Setiap tahunnya, dunia menanti-nanti spesifikasi terbaru dari generasi ponsel buatan Apple. Meski telah membeberkan banyak informasi dalam acara peluncurannya dan juga konferensi online bersama para pengembang, namun pabrikan asal Cupertino, AS tersebut dianggap “menyembunyikan banyak rahasia.”

Seperti yang mungkin sudah pernah Anda baca, spesifikasi internal iPhone 7 Plus dibekali dengan kamera belakang (ganda) dan depan masing-masing 12 dan 7 megapiksel, serta layar selebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). RAM-nya dipatok di angka 3GB. Namun, pernahkah Anda berpikir, apa saja isi dari komponen perangkat Apple ini?

iFixit, sebuah situs tutorial perbaikan ponsel otodidak, mencoba untuk mengetahui seluk-beluk spesifikasi iPhone 7 Plus, varian tertinggi iPhone saat ini. Mereka melakukan hal yang tak biasa, yakni dengan membongkar sendiri kerangka unibodi ponsel tersebut.

Dalam informasi yang mereka terbitkan, iFixit mengatakan RAM berukuran 3GB yang disematkan pada iPhone 7 Plus merupakan jenis LPDDR4 yang memiliki kecepatan memori lebih tinggi dan tingkat transfer data yang lebih kencang. RAM tersebut diproduksi oleh seteru abadinya di bidang ponsel pintar, Samsung. Selain itu, terlihat pula modul modem 4G LTE kategori 12 buatan Qualcomm dengan kode MDM9645M.

Untuk urusan baterai, iFixit menemukan bahwa iPhone 7 Plus mengusung kapasitas 2900 mAh, yang mana lebih besar 150 mAh ketimbang baterai iPhone 6s Plus, namun sedikit lebih kecil daripada iPhone 6 Plus (2915 mAh).

Untuk urusan penyimpanan, Apple ternyata memasukkan chip NAND Flash buatan Toshiba. Seperti diketahui, ukurannya sendiri disediakan dalam 3 pilihan, yakni 32GB, 128GB, dan 256GB.

spesifikasi-internal-iphone-7-plus-setelah-dibongkar

Yang paling menarik adalah komponen yang disematkan Apple untuk mengganti keberadaan earphone jack pada varian iPhone 7. Ternyata, mereka meletakkan sebuah sirkuit elektronik plastik yang diperkirakan berfungsi sebagai penyalur suara menuju mikrofon dan pengeras suara. Sebagian ruang yang ditinggalkan earphone jack juga diisi oleh Taptic Engine, sistem yang mengatur sensitivitas tekanan jari pada layar dan tombol home.

Perubahan besar lain yang terdapat pada spesifikasi internal iPhone 7 Plus mencakup keberadaan plaster karet yang melindungi sambungan kabel Lightning dan lubang kartu SIM. Plaster tersebut juga menyematkan steker pelontar plastik. Perubahan di atas dimaksudkan untuk melindungi ponsel dari terpaan debu dan air sehingga dapat memiliki sertifikasi IP67.

LEAVE A REPLY