Gaung tablet memang terasa sepi sekali 2 tahun belakangan, namun bukan berarti tablet benar-benar tidak diminati lagi.

Buktinya, belum lama kemarin Apple meluncurkan tablet jumbo yang dinamakan iPad Pro. Tak perlu jauh-jauh ke vendor asal negeri bule tsb, merk lokal asli Indonesia belum terlalu lama, juga mengeluarkan produk baru untuk mengisi jajaran tabletnya.

Adalah Advan yang meluncurkan tablet murah yang berfitur lengkap serta memiliki performa yang menjanjikan. Vandroid X7, begitu Advan menamai tablet terjangkau barunya.

Advan vandroid X7 konon bertujuan salah satunya untuk mendukung gerakan pendidikan anak bangsa. Dengan harga terjangkau, tentu semakin luas lagi kalangan yang bisa menjangkau. Pertanyaan PMC, apakah anak didik kita benar-benar membutuhkan tablet? šŸ˜€

Baiklah, karena PMC adalah website tentang produk, kita tak akan membahas soal hubungan pendidikan dengan tablet di sini. Bagaimana kalau kita ulas lebih dalam spesifikasi Advan Vandroid X7 dan harganya, semurah apa sih tablet dengan chipset Intel ini?

Harga Advan Vandroid X7

Saat diluncurkan di Bilangan, Jakarta, bulan Agustus lalu, Advan Vandroid X7 dilepas dengan harga Rp 1.099.000,- atau lebih nyaman kita sebut 1,1 juta rupiah. Well, karena masih sangat dekat dengan angka 1 juta, PMC setuju untuk memasukkan tablet ini dalam kelas tablet Android murah. Lalu bagaimana dengan fitur dan spesifikasinya, layakkan Advan X7 dimasukkan dalam kategori tablet Android murah terbaik? Let’s check it out!

Harga-dan-Spesifikasi-Advan-Vandroid-X7

Spesifikasi Advan Vandroid X7

Hardware Advan X7

Tablet ini menggunakan chipset Intel Atom X3 yang juga dikenal dengan kode nama soFIA. Chipset ini merupakan produk baru Intel yang diluncurkan di awal tahun ini bersamaan dengan “saudaranya” Intel Atom X5 dan X7.

Intel Atom X3 pada Advan Vandroid X7 memiliki 4 inti atau Quad-core denganĀ clockspeed 1 GHz. Memory RAM standar berkapasitas 1 GB, cukup besar di kelas harga 1 jutaan. Internal storage Advan X7 ini besarnya 8 GB, menginstall banyak aplikasi akan cukup lega, sedangkan untuk menyimpan data seperti foto, video, dan lagu, mungkin sebaiknya menggunakan microSD card.

Hasil pengujian Advan Vandroid X7 dengan benchmark AnTuTu v5, tablet ini mendapatkan score di kisaran 19.600 hingga 20 ribuan, untuk yang belum tau, score tsb sudah setara dengan score yang didapatkan oleh banyak gadget yang menggunakan Snapdragon 410, so… yeah, not bad at all.

Fitur dan Spesifikasi Advan Vandroid X7 Lainnya

Advan-Vandroid-X7-Tablet-Murah-Fitur-Lengkap

Layar: Ukurannya 7.0 Inch dengan resolusi 1024 x 600 piksel, dengan harga 1 jutaan, tentu kita harus menerima dengan sangat lapang dada spec tsb. Membuka gambar, game, video, dan halaman website, tidak akan ada masalah yang berarti, dengan kata lain, layar tablet ini sudah mencukupi.

Bezel atau margin antara body dengan layarnya cukup lebar sehingga menggenggam dengan satu tangan mungkin tidak akan terlalu nyaman bagi sebagian orang. Namun secara keseluruhan, hal ini masih sangat wajar untuk kelas tablet terjangkau.

OS Android: Advan Vandroid X7 juga sudah menggunakan Android yang relatif terbaru yakni versi Lollipop v5.1.1. Menimbang Advan jarang memberikan update OS, penggunaan Android Lollipop OS ini merupakan salah satu kelebihan Advan Vandroid X7.

Kamera: Advan Vandroid X7 dibekali dua kamera, satu di belakang sebagai kamera utama menggunakan resolusi 2MP yang dilengkapi LED Flash. Kamera di bagian depan memiliki resolusi VGA, setidaknya akan berguna untuk video chat dan selfie.

Baterai: Dengan ukuran layar 7″ dan body yang relatif lebar, PMC berharap baterai yang digunakan setidaknya berkapasitas 3000 mAh, namun sayang karena tablet ini hanya menyimpan baterai 2500 mAh yang non-removable.

Lainnya: Advan Vandroid X7 tentunya dibekali fitur khas tablet seperti bluetooth, wifi, port microUSB, audio jack, dan satu yang sangat penting adalah bahwa tablet ini sudah dibekali fitur call dan SMS serta jaringan 3G HSDPA untuk akses internet broadband.

Kesimpulan: Advan Vandroid X7 ini dibekali dengan spesifikasi yang sangat memadai dan fitur yang terbilang lengkap di kelas 1 jutaan. Kelemahan Advan Vandroid X7 sangat relatif menimbang harga yang dibandrol. Hasil kameranya tentu tidak akan terlalu memuaskan bagi yang terbiasa menggunakan kamera smartphone yang lebih mahal. Namun adanya fitur kamera tsb tetap sangat berguna bagi pengguna pemula. Fitur penting yang dapat mendukung pendidikan anak Indonesia sebagaiĀ salah satu misinya, adalah jaringan 3G HSDPA sehingga bisa mengakses informasi di internet, walaupun PMC lebih suka kalau anak Indonesia tak perlu lah mengenal internet terlalu dini.

Advan Vandroid X7Ā cocok untuk siapa saja, bahkan bagi mereka yang bukan pemula, tablet ini masih memberikan banyak kelebihan dengan bandrol harga hanya 1,1 juta rupiah, worth it!

LEAVE A REPLY