Harga Samsung Galaxy A6 dan A6+ 2018 sudah diumumkan.. Meskipun sayangnya anda yang berminat pada ponsel kelas menengah Samsung ini harus menunggu satu bulan lagi untuk mendapatkan unitnya. Awal Juni kabarnya duo A6 akan mulai masuk ke pasar retail.

Tadinya, kami memprediksi harga Samsung Galaxy A6 dan A6+ 2018 akan berada di kisaran 5 juta dan 5,5 juta rupiah..

Ternyata… tumben sekali, prediksi kami meleset cukup jauh meski akhirnya kami syukuri..

HARGA SAMSUNG GALAXY A6 & A6+ 2018

Termasuk anda, pun bisa terut senang karena Galaxy A6 sebagai versi murahnya, dibanderol di bawah 4 juta, tepatnya adalah Rp 3.799.000.

Sedangkan kakaknya, Galaxy A6+ 2018 dihargai Rp 4,899.000.

Untuk A6+, memang prediksi kami meleset 600 rb, setidaknya tidak sampai sejuta ya.

Tapi untuk Galaxy A6, melesetnya cukup jauh. (Begitu juga prediksi spesifikasinya).

Lantas… apakah dua ponsel pintar – meski penggunanya mungkin malah semakin “bodoh” ini – menarik untuk dibeli?

Harga Samsung Galaxy A6 A6 Plus 2018 di Indonesia

Untuk menjawab pertanyaan apakah Galaxy A6 2018 layak beli atau tidak, cara paling mudah adalah dengan mengintip kelebihan dan kekurangannya.

Dan TOLONG, meskipun kami juga pengguna dan fans Xiaomi, please jangan bandingkan Galaxy A6 dengan ponsel2 Xiaomi…

Ya sah-sah saja anda membandingkan dengan ponsel apapun, cuma kok.. kami bosan saja, apa-apa Xiaomi, lagi-lagi Xiaomi, ya memang; XIAOMI itu bagus dan murah, tapi tidak lantas harus selalu dibandingkan dengan semua vendor… Terutama vendor Korean..

Sebelum merinci kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6 dan A6+ 2018, mari kita ulik spesifikasi dan fitur dua ponsel terbaru Samsung di 2018 ini!

DIMENSI BODY & LAYAR A6/A6+

Galaxy A6 sebagai versi lebih murah, dibekali layar Super AMOLED ukuran 5.6 inch dengan resolusi 720 x 1480 piksel, biasa disebut juga HD+, ratio-nya 18.5:9 atau zaman sekarang biasa disebut fullview, malah Samsung lebih keren lagi istilahnya, Infinity War Display..

Galaxy A6+ yang lebih mahal, dibekali layar 6.0 inch dengan ratio yang sama, namun resolusinya lebih tinggi; FHD+ atau 1080 x 2220 piksel.

Kelebihan Samsung Galaxy A6 A6 Plus 2018

Soal kualitas layar, sepertinya kita sudah membuktikan bahwa Samsung memang ahlinya. Bahkan Apple, LG, dan beberapa vendor lain pun sudah mulai mengikuti jejak Samsung dengan menggunakan layar jenis AMOLED.

Samsung Galaxy A6 memiliki dimensi 149.9 x 70.9 x 7.7 mm. Sedangkan kakaknya, Galaxy A6 Plus berdimensi 160.1 x 75.7 dengan ketebalan 7.9 mm. Terlihat dimensi A6+ lebih lebar 0.5 Cm dari A6, dan lebih panjang 1 Cm.

KOMPONEN INTI GALAXY A6/A6 PLUS

Samsung Galaxy A6 dan A6+ menggunakan chipset yang berbeda.. Menurut bocoran, A6 menggunakan chipset Exynos 7870, sedangkan A6+ menggunakan Snapdragon 450. Sayangnya seperti biasa, Samsung tidak mengumumkan itu secara official..

Yang tertera jelas di daftar spesifikasi Galaxy A6/A6+ adalah bahwa chipset yang digunakan di A6 memiliki clockspeed atau kecepatan 1.6 GHz dari chipset Octa-core. Sedangkan A6+ memiliki kecepatan 1.8 GHz yang juga berasal dari prosesor 8 inti.

Baik Galaxy A6 dan A6+, sama-sama dibekali kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB, namun besaran RAM-nya berbeda. Galaxy A6 dibekali 3GB RAM, ketika A6+ diberi 1GB lebih besar.

32GB, meskipun cukup besar untuk menyimpan data aplikasi, namun akan cepat terasa kurang ketika kita sudah memasukkan berbagai lagu, video, foto, dsb.. Apalagi resolusi video yang tinggi pada kamera A6/A6+ akan menyita banyak sekali storage. Karena itulah solusi termudah adalah dengan memanfaatkan slot microSD. A6 bisa memuat hingga kapasitas 256 GB, sedangkan A6+ sanggup memuat microSD kapasitas 400GB.

Dengan layar besar, tentu dibutuhkan daya tahan baterai yang mumpuni. Dengan chipset yang irit daya, Samsung mempercayakan penopang daya Galaxy A6 pada baterai kapasitas 3000 mAh. Sedangkan A6+ dibekali baterai lebih besar; 3500 mAh. Ya, biasa saja, tak ada yang impresif di sektor ini, khas Samsung.

FITUR KAMERA GALAXY A6/A6+ 2018

Ini adalah fitur yang mungkin menjadi kelebihan utama kedua ponsel Samsung ini.

Galaxy A6 dibekali kamera belakang satu buah resolusi 16MP dengan aperture sangat lebar; f/1.7. Bukaan diafragma yang lebar ini bisa memungkinkan pengambilan foto yang terang cemerlang dan proses shot yang lebih cepat. Saat memfoto mode macro, pun bisa menghasilkan bokeh lebih cakep. Kamera depan A6 menggunakan resolusi yang sama besarnya, 16MP f/1.9. Baik kamera utama maupun kamera depan A6 ditemani fitur LED flash, namun kamera selfienya juga bisa menggunakan fitur Screen Flash. Autofocus hanya tersedia di kamera belakang.

Galaxy A6+ mungkin akan lebih cocok untuk Anda pecinta fotografi. Pasalnya, Galaxy A6+ sudah dibekali dual camera di belakang untuk membantu kita menciptakan foto yang lebih kreatif.

Kamera belakang A6+ dibekali dua lensa, satu menggunakan resolusi 16MP dengan aperture f/1.7, satu lagi resolusi 5MP f/1.9. Autofocus hanya tersedia di lensa utamanya. Lensa satunya hanya menggunakan fokus tetap dan berguna untuk menciptakan efek blur di sekitar objek utama foto, istilah yang sering digunakan; Live Focus.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy A6 A6 Plus 2018

Kamera depan A6+ juga lebih baik dari adiknya karena menggunakan resolusi tinggi; 24MP f/1.9 meski belum dibekali autofocus, hanya Screen Flash + LED flash yang siap membantu mengambil foto yang lebih terang.

FITUR UNGGULAN GALAXY A6 & A6+ LAINNYA

Galaxy A6 2018 disebut-sebut memiliki kenyamanan saat digenggam atau istilah Samsung-nya; Ultra Comfortable Grip. Ini bisa dimiliki A6 berkat desain Smooth Curves atau lekukan-lekukan yang halus sehingga tidak cepat membuat telapak tangan kita pegal. Desain pojokan-pojokan Galaxy A6 ini memang membulat, tidak tajam seperti-mungkin beberapa ponsel lainnya.

Walaupun kalau kita perhatikan ponsel lain terutama rivalnya dari Oppo dan Vivo juga memiliki desain yang sangat mirip, ala smartphone saat ini, yang membosankan.

Fitur yang sudah tentu ada di ponsel harga hampir 5 juta adalah Fingerprint sensor. Namun kini letaknya di belakang body, di bawah posisi kamera.

Penempatan fingerprint sensor Samsung yang baru ini mungkin sedikit kontroversial, dimulai dari Galaxy S8 dan Note8 yang menempatkan panel sidik jari di samping kamera hingga akhirnya dirubah di Galaxy S9.

Kami jujur saja tidak begitu suka, karena terlihat di bawah layar pun sebenarnya masih punya space cukup lebar, bisa jadi masih cukup untuk menempatkan panel fingerprint. Berbeda dengan Galaxy S series atau Note masa kini yang memang sudah sangat terbatas sekali space di bawah layarnya.

Lagi pula, penempatan sensor sidik jari di bagian depan itu sudah khas Samsung, ketika vendor lain kebanyakan menempatkan di belakang, kenapa malah Samsung sekarang jadi ikutan juga.

Face Recognition yang merupakan fitur agak mewah namun tak semewah Iris Scanner, pun hadir di Galaxy A6 dan A6 Plus. Kita bisa membuka kunci ponsel hanya dari wajah kita yang di-scan oleh kamera depan. Setidaknya ini bisa menjadi alternatif untuk anda yang tak suka meraba-raba sensor sidik jari di bagian belakang ponsel.

Bixby sebagai fitur asisten digital Samsung yang kekinian juga sudah ada di Galaxy A6 dan A6+. Fitur Bixby ini memiliki berbagai tools untuk membantu memudahkan kita menjalani hari-hari kita, apalagi untuk orang-orang sibuk yang ingin selalu disiplin.

Lalu untuk mendukung fitur hiburan, Galaxy A6 dilengkapi dengan Dolby Atmos yang bisa meningkatkan kualitas output suara Galaxy A6 ketika kita mendengarkan lagu atau film melalui earphone.

Kekurangan Samsung Galaxy A6 A6 Plus 2018

Nah, untuk sertifikasi tahan air, sempat dirumorkan bahwa Galaxy A6 dan A6+ ini sudah dibekali ketahanan terhadap air dan debu. Sayang, di laman informasi resmi Galaxy A6/A6+, pada bagian “Water & Dust Resistance” ditulis N/A atau biasa diartikan; tidak diketahui.

Jadi kami juga belum yakin, apakah Galaxy A6 2018 ini tahan air atau tidak. Kalau tidak memiliki sertifikasi ketahanan air dan debu, mengapa fitur ini ditulis di daftar. Sedangkan jika memang iya dilengkapi sertifikasi tahan air dan debu, mengapa pihak Samsung belum menuliskan keterangan sertifikasinya. Aah… kita berharap saja kedua ponsel harga 3 dan 4 jutaan ini sudah dibekali fitur ketahanan terhadap air dan debu, karena inilah kelebihan mutlak Samsung Galaxy A Series dibanding berbagai ponsel dari vendor lain sebagai rivalnya.

KELEBIHAN & KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A6 & A6+ 2018

Dari ulasan fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy A6 dan A6 Plus di atas, bisa kita ketahui, apa saja kelebihan serta kekurangan ponsel ini?

Kelebihan dan Keunggulan Samsung Galaxy A6 & A6+:

  • Desain keseluruhan body A6 yang cantik serta nyaman digenggam. Garis antenna di cover belakang mungkin bukan selera semua orang, namun lama-kelamaan akan terbiasa.
  • Layar lega dengan kualitas khas Super AMOLED. Khusus A6+, kerapatan pikselnya juga sudah lebih dari cukup. Sedangkan A6 dengan HD+, mungkin lebih cocok untuk Anda yang tak terlalu menuntut ketajaman maksimal pada layarnya.
  • Dual-camera untuk kamera belakang A6+ bisa menghasilkan foto keren dengan efek bokeh atau blur di sekitar objek utama. Aperture A6/A6+ yang lebar juga bisa menghasilkan foto lebih cemerlang.
  • Kamera selfie resolusi tinggi, bahkan dilengkapi Screen flash sekaligus juga LED flash. Paket komplit untuk pecinta selfie/groupie, minus autofocus yang hanya ada di ponsel flagship Samsung.
  • Performa mencukupi meski bukan yang terbaik di kelasnya. Setidaknya kita tak perlu kekurangan memory karena RAM-nya cukup besar, serta tersedia microSD menemani internal storage yang juga sudah terbilang besar.
  • Ada Bixby, walaupun sepertinya orang kita masih malas ya pakai ginian.
  • Tersedia fitur-fitur pelengkap yang semakin memudahkan kita mengatur ponsel sesuai kebutuhan.
  • Harga tak terlalu mahal, meskipun kami mungkin lebih merekomendasikan agar Anda membeli Galaxy A6+ karena layar lebih memuaskan serta fitur kameranya juga setingkat lebih tinggi.

Fitur Spesifikasi Samsung Galaxy A6 A6 Plus 2018

Bonus, jika ternyata Galaxy A6 2018 ini memang sudah mengantongi sertifikasi tahan air dan debu. Tapi jangan terlalu optimis, nanti kecewa. Untuk saat ini, mungkin lebih baik kita anggap bahwa A6 ini tak punya sertifikasi tahan air dan debu.

Kekurangan dan Kelemahan Samsung Galaxy A6 & A6+

  • Desain belakang yang sekilas mirip dengan seri J tahun lalu. Ini memunculkan kesan bahwa Galaxy A6 2018 ini tidak betul-betul seri A, mungkin malah seri J yang sedikit lebih mewah.
  • Apalagi jika ternyata belum dibekali sertifikasi tahan air dan debu. Karena inilah fitur yang membedakan antara seri A, dengan seri J yang di bawahnya.
  • Performa biasa saja, untuk Galaxy A6, performa prosesornya mirip seperti ponsel Samsung di kelas yang sama 2 tahun lalu. A6+ pun tak ada istimewanya di sektor hardware.
  • Bezel sekeliling layar dari body yang biasa saja. Bukan kekurangan sih, namun kami berharap bisa lebih tipis lagi.

Jika dibandingkan rivalnya, baik Galaxy A6 maupun A6+, sebenarnya tergolong masih sangat kompetitif. Asalkan sekali lagi, jangan bandingkan dengan Xiaomi, untuk saat ini masih bukan rival sejatinya.

Jika budget Anda terbatas, dan menginginkan ponsel keren dari Samsung, maka Galaxy A6 menurut kami masih layak dibeli. Kekurangan yang dimiliki tidak terlalu mengurangi daya tarik Galaxy A6 2018.

Sedangkan untuk Galaxy A6+, kami berharap harganya bisa turun sedikit lagi, sehingga value-nya akan lebih baik, ini karena Samsung punya Galaxy A8 2018 yang “betul-betul” seri A, harganya tidak beda jauh dari harga Galaxy A6 Plus 2018. Saat nanti harga Galaxy A6+ turun di angka 4,5 juta rupiah, maka kami bisa bilang; Galaxy A6+ sangat layak dibeli, untuk ukuran Samsung loh ya.

8 COMMENTS

    • menurut aku tergantung kebutuhan ya. kalau butuh layar kekinian dan HP kelas menengah, A6+. Tapi kalau lebih mentingin fungsi, performa, serta fitur yang berkualitas, ambil xiaomi, dan dengan budget segitu, cari xiaomi flagship alias seri paling tinggi. Dengan budget sama dengan A6+, bisa dapat Xiaomi Mi 6.

      atau bisa juga pilih xiaomi lebih murah harga di bawah 3 juta, sisa budget buat beli bajju

  1. Oww oww oww …!
    A6 2018 kok gini…
    Itu bagi yg blm tau.
    Tapi coba deh gunain tips
    ini… keluar performa A6 ini
    kalo setelah di riset. Alias kembali pengaturan awal. Bisa di coba.
    Jangan se kali2 remeh in A6 2018.
    Coba tips tar tau yang sebenarnya…..

LEAVE A REPLY