HP 14-r021tu menjadi salah satu laptop terlaris saat ini. Apa saja faktor yang membuatnya banyak disukai dan apakah performanya juga sebagus harganya?

Beberapa tahun terakhir vendor laptop lebih fokus mengeluarkan seri dengan layar besar namun prosesor entry-level sehingga harganya tetap terjangkau dibandingkan jika menggunakan Intel Core. Selain itu, prosesor irit daya juga memberikan keuntungan pada daya tahan baterai yang lebih baik.

Termasuk HP 14-r021tu yang belum lama diluncurkan dengan spesifikasi yang sangat memikat.

Harga HP 14-r021tu

Kelebihan Kelemahan HP 14-r021tuSatu kelebihan pertama laptop ini adalah harganya. HP 14-r021tu dibandrol dengan harga Rp 4.399.000,- dan beberapa toko memberikan harga potongan hingga 200 ribu sehingga Anda hanya perlu membayar Rp 4.199.000,-

Dengan harga yang hanya 4 jutaan tsb, ternyata HP 14-r021tu sudah dibekali dengan Windows 8.1 with Bing Original sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk OS installation.

Ada satu pilihan menarik lainnya di kelas harga ini dengan platform yang lebih portable yakni Acer One 10 S100X dengan kelebihan utama pada mode hybrid dan harga saat ini yang lebih murah.

Spesifikasi HP 14-r021tu

Sebelum mengulas masing-masing komponen penting laptop ini, berikut fitur dan spesifikasi utama HP 14-r021tu.

  • Intel® Pentium® N3530 (2.16 – 2.58 GHz, 2M Cache)
  • 2 GB RAM
  • HD Graphics (Bay Trail)
  • 500 GB SATA 5400 RPM
  • 14″ WXGA 1366 x 768 Screen
  • Dual Speaker
  • DVD RW
  • WiFi b/g/n
  • Bluetooth 4.0
  • Full size keyboard dan Touchpad with gesture
  • 1x USB 3.0
  • 2x USB 2.0
  • HDMI Port
  • VGA Port
  • LAN Port/ RJ-45
  • SD Card Reader
  • Audio combo jack
  • 4-cell battery
  • 1.96 Kg

Dari spesifikasi di atas, tampak bahwa HP 14-r021tu memiliki apa yang dibutuhkan pada sebuah laptop. Jika Anda masih ingin tau kelebihan spesifikasi HP 14-r021tu, berikut ulasan lebih detail.

Processor, Graphics, Memory

3 kombinasi komponen utama ini tersusun oleh Prosesor Intel seri Pentium N3530, 2GB RAM, dan HD Graphics.

HP-14-r021tu,-Laptop-14-Inci-Harga-Murah

Prosesor Pentium N3530 seperti namanya memiliki performa yang masuk di kelas Pentium. Yang artinya berada di antara Intel Atom dan Intel Core series. Secara performa, jelas lebih baik dari kebanyakan Intel Atom dan dengan teknologi generasi Haswell, prosesor ini juga memiliki kebutuhan daya yang rendah sehingga dapat menghemat baterai. Namun bukan tanpa kelemahan, performa yang dimiliki belum mengalahkan Intel Pentium yang digunakan di banyak laptop terjangkau sekitar 2 – 3 tahun yang lalu meski perbedaannya tidak terlalu jauh.

Spesifikasi HP 14-r021tuRAM 2GB akan cukup untuk menyediakan ruang memory bagi pengguna kebanyakan. Namun bagi yang sering menjalankan multitask dengan kelas yang sedikit berat, atau misalnya akan digunakan untuk video editing, atau Anda yang sering membuka multitabs pada browser hingga puluhan dengan konten yang berat seperti galeri foto atau video, maka akan dibutuhkan RAM lebih besar. Setidaknya dengan upgrade ke 4GB RAM, aktivitas komputasi kelas menengah akan lebih lancar. Namun sekali lagi, hanya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki level komputasi di atas rata-rata pengguna pada umumnya.

Sedangkan untuk urusan grafis, laptop ini menggunakan HD Graphics (Bay Trail) yang onboard pada prosesor kelas entry-level. Untuk multimedia, HD Graphics ini tak perlu diragukan. Sedangkan untuk gaming, tentu akan menemui keterbatasan pada game-game modern yang berat. Namun sekedar menjalankan game ringan tentu bukan masalah untuk HP 14-r021tu.

HDD and Drive

Beralih ke sektor storage, HP 14-r021tu dibekali hard disk standar laptop di kelasnya yakni 500 GB dengan kecepatan 5400 RPM. Tidak akan ada masalah yang berarti dengan hard disk ini. Baik untuk system ataupun menyimpan data-data, kecepatannya sudah lebih dari cukup untuk pengguna umumnya.

Jika Anda membutuhkan back-up ke kepingan DVD atau CD, tak perlu device external karena HP 14-r021tu sudah dibekali DVD Optical drive yang bisa membaca ataupun menulis/burning data.

Layar HP 14-r021tu: Ukuran 14 inci dengan resolusi WXGA akan memberikan kualitas standar laptop 14 inci pada kelas entry-level. Tidak ada kekurangan berarti bagi pengguna consumer.

Dual Speaker: Masih seperti laptop entry-level kebanyakan, dual speakernya bisa Anda gunakan untuk mendengarkan audio lebih keras. Tentu jika anda ingin mendengarkan musik lebih baik akan lebih nyaman untuk menggunakan earphone, headset, atau speaker external.

Keyboard and Touchpad

Dengan ukuran fullsize, tentu akan lebih nyaman untuk mengetik document, blogging, dsb. Sedangkan pada fitur touchpad, believe me, tambahan fitur gesture akan sangat memudahkan Anda mengoperasikan laptop dengan cepat. Setidaknya jika Anda sedang malas untuk menggunakan mouse.

Port, Slot, Interface, and Connectivity

Harga HP 14-r021tuHP 14-r021tu dibekali port USB sebanyak 3 buah dengan tambahan port HDMI untuk menyambung pada LED atau TV misalnya. Selain itu tentu tersedia juga port LAN dan VGA untuk menghubungkan laptop pada output lainnya misalnya monitor tambahan atau proyektor. Audio jack 3.5mm dan SD card reader dapat Anda gunakan untuk menghubungkan ke headphone/ speaker external serta membaca kartu memory jenis SD Card atau microSD dengan tambahan adapter.

Sedangkan untuk fitur konektivitas, tersedia WiFi untuk akses internet melalui WiFi hotspot. Transfer data ke device lain juga tersedia Bluetooth. Fitur-fiturnya seperti standar laptop kebanyakan.

Untuk menopang daya yang dibutuhkan, laptop ini menggunakan baterai 4-cell. Dengan baterai tsb, bobot laptop ini sekitar 2 Kg atau 1.96 Kg lebih tepatnya.

Secara keseluruhan, HP 14-r021tu menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan di kelas laptop 4 – 5 jutaan. Performa yang cukup baik dapat meng-handle urusan komputasi hingga level yang sedikit serius. Namun tentu jika Anda membutuhkan performa lebih baik sangat disarankan untuk mencari laptop dengan prosesor intel Core series.

LEAVE A REPLY