HP Android harga 2 sampai maksimal 3 jutaan mungkin menjadi rentang harga ideal bagi banyak orang saat mencari smartphone untuk kebutuhan harian. Di rentang ini juga, pilihan smartphone yang tersedia sudah memiliki fitur dan spesifikasi yang berkelas.

Banyaknya pilihan HP Android harga 2 jutaan saat ini mungkin membuat kalian bingung mau pilih yang mana, karena itulah di kesempatan kali ini, saya ingin membuat daftar HP Android recommended dengan budget maksimal 3 jutaan, yaa…. 3 juta lebih dikit laah.

Ini dia pilihannya.

1. Samsung Galaxy A3 2016

Smartphone Galaxy seri A Samsung sudah semakin murah (dibanding saat awal meluncur), meski masih tergolong mahal. Maklumi saja, desainnya sungguh aduhai, mirip seperti sang flagship, seri S. Galaxy A 2016 dibalut material kaca dan frame metal sehingga dari luar terlihat sangat mewah dan berkelas.

samsung-galaxy-a3-2016-hp-3-jutaan-terbaik

Galaxy A3 versi 2016 sudah bisa kita dapatkan dengan harga termurah Rp 3,1 jutaan rupiah. Dengan uang tsb, apa yang kita dapatkan dari Galaxy A3 sudah sangat mencukupi, mulai dari layar Super AMOLED 4.7 inch HD, kamera 13 MP + 5 MP aperture f/1.9, dan performa memadai berkat chipset Exynos dan RAM 1.5 GB. Berkat layar yang lebih kecil dari smartphone lain pada umumnya, Galaxy A3 masih nyaman digunakan dengan satu tangan, bobotnya pun ringan yakni 132 g. Dengan baterai kapasitas 2300 mAh, daya tahan baterainya relatif panjang, diklaim bertahan hingga 14 jam untuk menonton video, 12-15 jam untuk internetan tergantung jaringan yang digunakan, 3G, 4G, atau WiFi.

2. Samsung Galaxy J5 2016

Belum terlalu lama meluncur, Galaxy seri J versi 2016 tetap bisa menjadi pilihan yang sangat menarik di kancah HP Android 3 jutaan.

Kalau memungkinkan, sejujurnya PMC sangat merekomendasikan agar kalian lebih memilih Galaxy J7 2016 karena meski perbedaan harganya hanya 500 ribu, namun perbedaan specs-nya cukup signifikan. Bukan berarti J5 2016 tidak direkomendasikan sama sekali ya.

samsung-galaxy-j5-2016-hp-yang-bagus-harga-maksimal-3-juta

Galaxy J5 2016 dibandrol 2,9 jutaan atau 3 juta rupiah di Indonesia. Fitur dan spesifikasi yang dibawanya tidak terlalu jauh dari seri A bahkan ada sektor yang lebih baik. Galaxy J5 2016 membawa layar Super AMOLED 5.2 inch HD, CPU Quad-core, RAM 2 GB, kamera 13 MP + 5 MP aperture f/1.9, dan baterai kapasitas 3100 mAh. Galaxy J5 2016 menggunakan frame metal seperti halnya seri A namun material cover masih plastik serta dapat dilepas. Kelebihan seri J terutama bagi pencinta selfie adalah tersedianya LED flash di bagian depan.

Overall, Galaxy J5 terbaru ini cukup recommended, tapi sekali lagi, kalau ada budget, sebaiknya ambil yang Galaxy J7 2016 ya.

3. Lenovo K4 Note

Lenovo Vibe K4 Note bisa didapatkan dengan harga 2,9 juta rupiah. HP Android satu ini bisa dikatakan cocok untuk Anda yang mencari smartphone multimedia. Sebagian penjual pun memberikan bonus VR untuk K4 Note.

lenovo-vibe-k4-note-hp-bagus-harga-terjangkau

Vibe K4 Note dibekali spesifikasi memadai di kelasnya, mulai dari layar 5.5 inch resolusi Full HD, kamera 13 MP + 5 MP, CPU Octa-core dari MediaTek, RAM 3 GB, serta baterai 3300 mAh. Karena ini smartphone Chinese, fitur yang dibawanya lebih lengkap terutama untuk kebutuhan multimedia. K4 Note dilengkapi sensor fingerprint, front stereo speaker, 3 mics untuk advance noise reduction, serta Wolfson WM8281 audio codec, Dolby Atmos, dan TheaterMax (ANTVR headset support).

Untuk desain, Lenovo K4 Note ini cukup mewah berkat frame metal dan body polycarbonate.

4. Xiaomi Mi Max, Redmi Note 3 Pro, Mi4, Redmi 3 Pro, Redmi 3s

Pilihan selanjutnya adalah jajaran smartphone dari Xiaomi. Seperti sering dikatakan, jika kalian ingin HP Android murah tapi specs WOW, maka Xiaomi lah jawabannya. Namun masalah yang sering dihadapi peminatnya adalah harga unit yang terlalu bervariasi, service center yang kurang terjamin, hingga banyak ROM abal-abal versi distributor.

Namun sebagian masalah tsb tidak terjadi jika Anda membeli yang versi distributor resmi dimana harganya tentu lebih mahal, meskipun masih sangat worth it.

xiaomi-mi-max-hp-murah-berkualitas-ya-xiaomi
Mi Max

Di rentang harga 3 juta ke bawah, hampir semua seri dan tipe HP Xiaomi yang sudah bisa dibeli, bisa kita dapatkan, kecuali Mi5. Kita bisa pilih Mi Max yang harganya mulai 2,5 jutaan, atau Note 3 Pro yang fenomenal harga 1,7 – 2 jutaan, Mi4 4G LTE harga mulai 1,6 jutaan, dan Redmi 3 series termasuk Redmi Pro dan Redmi 3s dengan harga mulai 1,5 juta – 2 jutaan rupiah. Harga distributor resmi umumnya lebih mahal 500 ribuan dibanding non-resmi.

Soal ROM abal-abal, hal ini bisa diatasi dengan cukup mudah jika kalian sudah biasa dengan instalasi ROM sendiri. Tidak semua distributor menjual HP Xiaomi dengan ROM abal-abal, banyak juga yang ROM asli. Jika ternyata dapat yang abal-abal, kalian bisa cari info untuk menggantinya di forum-forum.

5. LG Stylus 2

Alternatif Galaxy Note yang jauh lebih terjangkau. Dikarenakan sama-sama merk Korea, maka spesifikasinya pun tergolong biasa untuk smartphone harga 3 jutaan rupiah ini.

lg-stylus-2-hp-android-pilihan-terbaik

Seperti namanya, kelebihan smartphone ini adalah dukungan Stylus, layar LG Stylus 2 pun tergolong lebar seperti halnya Galaxy Note, 5.7 Inch meski resolusinya hanya HD. Fitur-fitur yang dibawa termasuk kamera 13 MP + 8 MP, prosesor Quad-core dari Qualcomm, RAM 2 GB (ada juga versi 1.5 GB), serta baterai 3000 mAh. Meski fitur stylus-nya lebih terbatas dibanding Galaxy Note, namun sudah sangat membantu kita membuat catatan atau menggambar bagi yang punya hobi corat-coret.

Semua pilihan smartphone di atas sudah dibekali jaringan 4G LTE, kecuali Xiaomi Mi4 yang sebagian unit di pasaran belum mendukung 4G. Sebagian pilihan di atas juga dibekali NFC terutama pilihan dari Samsung. Sedangkan untuk WiFi, Bluetooth, FM Radio, GPS, microUSB, microSD card slot (kecuali Mi Max dan Mi4) dan fitur-fitur standar smartphone, sudah dipastikan tersedia. Pastikan Anda cek spesifikasi HP yang akan Anda beli di toko penjual, kalau perlu tanyakan agar lebih jelas.

Itulah pilihan-pilihan smartphone Android bagus harga maksimal 3 jutaan yang kami rekomendasikan. Tentu ada pilihan lainnya yang mungkin lebih menarik untuk Anda, tidak salah asalkan Anda memang suka. Misalnya Asus Zenfone 3 Laser yang harganya di bawah 3 juta rupiah, sayangnya masih sulit menemukan unitnya di pasaran. Atau pilihan dari Oppo seperti Oppo A37 dan F1. Huawei pun punya beberapa smartphone yang masih masuk budget maksimal 3 jutaan. Namun dari sudut pandang kami dan berdasarkan beberapa kriteria, pilihan smartphone di atas adalah yang paling recommended to buy saat ini. Selamat berburu!

LEAVE A REPLY