Untuk melengkapi jajaran ponsel selfie Vivo, awal bulan lalu Vivo V5Plus resmi dirilis dengan banderol yang masih cukup terjangkau di kelas menengah.

Saat ini, rival terkuat Vivo V5Plus berasal dari negara yang sama yakni Oppo F1 Plus, dan perusahaan raksasa Korea, ada Samsung Galaxy A5 2017. Namun untuk melawan para rivalnya, Vivo punya satu fitur pamungkas di V5Plus ini.

Jika rivalnya rata-rata hanya dibekali satu kamera untuk selfie, maka V5Plus punya dua. Bukan untuk mengambil dengan sudut berbeda, lebih untuk menciptakan foto yang lebih terlihat pro berkat background yang nge-bokeh alias ngeblur banget.

Kelebihan Vivo V5Plus

Penasaran apa saja kelebihan Vivo V5 Plus serta kekurangannya? Berikut ulasan kami.

Kelebihan & Kekurangan Spesifikasi Vivo V5Plus

Ini kelebihan dan fitur unggulan Vivo V5 Plus:

  • Seperti tagline yang diusung; Perfect Selfie, Vivo V5 Plus dibekali dual camera di bagian depan. Kamera 8 MP ditugaskan untuk mengambil foto background yang ngeblur dan menjadi efek bokeh, kamera satunya dengan resolusi 20 MP mengambil foto selfie normal dengan detail yang tajam berkat resolusi tinggi tsb. Flash di depan yang diberi nama Selfie Softlight, bisa memberikan cahaya yang natural pada kulit kita. Aperture lebar f/2.0 bisa membuat foto lebih cemerlang. Dual-camera ini tentunya tidak harus selalu Anda aktifkan.
  • Desain cantik. Memang terlihat mirip dengan beberapa smartphone lain, termasuk iPhone 7 series, tapi tak apalah. Material menggunakan metal berdesain unibody, tidak ada yang istimewa namun sudah sangat cantik. Saat digenggam, ponsel ini pun sangat nyaman ergonominya, terasa berkelas. Bobotnya tergolong standar yakni 158.6 gram.
  • Layar besar 5.5 inci resolusi FHD 1080 x 1920 piksel jenis IPS LCD memberikan garansi kualitas tampilan yang tinggi. Layar ini juga dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 2.5D. Tersedia fitur Eye Protection Mode untuk membuat layar jadi tidak menyilaukan. Layar putih akan menjadi kuning-coklat.
  • Kamera belakang tetap berkualitas meski resolusinya lebih rendah dan aperture lebih sempit. Kamera belakangnya menggunakan resolusi 16 MP f/2.2 dengan phase-detection autofous dan LED flash. Kamera belakangnya juga mendukung rekam video hingga resolusi 4K.

Keunggulan Vivo V5Plus

  • Mendukung Dual SIM dual standby. Jaringan yang didukung mulai dari 2G, 3G, hingga 4G LTE FDD dan TDD.
  • Hi-Fi chipset AK4376 untuk kualitas output audio yang lebih baik. Cocok untuk Anda para penggemar musik.
  • Performa mencukupi berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz ditemani RAM 4 GB dan storage 64 GB. Hasil score benchmark AnTuTu Vivo V5Plus berada di kisaran 63 ribu.
  • Baterai 3160 mAh dengan fast charging. Chipset yang tergolong irit ditopang baterai yang cukup besar. Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk pengisian 100%.
  • Fingerprint sensor. Fitur ini sudah merupakan fitur wajib untuk smartphone harga 2 juta ke atas.

Harga Vivo V5Plus

  • Funtouch OS 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow. UI simpel dan sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Fitur Smart Split 2.0 juga tersedia untuk membagi layar membagi dua sehingga kita bisa melakukan multitasking.
  • Fitur konektivitas cukup lengkap termasuk GPS, WiFi 2.4/5 GHz, Hotspot, Bluetooth 4.0, USB 2.0 dengan dukungan USB OTG.

Alternatif di rentang harga Vivo V5Plus tidak main-main, Galaxy A5 2017 dibekali resolusi kamera selfie 16 MP, dan sudah memiliki kemampuan tahan air dan debu. Lalu apa saja kekurangan V5Plus dibanding rivalnya?

Kekurangan dan kelemahan Vivo V5Plus

  • USB yang digunakan masih microUSB 2.0 biasa, belum USB Type-C. Memang belum terlalu mendesak fitur ini, tapi untuk harga yang dibanderol, akan jauh lebih baik jika sudah menggunakan teknologi paling baru.
  • Performa hardware biasa. Memang tidak bisa menyamakan Vivo V5Plus dengan pilihan dari Xiaomi. Tapi rivalnya di kelas ini sangat berat, jika performa yang dimiliki lebih tangguh, akan menambah nilai dari V5Plus.
  • Desain tidak unik. Memang cantik, sangat cantik, enak dipandang, tapi┬ásecara personal, agak membosankan.

Kelebihan-dan-kelemahan-Vivo-V5Plus

  • Tidak tahan air. Memang baru ada Galaxy A 2017 saja di kelas menengah yang sudah mengantongi sertifikasi ini.
  • Tidak mendukung ekspansi kapasitas penyimpanan dengan kartu memory microSD. Kapasitas 64 GB tentunya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan ribuan lagu dan foto. Tapi jika Anda sering merekam video apalagi resolusi 4K, atau menyimpan film di ponsel, maka kekurangan ini bisa sangat signifikan pengaruhnya.

Harga Vivo V5Plus

Dengan fitur-fitur yang diusung, berapa harga Vivo V5Plus saat ini?

Harga resmi V5Plus adalah Rp 5.499.000. Namun beberapa penjual membanderol Vivo V5 Plus dengan harga Rp 5.150.000 saja. Sebagian tetap menjual dengan harga 5.5 juta namun dengan beberapa bonus aksesoris. Pilih yang sesuai kebutuhan Anda.

Kekurangan Vivo V5Plus

Overall, Vivo V5 Plus ini masih sangat menarik untuk dimiliki terutama bagi Anda penggemar foto, khususnya selfie. Fitur dan efek pada kamera depannya bisa menghasilkan foto selfie yang cantik dan berkesan sangat pro jika mengaktifkan efek Bokeh dengan background ngeblur.

Harga Vivo V5Plus memang tidak terlalu murah, apalagi rivalnya pun sangat memikat. Tambah jika Anda melirik ponsel Xiaomi versi distributor, Anda bisa mendapat ponsel flagship yang kualitas kamera selfie-nya sudah sangat mencukupi. Namun V5Plus tetaplah sebuah Vivo, tidak bisa kita samakan dengan Xiaomi. Lebih cocok dihadapkan dengan Samsung Galaxy A5 2017, Oppo F1 Plus, atau pilihan dari Huawei dan LG.

Sebenarnya ada satu lagi kelebihan Vivo V5Plus, namun sangat subyektif, apa itu?
Pevita V5PlusVivo V5Plus ini di-brandambassador-i oleh my lovely Pevita Pierce… Jadi, sebaiknya Anda beli ini saja dibanding rival lainnya, biar Pevita seneng. hahaha.

LEAVE A REPLY