Di Indonesia, Samsung Galaxy J Series adalah seri yang paling banyak dicari berkat harganya yang terjangkau dan spesifikasi memadai, meski bukan yang terbaik.

Di tahun 2016, selain Galaxy A dan S, Samsung juga memperbarui semua jajaran Galaxy J Series dengan spesifikasi yang sedikit lebih baik dibanding versi tahun lalu. Tersedia mulai Galaxy J1 Mini, J1 Ace, J2, J3, J5, J7 untuk Anda sesuai kebutuhan dan budget.

Tipe termurah yakni Galaxy J1 Mini memiliki performa yang sangat memadai di kelasnya namun dengan kualitas layar yang terbatas. Alternatifnya Anda bisa memilih Galaxy J1 Ace atau yang lebih baik lagi, Galaxy J1 2016.

Jika Anda mencari smartphone Android Samsung terjangkau harga 1 jutaan atau di bawah 2 juta, Galaxy J1 edisi 2016 adalah pilihan terbaiknya.

Dan untuk memudahkan Anda membuat keputusan, berikut PMC sajikan daftar kelebihan dan kekurangan/ kelemahan Galaxy J1 2016 jika kita bandingkan dengan rival sekelasnya dan beberapa alternatif lain yang berharga tidak jauh dari J1 2016.

Kelebihan-Kekurangan Spesifikasi Galaxy J1 2016

Kelebihan Samsung Galaxy J1 2016:

  • Layar Super AMOLED, jenis layar ini memiliki tampilan lebih baik dibanding jenis layar lainnya.
  • Ukuran layar 4.5 inch tidak terlalu kecil, juga tak terlalu besar sehingga masih nyaman disimpan dalam kantong pocket celana.
  • Prosesor Quad-core 1.3 GHz dengan performa yang sudah memadai untuk aktivitas harian.
  • Mendukung slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan dari internal yang hanya 8 GB.
  • Mendukung jaringan 4G LTE untuk koneksi internet super cepat.
  • Dual Camera, 5 MP di bagian belakang dengan Autofocus dan LED flash, 2 MP di bagian depan untuk selfie. Kamera utamanya bisa merekam video resolusi HD 720p @30 fps.
  • Dual SIM untuk menampung kartu SIM cadangan Anda.
  • Konektivitas relatif lengkap termasuk WiFi, Bluetooth 4.1, WiFi Direct, WiFi Hotspot, GPS, dan USB.
  • Daya tahan baterai diklaim tergolong baik dan tahan lama. Dengan 2050 mAh, diklaim dapat bertahan hingga 10 jam untuk browsing internet, hingga 11 jam jika menggunakan koneksi internet dari WiFi, hingga 14 jam untuk menonton video, dan hingga 12 jam waktu bicara.
  • Bobot relatif ringan, hanya 131 g.

Kelebihan-Kekurangan-Samsung-Galaxy-J1-2016

Kekurangan/ Kelemahan Galaxy J1 2016:

  • Layar di bawah 5 inch, bagi maniak multimedia kemungkinan masih kurang besar.
  • Kapasitas memory RAM 1 GB, sudah cukup namun banyak rivalnya sudah menggunakan kapasitas lebih dari 1 GB.
  • Resolusi kamera pun tergolong lebih rendah dari kompetitor mesti sudah cukup baik.
  • Resolusi layar pun belum HD yakni masih 480 x 800 piksel, 245 ppi. Untungnya kekurangan resolusi tsb tertutup berkat jenis layar AMOLED.
  • OS Android masih Lollipop, ada rivalnya yang sudah Marshmallow. Sebagian besar kompetitor memang masih menggunakan Lollipop.

Harga Samsung Galaxy J1 2016

Saat ini, Galaxy J1 2016 dijual paling murah di kisaran 1,6 jutaan rupiah hingga hampir 1,7 juta rupiah. Dengan bandrol tsb, jika kita bandingkan antara kelebihan dan kekurangan Galaxy J1 2016, smartphone ini masih tergolong layak dibeli jika Anda mencari smartphone ideal dengan kredibilitas merk Samsung. Namun jika Anda mencari fitur kamera yang lebih baik misalnya, atau baterai kapasitas lebih besar, masih ada beberapa smartphone lain yang lebih baik seperti Infinix Hot 3 X553. Jika Anda mau sedikit menambahkan budget, juga ada Redmi 3 yang dibekali fitur dan specs lebih baik. Selain Redmi 3, ada juga Meizu m2 note yang memiliki performa lebih tangguh serta fitur kamera yang berkualitas dibanding Galaxy J1 2016.

Namun Galaxy J1 2016 adalah HP Samsung, dan dengan service center yang jauh lebih terjamin, serta ketahanan smartphone yang sudah teruji, Galaxy J1 2016 tetap bisa menjadi pilihan terbaik di kisaran 1,6 juta atau di bawah 2 juta rupiah.

LEAVE A REPLY