Jika dibandingkan vendor lainnya, produk-produk dari Infinix tergolong sangat menarik dengan value for money yang tinggi. Ya, harganya terjangkau namun dibekali spesifikasi dan fitur yang cukup berkelas.

Salah satu keluaran terbaru Infinix adalah penerus Hot 3 yang cukup populer di Indonesia. Infinix Hot 4 dengan kode X557 hadir di Indonesia di akhir tahun lalu dengan harga 1 jutaan saja. Bagaimana spesifikasi dan fiturnya, apakah Infinix Hot 4 X557 ini layak dibeli?

Harga Infinix Hot 4 X557

Ponsel ini hadir dengan harga 1 jutaan saja, tepatnya Rp 1.399.000. Masuk kelas pemula dan bersaing ketat dengan ponsel-ponsel asal China seperti Xiaomi Redmi 4A misalnya. Jika dibandingkan rival dari Korea, jelas soal specs dan fitur, Hot 4 ini unggul hampir di segala sisi.  Lihat juga; HP Android Harga 1 Jutaan Lainnya.

Harga Infinix Hot 4 X557

Spesifikasi dan Fitur Infinix Hot 4 X557

Fingerprint Sensor

Fitur pertama yang PMC bahas adalah fitur yang biasanya hadir di ponsel kelas menengah, minimal harga 2 jutaan. Namun di ponsel yang tidak sampai 1,5 juta, ternyata sudah dibekali fitur keamanan yang simpel dan efisien ini. Posisi panel sidik jarinya diletakkan di bawah kamera belakang, mirip seperti banyak ponsel android pada umumnya.

Body, Layar, dan Baterai Besar

Layar Infinix Hot 4 X557 ini berukuran 5.5 inci resolusi HD 720p berjenis IPS. Dengan layar besar, dimensi body hanya 152,6 x 76,2 mm, dan ketebalan 8,8 mm. Bobotnya tergolong lebih berat dibanding banyak alternatif lain karena kapasitas baterai yang diusung sudah 4000mAh. Tentu kapasitas tsb sangat membantu untuk tetap menjalankan Hot 4 seharian.

Harga Infinix Hot 4 X557 dan Spesifikasi

Desain body Hot 4 ini bisa kita katakan semi-unibody. Cover belakangnya bisa dibuka namun tidak dengan baterainya. Anda hanya bisa mengakses beberapa slot termasuk dua kartu SIM dan microSD.

Prosesor Quad-core, RAM 2GB

Chipset yang digunakan adalah Mediatek MT6580 yang merupakan chipset kelas entry-level. Dengan CPU Quad-core pada speed 1.3GHz, ditemani GPU Mali-400MP, dan RAM kapasitas 2GB, performanya tergolong biasa, setara dengan ponsel android harga 1 jutaan dari Samsung atau LG. Dengan pengujian benchmark AnTuTu, score point berada di kisaran 23 ribu.

Penyimpanan data internal disediakan kapasitas 16GB yang tentu sebagian sudah termakan system. Jika ternyata kurang, kita masih bisa menambahkan kartu memory microSD hingga 32GB. OS yang digunakan Hot 4 X557 ini dinamakan X OS yang berbasis Android Marshmallow.

Kamera Selfie 5MP dengan LED flash

Resolusinya tergolong standar di kelasnya, 8MP di belakang dengan autofocus dan LED flash, serta 5MP di depan untuk selfie yang juga dilengkapi soft light flash untuk membantu kita mengambil foto di kondisi gelap. Dengan flash, memang hasil foto selfie menjadi kurang natural, namun LED flash yang disematkan sudah didesain agar bisa menghasilkan foto lebih natural berkat cahaya yang soft. Cara lainnya bisa atur jarak agar cahaya tidak terlalu banyak terpapar ke wajah kita.

Kelebihan Fitur Infinix Hot 4 X557

Hasil kamera Infinix Hot 4 X557 ini sudah tergolong memuaskan, apalagi jika melihat harganya yang tidak jauh dari 1 jutaan rupiah.

Speaker Lantang dengan Music Player Bawaan

Kualitas audio dari speaker Hot 4 ini tidak buruk, tapi tentunya akan lebih nikmat mendengarkan musik dari ponsel ini menggunakan earphone atau speaker eksternal. Music player yang digunakan sudah buatan Infinix, bukan lagi menggunakan Music Player Google yang menurut kami kurang nyaman digunakan. Tapi jika kedua music player yang ada kurang cocok dengan Anda, di PlayStore masih banyak pilihan music player baik yang gratisan atau yang trial dan pro berbayar.

Fitur Konektivitas dan Network

Infinix Hot 4 X557 ini merupakan Hot 4 tanpa 4G LTE. Mirip seperti halnya Hot 3 yang tersedia dalam dua versi. Namun sayangnya kami belum tau kapan Hot 4 versi 4G LTE akan meluncur di Tanah Air, biasanya tidak lama setelah versi standar resmi dirilis. Harga Hot 4 versi 4G LTE biasanya lebih tinggi sekitar 300 ribuan dibanding versi 3G, bisa jadi kapasitas RAM pun lebih besar.

Fitur seperti WiFi, Hotspot, Bluetooth, microUSB, USB OTG support, dan GPS, tentunya tersedia di Hot 4 ini.

Layak dibeli atau tidak?

Dengan spesifikasi dan fitur yang diusung Hot 4 X557 di atas, apakah ponsel ini layak beli?

Kekurangan Infinix Hot 4 X557

Menurut kami, YA, layak beli untuk Anda yang tidak terlalu membutuhkan jaringan 4G LTE. Misalnya di daerah yang 1 tahun sampai 2 tahun ke depan kemungkinan masih belum juga tersedia 4G LTE-nya. Atau, cocok juga untuk Anda yang hanya membutuhkan ponsel kedua dan sudah memiliki jaringan 4G LTE dengan alat lain atau dengan paket internet yang sudah langganan.

Jika ternyata Anda tinggal di daerah yang sudah mendapatkan sinyal 4G, dan tidak memiliki paket internet melalui langganan atau dari ponsel lain, sebaiknya menunggu Infinix Hot 4 versi 4G LTE. Alasannya; karena rata-rata provider internet broadband di Indonesia, memberikan kuota besar di jaringan 4G serta masih banyak bonus-bonus kuota 4G. Sebaliknya, harga kuota 3G terasa semakin mahal sehingga semakin tidak layak dibeli.

Di luar masalah tidak adanya 4G LTE, Infinix Hot 4 X557 ini sudah tergolong layak dibeli karena performanya memadai, layarnya besar meski resolusi belum terlalu tajam (ponsel 3 jutaan dari vendor lain pun masih banyak yang resolusi HD), baterai yang besar, dan jangan abaikan fitur fingerprint sensor yang merupakan fitur berkelas, sudah hadir di ponsel harga 1 jutaan ini. Bagaimana, apa Anda tertarik dengan Infinix Hot 4 X557?

SHARE

LEAVE A REPLY