Ditargetkan untuk para pengusaha pemula, BlackBerry Leap hadir dengan harga yang terjangkau meski belum bisa masuk kategori murah. Setelah kehadiran BlackBerry Classic dan Passport sejak tahun lalu, nampaknya BlackBerry ingin kembali menunjukkan eksistensinya dengan Leap. Sekilas, bisa kita lihat bahwa desain bahkan spesifikasi yang diusung masih menuruni dari seri yang hadir sejak 2013 lalu yakni BlackBerry Z10. Namun tidak seperti Z10 yang ketika diluncurkan dibandrol dengan harga tinggi, Z10 akan dijual dengan harga sekitar 3 jutaan saja bahkan ada kemungkinan lebih murah.

BlackBerry Leap memiliki desain yang terasa solid serta build quality yang baik (GSMArena). Sudut bagian samping yang membulat membuatnya nyaman dalam genggaman. Ketebalan yang hampir 1 cm bisa menjadi kelemahan namun digantikan dengan kapasitas baterai yang besar 2800 mAh, beberapa pengguna juga lebih menyukai desain smartphone yang tak terlalu tipis. Desain unibody membuat Leap tidak bisa dilepas cover belakangnya ataupun melepas baterai. Meski tampilan Leap dari belakang tampak ‘kuno’ namun finishing plastik lembut membuatnya nyaman digenggam dan memberikan grip yang baik, juga tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Beralih pada sektor hardware, BlackBerry Leap dibekali komponen yang sudah cukup berumur terutama bagian prosesornya. Mirip seperti yang digunakan di Z10, BlackBerry Leap menggunakan prosesor Qualcomm MSM8960 Dual-core Snapdragon S4 Plus 1.5 GHz. Pada komponen lain, Blackberry leap membawa memory yang besar dengan 2 GB serta internal storage 16 GB dengan dukungan slot microSD.

BlackBerry Leap Harga

Untuk mengolah grafis, GPU Adreno 225 nampaknya masih cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan standar bagi target market yang dituju. Layar yang digunakan pun cukup lega dengan ukuran diagonal 5 inci dan resolusi HD 720p. OS yang digunakan merupakan yang terbaru yakni BlackBerry OS 10.3 seperti halnya pada BlackBerry Passport. Fitur kamera BlackBerry Leap tersedia kamera belakang 8MP dengan autofocus dan LED flash serta kamera depan resolusi 2MP. Masing-masing kamera tsb dapat merekam video full HD 1080p dan HD 720p

Dengan prosesor Dualcore, banyak yang meragukan performa BB Leap namun berdasarkan pengujian, smartphone ini tetap bisa menjalankan apps dengan cukup lancar, apalagi memory besarnya juga turut menyumbang resource yang dibutuhkan untuk menjalankan apps. Satu kelebihan BlackBerry leap yang patut diperhitungkan adalah daya tahan baterai yang bisa bertahan hingga 25 jam berdasarkan klaim BlackBerry untuk penggunaan yang cukup berat.

BlackBerry Leap akan tersedia resmi untuk penjualan mulai April nanti. Seperti seri BlackBerry sebelumnya, kemungkinan Indonesia masuk dalam negara pertama yang mendapatkan stock BlackBerry Leap, kita tunggu saja kehadirannya.

LEAVE A REPLY