Dijual resmi secara Flash Sale oleh toko online terbesar di Indonesia, Lenovo A6000 langsung diserbu masyarakat. Dalam hitungan menit, Lenovo A6000 terjual ribuan unit. Apakah faktor utama yang membuat Lenovo A6000 begitu diminati di pasaran Android Tanah Air bahkan menjadi pilihan smartphone terbaik saat ini di kelasnya? Kali ini PMC akan sajikan ulasan untuk membandingkan antara harga dan spesifikasi yang diusung Lenovo A6000.

Di kelas harga 1.5 jutaan, tahun lalu Xiaomi menggebrak pasar Android dengan produk fenomenalnya, Redmi 1S. Namun tidak membutuhkan waktu lama hingga Lenovo mendatangkan rival tangguh untuk menjadi pilihan terbaik di kelas ini. Di awal 2015, Lenovo A6000 resmi diperkenalkan ke seluruh dunia dan tidak lama kemudian tersedia resmi di beberapa negara termasuk Indonesia.

Harga Lenovo A6000, Smartphone Android Terbaik Harga 1.5 Jutaan

Spesifikasi Lenovo A6000Sejak diluncurkan hingga saat ini, tidak ada perubahan yang signifikan untuk harga Lenovo A6000. Dengan minat yang sangat luar biasa, pada beberapa skenario harga produk bahkan bisa naik lebih mahal dibandingkan saat diluncurkan. Karena itu, jika Anda sudah yakin pada satu smartphone terjangkau yang memiliki spesifikasi terbaik, segera pesan sebelum harga mengalami kenaikan.

Lenovo A6000 saat ini dijual dengan harga resmi Rp 1.499.000,-. Cukup banyak rival-rivalnya yang berada di kisaran harga 1.5 jutaan seperti di antaranya Samsung Galaxy J1, LG L70 Dual, Asus Zenfone C, Acer Liquid Z5, Xiaomi Redmi 1S, Advan Star Note S5L, Mito Fantasy U A60, dan banyak lagi pilihan lainnya dengan perbedaan harga yang tak terlalu jauh. Dibandingkan semua rivalnya, Lenovo A6000 relatif memiliki banyak keunggulan yang sangat sulit untuk bisa disaingi. Berikut ulasan lengkap spesifikasi Lenovo A6000.

Spesifikasi Lenovo A6000, Smartphone 4G LTE Terjangkau

Sebelum membahas lebih detail, berikut spesifikasi dan fitur utama Lenovo A6000

  • NETWORK: Dual SIM GSM at 2G, GPRS, EDGE, HSPA, 4G LTE Cat4
  • BODY: 141 x 70 x 8.2 mm, 128 g
  • DISPLAY: IPS capacitive touchscreen, 16M colors, 5.0 inches, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • OS: Android OS, v4.4.4 (KitKat), Lenovo Vibe 2.0
  • CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • GPU: Adreno 306
  • MEMORY: Internal 8 GB, 1 GB RAM, Card slot microSD, up to 32 GB
  • CAMERA: Primary 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection. Secondary: 2 MP
  • LOUDSPEAKER: Dual speakers, Dolby Digital Plus
  • CONNECTIVITY: WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0 with A2DP, GPS with A-GPS, USB microUSB v2.0,  FM radio
  • SENSORS: Accelerometer, Proximity
  • BATTERY: Li-Po 2300 mAh

Design

Harga Lenovo A6000 dan Spesifikasi

Lenovo A6000 tampak seperti kebanyakan smartphone lainnya dengan bagian depan didominasi oleh layar besar dan 3 tombol kapasitif di bagian bawah. Dengan dimensi 141 x 70 x 8.2 mm, bobot smartphone ini hanya 128 gram dimana termasuk ringan di kelasnya. Menggenggam dengan satu tangan tentunya bukan hal yang sulit dilakukan pengguna Lenovo A6000 tanpa harus cepat merasa pegal.

Kelebihan Lenovo A6000Di bagian kiri ponsel, terdapat tombol power/lock serta volume rocker yang biasanya difungsikan dengan ibu jari. Port microUSB dan Audio jack 3.5 mm terdapat di bagian atas, sedangkan di bagian bawah hanya terdapat microphone. Bagian belakang tampak elegan dengan kamera dan led flash terletak di pojok serta dua speaker di bagian bawah.

Display & OS

Kelemahan Lenovo A6000Pada komponen yang paling sering bersentuhan dengan penggunanya ini, Lenovo A6000 menggunakan layar dengan ukuran diagonal 5 inci dan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Jenis layar IPS dengan 16 juta warna memberikan sudut pandang yang luas dan kenyamanan saat digunakan menonton video, menjelajah foto, ataupun browsing internet dan social media. Kerapatan 294 ppi pixel density tergolong tinggi di kelasnya sehingga tampilan yang disajikan akan tampak tajam, sangat bermanfaat terutama untuk browsing serta melihat koleksi foto dan video. Satu kelemahan yang relatif jika dibandingkan rival terkuatnya adalah tidak dibekalinya layar ini dengan proteksi Gorilla Glass. Kabar baiknya, rata-rata pengguna smartphone di Indonesia bahkan seluruh dunia selalu melapisi bagian layar dengan proteksi tambahan karena dirasakan lebih kuat dibanding proteksi bawaan.

Lenovo A6000 menggunakan OS Android versi 4.4.4 KitKat yang dilapisi dengan UI Lenovo Vibe 2.0. Versi ini merupakan yang terakhir untuk versi KitKat dimana sudah sangat stabil dan fitur-fitur standar yang lebih lengkap. Jika Anda tidak begitu menyukai tampilan UI standar, tentu tetap dapat menggunakan launcher alternatif yang banyak tersedia dari third party.

Hardware

Keunggulan Lenovo A6000Inilah spesifikasi terpenting dan salah satu faktor utama yang menjadikan Lenovo A6000 begitu diminati. Hardware yang digunakan Lenovo A6000 merupakan kelas menengah dimana banyak smartphone membandrol dengan harga 3 bahkan 4 jutaan.

Lenovo A6000 dibekali prosesor dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon MSM8916 Snapdragon 410. Jumlah inti sebanyak 4 dengan kecepatan masing-masing hingga 1.2 GHz memberikan performa yang sangat mencukupi untuk menjalankan banyak jenis aplikasi. Kata ‘lag’ ataupun ‘lelet’ akan sangat jarang ditemukan pada lenovo A6000. Untuk menghandle urusan grafis, tersedia Adreno 306 yang juga terkenal memiliki performa jempolan, terutama menimbang bahwa smartphone ini hanya dibandrol 1.5 jutaan. Sedangkan RAM yang tersedia adalah 1 GB dimana sudah mencukupi untuk pengguna pada umumnya. Jika Anda menemukan gejala ‘lag’, dengan mudah bisa Anda atur penggunakaan memory melalui Apps Manager. Penyimpanan data tersedia kapasitas 8 GB yang tentunya sudah terambil sebagian untuk sistem dan aplikasi bawaan. Jika dirasakan kurang, masih tersedia dukungan slot microSD yang dapat menampung hingga 32 GB.

Lenovo A6000 HargaBeralih ke komponen network, Lenovo A6000 dapat menampung dua kartu SIM yang berjalan pada jaringan GSM. Akses internet cepat dapat dilakukan pada jaringan HSDPA/HSPA dan 4G LTE dengan kecepatan hingga 150 Mbps Download/ 50 Mbps Upload. Menimbang beberapa provider telekomunikasi terbesar di Indonesia sudah mulai serius untuk meningkatkan jaringan internet hingga standar 4G, fitur yang dimiliki Lenovo A6000 ini tentu akan sangat berguna. Untuk Anda yang berada di luar coverage 3G dan 4G pun tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan jaringan GPRS dan EDGE.

Fitur-fitur pada sektor konektivitas pun tersedia cukup lengkap. Tersedia Wi-Fi 802.11 b/g/n dan WiFi Hotspot untuk kebutuhan koneksi internet dari hotspot, sharing data, serta tethering yang sangat mudah digunakan. Bluetooth v4.0 with A2DP juga tentunya tersedia untuk transfer data di samping port standar microUSB v2.0. Tak ketinggalan disediakannya GPS with A-GPS untuk fitur map dan location yang dapat bermanfaat untuk navigasi dan banyak aplikasi yang mendukung fitur ini. Sedangkan fitur FM radio dapat Anda jadikan hiburan tambahan yang saat ini masih sangat digemari banyak masyarakat Indonesia.

Dual Speaker Lenovo A6000Satu fitur yang cukup menarik dari Lenovo A6000 untuk kebutuhan multimedia adalah tersedianya Dual Speaker yang dapat memberikan kualitas suara lebih baik dibanding rivalnya. Tidak itu saja karena Lenovo A6000 juga didukung Dolby Digital Plus yang dapat memaksimalkan pengaturan audio untuk menyajikan output yang lebih berkualitas.

Penopang daya dari komponen-komponen di atas dipercayakan pada baterai Li-Po berkapasitas 2300 mAh yang merupakan standar di kelas layar 5 inci. Baterai ini berjenis replacable atau bisa dilepas dan diganti jika diperlukan. Daya tahan baterai Lenovo A6000 menurut beberapa pengguna langsung, dirasakan sangat baik untuk kebutuhan seharian.

Camera

Harga Lenovo A6000Seperti kebanyakan smartphone di kelas menengah, Lenovo A6000 dibekali fitur kamera yang cukup berkualitas. Di bagian belakang terdapat kamera dengan resolusi 8MP yang dilengkapi dengan autofocus, touchfocus, LED Flash, serta fitur pelengkap lainnya. Di bagian depan, kamera 2MP sudah lebih dari cukup untuk mengambil foto gaya selfie/ groupie ataupun video chat dengan kualitas yang cukup baik.

Verdict

Tidak sulit untuk menjawab pertanyaan “kenapa Lenovo A6000 menjadi pilihan terbaik di kelasnya?” Hardware yang sangat siap untuk komputasi mobile yang lancar, jaringan 4G LTE untuk internet super cepat, tampilan layar impresif di kelasnya, serta spesifikasi dan fitur lain yang semakin menjadikan Lenovo A6000 menjadi terbaik di kelas 1.5 jutaan. Pamungkasnya, it’s Lenovo. Seperti kita tahu bahwa Lenovo bukanlah perusahaan kemarin sore, hal ini sangat penting bagi mereka yang mengharapkan durabilitas terbaik serta dukungan service yang memadai di Indonesia.

Kelebihan dan Kelemahan Lenovo A6000

Lenovo A6000 memiliki banyak keunggulan dibanding kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dan keunggulan Lenovo A6000;

Kelebihan Lenovo A6000

  • Layar berkualitas baik dengan resolusi tinggi di kelasnya
  • Prosesor dan GPU dengan performa kelas menengah
  • Tersedianya jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Bobot ringan dengan desain yang menarik
  • Dual Speaker with Dolby Digital Plus
  • Daya tahan baterai relatif baik
  • Fitur lainnya yang lengkap
  • Jaringan service center yang lebih menjanjikan

Kelemahan Lenovo A6000

Dibandingkan rival terkuatnya, Xiaomi redmi 2, Lenovo A6000 masih memiliki kekurangan di antaranya;

  • Layar belum menggunakan Gorilla Glass
  • Belum mendukung USB OTG
  • Sensor yang lebih terbatas tanpa Gyro dan Compass
  • Serta tanpa GLONASS

Bagi kebanyakan pengguna, kelemahan yang dimiliki Lenovo A6000 tsb bukanlah masalah yang berarti karena bukan fitur yang sering digunakan. Sedangkan bagi mereka yang membutuhkan, tentu perlu mempertimbangkan lebih lanjut. Secara keseluruhan, Lenovo A6000 sangat worth to buy dan sangat layak dimasukkan dalam daftar smartphone Android terbaik harga terjangkau.

LEAVE A REPLY