagi sebagian pengguna. Namun masih banyak juga smartphone rivalnya yang hanya ditopang dengan 2000 mAh sehingga baterai Advan i5A ini masih terbilang oke.

Harga-Advan-i5A-dan-Spesifikasi

Network dan Konektivitas Di awal sudah dikatakan bahwa Advan i5A sudah mendukung jaringan 4G LTE untuk bisa mendapatkan koneksi internet super cepat. Sudah banyak provider yang mendukung 4G LTE dalam cangkupan cukup luas. Ini menjadi kelebihan Advan i5A agar kita bisa menikmati kecepatan internet lebih baik. Tapi kembali lagi, kualitas internet pada smartphone saat ini lebih dipengaruhi pada kualitas jaringan provider ketimbang alat yang kita gunakan. Advan i5A juga mendukung hingga dua SIM. Fitur-fitur konektivitasnya relatif standar seperti WiFi, Bluetooth v4.0, dan microUSB. Fitur GPS dan Radio FM pun tersedia di smartphone android 2 jutaan ini.

Kamera 13 MP dan 5 MP Di bagian belakang terdapat kamera 13 MP dengan autofocus dan LED flash. Hasil fotonya cukup baik jika melihat pengujian yang sudah dilakukan pengguna. Kamera depan menggunakan resolusi 5 MP yang juga cukup baik untuk foto selfie. Rekam video bisa dilakukan hingga resolusi HD 720p.

Kesimpulan

Advan i5A sejak awal mengunggulkan desain yang menawan namun tetap menjaga spesifikasinya agar bisa mencukupi kebutuhan penggunanya. Sayang di rentang harga 1,8 – 2 juta rupiah ini sangat banyak alternatif lainnya yang bahkan memiliki spesifikasi lebih baik seperti misalnya Lenovo A7000, Lenovo A6010, Redmi 2 Prime, Samsung Galaxy J2, Meizu M2 Note, dan beberapa smartphone lainnya. Jika Anda mencari smartphone Android keren dan stylish, mungkin Advan i5A cocok untuk Anda, namun jika desain bukan faktor utama Anda membeli smartphone, pertimbangkan lagi beberapa pilihan lainnya.

LEAVE A REPLY