Tidak seperti 2 tahun lalu, saat ini pilihan smartphone dengan harga maksimal 2 juta rupiah sudah sangat banyak dan sebagian sudah dibekali spesifikasi berkelas dan fitur berkualitas.

Untuk memudahkan Anda memilih, berikut PMC sajikan beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan. Pilihan terbaik tentu tetap kembali ke kebutuhan dan selera, namun di bagian akhir kami akan coba berikan pendapat mana smartphone yang terbaik harga maksimal 2 jutaan versi PMC.

Pilihan diurutkan dari harga termurah sampai yang mendekati harga 2 juta rupiah. Semua pilihan di bawah ini, 90% recommended, jadi memilih satu di antara lainnya asalkan sesuai selera, tidak akan terlalu salah..

Harga 1 – 1,5 juta Rupiah

Setidaknya ada 4 pilihan yang layak kita pertimbangkan di rentang harga 1 jutaan ini.

Asus Zenfone 4C: Rp 1.100.000

Asus-Zenfone-4C
Klik untuk memperbesar!

Yes: Desainnya keren dengan specs yang mencukupi. Harga yang cuma 1 jutaan tergolong murah untuk specs yang diusung.

No: Sayang kamera depan masih VGA dan juga belum dilengkapi 4G LTE. Dua kelemahan tsb sebenarnya sangat relatif menimbang harga yang termurah dibanding lainnya. OS memang masih KitKat, tapi kami rasa sudah cukup.

Infinix Hot 3: Rp 1.299.000

Infinix-Hot-3

Yes: Performa memadai dengan RAM besar, baterai besar, dan layar yang juga lega. Specs Hot 3 menjadi yang tertinggi dibanding rivalnya di kelas 1 jutaan.

No: Ada dua versi Hot 3, dan yang dibandrol 1,3 juta rupiah ini belum dibekali 4G LTE. Untuk yang versi LTE (chipset menggunakan Qualcomm, harganya 1,6 juta rupiah)

Samsung Galaxy J1 Ace: Rp 1.350.000

Samsung-Galaxy-J1-Ace

Yes: Desainnya keren, ukuran compact, dan sudah 4G LTE. Chipset pun cukup bertenaga meski masih dibawah Hot 3 dan Rise A116.

No: Kapasitas RAM dan storage paling kecil dari pilihan lainnya, begitu juga ukuran layarnya.

Coolpad Rise A116: Rp 1.399.000

Coolpad-Rise-A116

Yes: Performa memadai dengan 4G LTE support.

No: Layar besarnya belum resolusi HD. Internal storage juga harusnya bisa lebih besar. OS yang digunakan juga masih KitKat seperti halnya Galaxy J1 Ace dan Zenfone 4C.

Yang Terbaik: Di rentang harga 1 jutaan, dari 4 pilihan paling direkomendasikan, mutlak spesifikasi Infinix Hot 3 menjadi yang teratas. Namun tanpa kehadiran 4G LTE, bagi Anda yang perlu ini harus mempertimbangkan pilihan lainnya. Galaxy J1 Ace jika Anda tak masalah dengan layar yang relatif kecil, atau Coolpad Rise jika ingin yang layarnya lega.

Harga 1,5 – 2 Juta Rupiah

Di rentang harga yang mendekati 2 juta, pilihannya semakin banyak dan sebagian besar juga sudah dibekali 4G LTE serta specs yang sangat memadai, beberapa bahkan sudah octa-core.

Smartfren Andromax R2: Rp 1.699.000

Smartfren-Andromax-R2

Yes: Desain sangat keren dengan chipset octa-core dan RAM 2 GB. Kameranya juga oke.

No: 4G LTE terbatas hanya untuk Smartfren.

Meizu M2 dan M2 Note: Rp 1.7 – 2 Juta

Meizu-M2

Yes: Desain oke, kamera keren, performa bagus dan RAM juga 2 GB. Meizu M2 Note bahkan layarnya sudah FHD dengan chipset octa-core. Keduanya sudah 4G LTE.

No: Penerusnya sudah dirilis. Ada rival yang lebih oke. Sebenarnya Meizu M2 sudah dibekali specs dan fitur yang lengkap, meski dengan chipset MediaTek, performanya sangat bertenaga.

LG Magna: Rp 1.750.000

LG-Magna

Yes: Desain oke seperti Nexus 5, performa memadai dan sudah 4G. It’s LG.

No: RAM hanya 1 GB (relatif), performa quad-core (relatif), resolusi kamera biasa (relatif). Kalau mencari specs tangguh, Magna bukan jawabannya, tapi ponsel ini dibekali paket komplit tanpa neko-neko.

Sony Xperia E4 Dual: Rp 1.775.000

Sony-Xperia-E4-Dual

Yes: Desain nyaman. It’s Sony??!

No: Layar belum HD, OS juga masih KitKat, dan belum 4G LTE. Kalau membandingkan secara specs, sulit menemukan kelebihan Xperia E4 Dual.

Samsung Galaxy J2: Rp 1.775.000

Samsung-Galaxy-J2

Yes: Performa memadai, layar Super AMOLED, 4G LTE. It’s Samsung.

No: RAM hanya 1 GB, resolusi kamera biasa, baterai relatif kecil. Galaxy J2 ini juga memberikan paket komplit tanpa neko-neko. Ketika specs di bawah rival dari China, lantas tidak menjadikan smartphone ini inferior, just like LG and Sony.

Xiaomi Redmi 3: Rp 1.800.000

Xiaomi-Redmi-3

Yes: Material berkelas, baterai jumbo, specs oke dengan octa-core dan RAM 2 GB. Fitur kamera juga sangat berkelas.

No: Garansi distributor karena belum masuk resmi. Sulit mencari kelemahan Redmi 3 karena soal specs, ponsel ini dibekali yang tertinggi dengan fitur terlengkap dan berkualitas.

Lenovo A6010: Rp 1.800.000

Lenovo-A6010

Yes: Performa memadai dengan fitur lengkap.

No: Baterai kecil jika dibanding rival sejati; Redmi 3. Begitu juga performa yang masih setingkat di bawah rivalnya.

Infinix Note 2: Rp 1.899.000

Infinix-Note-2

Yes: Fitur lengkap, layar kelas phablet, octa-core dengan RAM 2 GB. 4G LTE, kamera resolusi tinggi pun dimiliki. Baterai besar sangat mendukung layarnya yang jumbo.

No: Ukuran terlalu besar bagi sebagian orang (layar 6 inch)

Asus Zenfone Laser ZE500KG: Rp 1.900.000

Asus-Zenfone-Laser-ZE500KG

Yes: Performa memadai, fitur kamera berkualitas.

No: Belum 4G LTE, baterai juga relatif kecil.

Lenovo P1m: Rp 1.900.000

Lenovo-Vibe-P1m

Yes: Baterai besar seperti Redmi 3, performa memadai.

No: Performa tidak sebaik Redmi 3, again.

Advan i55/ i5A: Rp 1.999.000

Advan-i55

Yes: Desain keren, cantik. Performa memadai. Fiturnya lengkap dan berkualitas.

No: Baterai kurang besar. Harga paling tinggi.

Standar Ukuran

Performa memadai: Kelas quad-core dengan score AnTuTu 20 – 25 ribu.

Performa/ Specs oke: Kelas octa-core dengan score AnTuTu 30 ribuan.

Fitur lengkap: Termasuk 4G LTE, WiFi, Bluetooth, Dual SIM, Dual Camera, dsb. Semua fitur yang disyaratkan ada di smartphone harga 2 jutaan.

Yang Terbaik?

Ulasan di atas tentunya terlalu singkat untuk mengetahui lebih dalam tentang masing-masing smartphone, tapi memang itu tujuannya. PMC membuat artikel Panduan Membeli khusus untuk membahas masing-masing ponsel secara lebih detail.

Secara singkat juga; mana yang terbaik dari semua pilihan di bawah 2 juta?

Sulit untuk menjawabnya. Masing-masing smartphone memiliki kelebihan, dan kekurangan tentunya.

Jika Anda ingin paket komplit dan terbaik, memiliki kelebihan banyak rival lainnya, maka Xiaomi Redmi 3 di sini paling layak dibeli.

Mau layar lebar untuk multimedia? Maka Infinix Note 2 jawabannya, performanya juga oke.

Jika Anda tak ingin neko-neko dan harus merk yang sudah kredibel, maka LG Magna, Galaxy J2, atau Lenovo A6010 jawabannya. Sedangkan untuk Anda yang sangat memperhatikan desain yang harus keren, Smartfren Andromax R2 dan Advan i45/i55 memilikinya.

Untuk ulasan lebih dalam, silahkan cari masing-masing ulasan smartphone yang ada di halaman ini di halaman sitemap atau buka kategori satu-persatu. Kami belum bisa menaruh link untuk masing-masing smartphone berkaitan dengan pinalty google, mungkin ke depan akan diupdate agar lebih memudahkan.

Selamat berburu smartphone terbaik Anda!

LEAVE A REPLY