Harga BlackBerry DTEK60 sudah diumumkan secara resmi di Indonesia. Sebelumnya, versi lebih murah dari DTEK series sudah duluan muncul dan dibanderol dengan harga 4 jutaan. Spesifikasi BlackBerry DTEK50 sayangnya masih kurang greget, karena performanya juga masih mediocre.

Tidak begitu dengan BlackBerry DTEK60 karena ponsel ini dibekali spesifikasi dan fitur kelas flagship yang artinya sebanding dengan smartphone android kelas atas lainnya seperti LG G5, Galaxy S7, dll. Kelebihan BlackBerry DTEK60 dibanding rivalnya adalah pada tambahan fitur security yang diklaim terbaik untuk Android. Mengingat sepak terjang BlackBerry, klaim tsb sangat masuk akal.

Bagi pebisnis ataupun profesional yang menyukai OS Android namun ingin keamanan ponsel lebih baik, ponsel BlackBerry Android ini bisa dipertimbangkan, tapi sebelumnya, berapa harga BlackBerry DTEK60?

harga-blackberry-dtek60-terbaru

Harga BlackBerry DTEK60 Terbaru

Harga DTEK60 ternyata berada di bawah Galaxy S7 standar yakni Rp 7.900.000. Dengan harga kisaran 8 juta rupiah, apakah fitur kelengkapan BlackBerry DTEK60 sudah worth it dan layak untuk dibeli, kita akan ulas lebih detail fitur-fitur kelebihan BlackBerry DTEK60.

Spesifikasi dan Fitur BlackBerry DTEK60

DESIGN: Seperti kita tau, BlackBerry bekerja sama dengan Alcatel untuk membuat ponsel mereka saat ini. BlackBerry DTEK60 sendiri adalah clone dari Alcatel Ido 4S dengan fitur kelas atas termasuk layar berkualitas, frame metal yang slim, cover glass, namun sayangnya belum dilengkapi dengan ketahanan terhadap air. Bobot DTEK60 seberat 165 gram, masih tergolong standar.

DISPLAY: Layar BlackBerry DTEK60 menggunakan jenis AMOLED ukuran 5.5-inches dan resolusi QHD 1440 x 2560 piksel dengan kerapatan piksel 534 ppi. Layar tsb juga dilapisi Scratch-resistant glass untuk ketahanan pada goresan dan oleophobic coating untuk menghindari bekas sidik jari. Di sektor layar, BlackBerry DTEK60 menyajikan yang terbaik, tidak ada yang bisa dikeluhkan di sini.

spesifikasi-blackberry-dtek60

HARDWARE PERFORMANCE: BlackBerry DTEK60 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 820 dengan CPU Quad-core 2.15 & 1.6 GHz dan Adreno 530. Performanya masih tergolong tangguh dan setara banyak flagship phones lainnya. Berbagai aplikasi bisa dijalankan dengan lancar tanpa lag berarti di DTEK60 ini. Kapasitas RAM juga besar dengan 4 GB dan ditunjang internal storage sebesar 32 GB. Jika kurang, pun masih ada slot microSD untuk ekspansi storage. Di sektor performa, DTEK60 memberikan spesifikasi kelas atas. OS yang digunakan adalah Android Marshmallow 6.0.

CAMERA: Sebagai smartphone high-end, fitur kamera tentunya tidak boleh diabaikan. BlackBerry DTEK60 membawa kamera utama 21 MP dengan aperture f/2.0, phase-detection autofocus dan dual LED flash. Di kondisi yang cukup cahaya, hasil fotonya sudah termasuk menakjubkan dan sangat berkualitas. Namun di kondisi kurang cahaya, hasil fotonya belum sebaik rival kuat dari flagship lainnya. Kekurangan kamera BlackBerry DTEK60 lainnya adalah tidak adanya fitur OIS atau Optical Image Stabilization dimana rata-rata rival flagship memilikinya.

Kamera utama tsb juga sudah mendukung rekam video hingga resolusi 4K 2160p dan Slow-Mo 120fps pada resolusi HD. Di bagian depan, terdapat kamera 8 MP dengan aperture f/2.2 yang bisa merekam video hingga resolusi FHD 1080p.

BATTERY: Untuk menunjang aktivitas seharian, BlackBerry DTEK60 dibekali baterai 3000 mAh yang memiliki daya tahan memadai. Dari hasil pengujian, DTEK60 bisa bertahan hingga 14 jam untuk memutar video secara terus menerus dan biasanya hasil tes video juga setara dengan durasi daya tahan untuk internetan dengan 3G/4G. Jika hanya digunakan untuk aktivitas normal, sangat mungkin BlackBerry DTEK60 ini bisa bertahan seharian bahkan lebih dari 1 hari dalam sekali charge.

SECURITY: BlackBerry mengklaim DTEK60 sebagai “Ponsel paling aman di dunia.” Di BlackBerry DTEK60, data-data termasuk foto, teks, dan lokasi, diamankan secara lebih baik lagi. BlackBerry juga mengamankan ponsel DTEK mereka dengan pengamanan dari pencurian data dan malware yang bisa mengambil data tanpa izin pemilik. Di dalam OSnya, sudah tersedia aplikasi DTEK by Blackberry yang berguna untuk mengontrol penggunaan aplikasi yang tidak diizinkan di dalam smartphone. Dengan penggunaan metode Encryption untuk data-data di smartphone, juga Password Keeper untuk menjaga berbagai password dalam smartphone secara aman, BlackBerry DTEK60 diklaim memiliki kemanaan terbaik. BlackBerry juga menjamin untuk mengupdate secara rutin security untuk ponsel DTEK series.

fitur-security-keamanan-blackberry-dtek60
DTEK, Password Keeper, Hub

Dari penjelasan tsb, mungkin Anda berpikir bahwa BlackBerry DTEK60 ini sangat canggih dan lalu menganggap smartphone lain tidak aman, hal tsb tidak sepenuhnya benar. Rata-rata android phone dengan Android 6.0 dan 7.0 apalagi kelas flagship, rata-rata juga menyediakan fitur keamanan yang sangat ketat termasuk perizinan penggunaan berbagai komponen dalam smartphone saat menjalankan aplikasi, dsb.

FINGERPRINT: Untuk menambah keamanan ponsel, DTEK60 tentunya dibekali juga dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang ponsel. Selain sensor fingerprint, tersedia juga sensor lainnya termasuk accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

COMMS: DTEK60 dibekali dukungan 4G LTE Cat6 dan berbagai fitur konektivitas lainnya seperti WiFi a/b/g/n/ac Dual-band, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.2, GPS, NFC, dan USB Type-C 1.0 dan dukungan USB OTG.

kelebihan-fitur-blackberry-dtek60

CONVENIENT KEY: DTEK60 dibekali tombol fisik yang terprogram untuk membuka secara cepat aplikasi atau tasks. Bisa digunakan pada fitur kamera ataupun men-silent/mute ponsel.

BLACKBERRY EXCLUSIVE: DTEK60 dibekali juga dengan Intelligent Keyboard untuk memberikan pengalaman mengetik di layar secara lebih baik dan lebih cepat. Selain itu, tersedia juga Blackberry Hub yang mengatur berbagai data penting seperti email, calendar, social, phone calls, dan lainnya, dalam satu tempat.

Tak bisa disangkal, BlackBerry DTEK60 adalah ponsel BlackBerry terbaik yang pernah ada. Performanya sebanding dengan ponsel kelas atas masa kini, berbagai fitur memudahkan penggunaan, serta fitur keamanan yang diklaim terbaik dari semua android phone saat ini. Untuk pebisnis yang sangat memperhatikan keamanan dalam sebuah ponsel, jelas BlackBerry DTEK60 ini bisa dipilih. Bagi Anda pecinta BlackBerry, DTEK60 adalah yang terbaik saat ini, selamat berbelanja.

LEAVE A REPLY