Oppo A39 adalah ponsel terbaru Oppo yang ditujukan untuk penggemar selfie. Bahkan tagline Oppo A39 pun langsung menyasar selfier, “Unstoppable Selfies.”

Harga Oppo A39 masih 2 jutaan atau di bawah 3 juta rupiah. Harga yang mungkin worth it bagi kebanyakan orang, tapi sebelum Anda memutuskan membeli ponsel ini, silahkan simak apa saja kekurangan Oppo A39 yang perlu Anda jadikan pertimbangan.

Harga Oppo A39

Kelebihan Kekurangan Oppo A39

Seperti dikatakan sebelumnya, harga Oppo A39 masih di bawah 3 juta. Banderol resminya berada di angka Rp 2.799.000. Biasanya kalau Anda membeli di toko offline, harganya sama persis. Namun jika membeli di online, banyak yang memberikan harga lebih murah, ada juga yang lebih mahal.

Dengan harga hampir 3 juta, tentu banyak sekali alternatif ponsel lainnya seperti Xiaomi Redmi 4 Prime harga 2.3 jutaan, Samsung Galaxy J5 Prime harga 2.7 jutaan, LG Stylus 2 harga 2.8 jutaan, dsb. Lalu apa yang bisa menjadi alasan kita memilih Oppo A39?

Kelebihan & Kelemahan Spesifikasi Oppo A39

Kelebihan & Keunggulan Oppo A39

  • Sebagai ponsel selfie, kita intip spesifikasi kamera depannya. Ternyata Oppo A39 tak terlalu lebay soal resolusi kamera depannya, hanya 5MP saja. Tapi tunggu dulu, dengan ukuran pixels 1.4 um dan ukuran sensor 1/4-inci, hasil fotonya akan cemerlang dan dengan noise yang minim. Ditambah dengan software Beautify 4.0 khas Oppo, hasil foto selfie kita bisa langsung mirip artis Korea, eh artis China, tolong hormati asal negara Oppo ini gaes.
  • Kamera belakang 13MP dengan besar Pixels 1.12 um dan ukuran sensor 1/3 inci, memungkinkan hasil fotonya memuaskan. Di kelas 2 jutaan, hasil foto Oppo A39 ini tentu sudah bisa diapresiasi. Sayangnya baik kamera depan dan belakang, lebar aperture-nya biasa saja, f/2.2 dan f/2.4 di depan. Oppo memaksimalkan besar Pixels dan Sensor untuk mendapatkan cahaya yang baik di kondisi yang kurang terang.
  • Desain cantik khas ponsel kekinian. Ya, mirip iPhone 6, mirip Galaxy C, mirip Vivo V5, mirip Oppo F1s, dan banyak ponsel lainnya. Bahasa desainnya mirip. Tapi gak masalah, masing-masing tetap punya ciri khas, dan Oppo A39 ini tampil sangat cantik. Desainnya unibody dengan material logam dan layar 2.5D Corning Gorilla Glass 4. Kombinasi tsb membuat Oppo A39 sangat nyaman dalam genggaman. Bobotnya pun masih tergolong ringan, 147 gram saja.
  • Layar ideal ukuran 5.2 inci resolusi HD 720p. Dengan brightness dan contrast yang tinggi, tampilan layarnya bisa memuaskan. Memang bnyak ponsel rivalnya sudah FHD, tapi kombinasi yang dimiliki Oppo A39 ini bisa menutupi itu.

Kelebihan Oppo A39

  • Performa tangguh. Berkat chip Mediatek MT6750 yang memiliki CPU Octa-core 64-bit, GPU Mali-T860MP2, memory RAM 3GB, serta internal storage besar 32GB, performanya lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai jenis apps. Jika kapasitas penyimpanan tsb kurang, masih ada slot microSD card untuk ekspansi hingga 256 GB. Hasil benchmark AnTuTu Oppo A39 ini berada di kisaran 40 ribuan, not bad untuk ponsel harga di bawah 3 juta.
  • Baterai kapasitas 2900 mAh, cukup untuk menjalankan ponsel seharian untuk penggunaan normal. Tersedia juga fitur Smart Power-Optimization untuk menghemat daya saat dibutuhkan dalam kondisi penting.
  • Dual SIM 4G LTE yang memberikan kemudahan kita untuk menggunakan dua kartu SIM. Tentu untuk 4G LTE harus digunakan bergantian. Slot kedua kartunya mandiri alias tidak numpang di slot microSD, jadi Anda tetap bisa menggunakan dua kartu SIM dan microSD bersamaan.
  • ColorOS 3.0 yang cepat, simpel, responsif, eifisien, dan memudahkan penggunanya.
  • Fitur-fitur standar yang cukup lengkap termasuk Bluetooth 4.0, WiFi a/b/g/n, USB OTG support, GPS, dan sensor-sensor termasuk G-sensor dan E Compass.

Lalu apa saja kekurangan Oppo A39?

Kekurangan Oppo A39

Kekurangan & Kelemahan Oppo A39

  • Oppo A39 tidak dibekali sensor Fingerprint atau sidik jari sebagai salah satu fitur keamanan ponsel yang populer saat ini. Bagi sebagian pengguna, fitur ini bukan termasuk fitur yang sangat penting, tapi kalau ada, tentu akan lebih menarik.
  • Andai layarnya sudah FHD, akan lebih memuaskan penggunanya. Tapi hal ini sangat relatif mengingat banyak vendor sekelasnya pun masih pelit memberikan resolusi FHD 1080p untuk ponsel kelas menengah-bawah mereka.
  • ColorOS 3.0 yang digunakan berbasis pada Android Lollipop. Meski sudah mencukupi bagi sebagian besar pengguna, namun OS ini tertinggal bahkan di bawah Marshmallow ketika ponsel keluaran terbaru sebagian sudah dibekali Android 7.0 Nougat.

Kesimpulan: Di kelas harga hampir 3 juta rupiah, tidak banyak pilihan yang bisa memukau kita, dan Oppo A39 ini sebenarnya termasuk pilihan yang menarik, asalkan tidak melirik pilihan dari Xiaomi. Rival Oppo di negara asalnya adalah Vivo, Samsung, dan Huawei, tapi di Indonesia, nampaknya Oppo A39 ini akan bersaing dengan Vivo dan Samsung saja. Oh iya, plus Xiaomi.

LEAVE A REPLY