Oppo F5 kini merupakan salah satu smartphone Android yang paling dicari oleh masyarakat, termasuk juga oleh orang Indonesia. Apa yang membuat ponsel Android harga termahal 5 jutaan ini begitu diminati, apa kelebihan Oppo F5 yang membuat banyak orang ingin membeli?

Bicara kelebihan sebuah produk, maka dua aspek yang mempengaruhi adalah spesifikasi dan fitur, serta harga yang dibanderol. Melihat sepak terjang Oppo F5 yang belum lama mendarat di pasar, sepertinya Oppo F5 ini bisa memenuhi kebutuhan dan harapan banyak orang, mari kita ulik kelebihan Oppo F5 lebih mendalam.

LAYAR FULL VIEW KEKINIAN

Trend bezel tipis di ponsel flagship merambah ponsel di kelas menengah dan Oppo F5 pun menjadi salah satu pelopor. Meski tentunya tidak sekeren Galaxy S8 atau Note 8, tetap saja tampilan depan yang didominasi layar, membuat Oppo F5 tampil futuristik. Resolusi layarnya pun cukup baik, 1080 x 2160 berjenis LTPS IPS LCD ukuran 6 inch. Resolusi tsb menggunakan standar ratio 18:9 dan menghasilkan kerapatan layar hingga 402 ppi, cukup baik di kelas harga ini.

Layar Oppo F5 juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih tahan dari goresan.

PERFORMA HARDWARE MEMUASKAN

Sektor ini tentu sangat penting untuk dijadikan pertimbangan. Beruntungnya, Oppo F5 dibekali chipset Mediatek MT6763 P23 yang menggunakan Octa-core 2.5 GHz serta GPU Mali-G71 MP2. Prosesor ini memiliki performa yang sangat memadai di kelasnya, bersaing dengan Snapdragon 625 yang menjadi primadona di kelas menengah.

Sebagai gambaran, pengujian menggunakan benchmark AnTuTu, score Oppo F5 yang didapatkan berkisar di 63 ribuan, not bad. Sedangkan daya yang dibutuhkan prosesor ini juga ternyata tidak terlalu menguras baterai 3200 mAh-nya sehingga daya tahan baterainya termasuk impresif.

Dari pengujian, Oppo F5 bisa bertahan hingga 17,5 jam untuk browsing dan hingga 11,5 jam untuk memutar video. Sepertinya Oppo punya PR untuk optimasi penggunaan daya saat memutar video agar bisa lebih baik seperti halnya optimasi saat browsing internet.

FITUR KAMERA MENGGODA

Untuk sektor ini, jelas tidak bisa diabaikan. Maraknya aplikasi yang memanfaatkan fitur kamera, memaksa kita untuk mencari ponsel paling bagus kualitas kameranya. Oppo adalah salah satu yang paling agresif mengeluarkan ponsel berkamera selfie super dengan resolusi sangat tinggi.

Oppo F5 pun tak luput, menggunakan kamera depan 20 MP f/2.0 yang tentu bisa menghasilkan foto selfie yang beresolusi tinggi dan cemerlang karena aperture yang lebar. Sedangkan di belakang, tersedia kamera 16 MP f/1.8 yang dibekali LED flash dan autofocus.

Kualitas kamera belakang Oppo F5 ini so so, berkualitas namun tidak terlalu spektakuler. Namun kamera depan yang dibekali resolusi tinggi, ternyata memang bisa menghasilkan foto selfie yang menurut kami sangat baik, cukup tajam dan background bisa ngeblur efek dari aperture yang lebar. Jangan lupa, Oppo F5 juga dibekali efek beautify yang semakin disempurnakan berkat AI (Artificial Intelligence) untuk menghasilkan foto selfie yang lebih cantik namun tetap senatural mungkin, dan… kami suka hasil fotonya.

FINGERPRINT dan FACE UNLOCK

Untuk fitur keamanan, Oppo F5 ini pun kekinian banget, selain panel fingerprint yang letaknya cukup mudah diakses, juga dibekali fitur face unlock ala-ala ponsel flagship modern saat ini.

Kelebihan Oppo F5

HARGA OPPO F5 YANG MASIH CUKUP TERJANGKAU

Tidak mudah mendapatkan ponsel android bergaya layar full view dengan harga di bawah 5 juta saat ini. Jadi dengan banderol Oppo F5 yang masih berada di kisaran 4 juta hingga 5 jutaan, ponsel ini cukup layak dimiliki.

Harga Oppo F5 versi RAM 4 GB dengan storage 32 GB dibanderol Rp 3,9 juta saja.

Sedangkan versi lebih tinggi, dengan RAM 6 GB dan storage 64 GB, dibanderol 5,2 juta rupiah. Rumornya akan ada versi lebih rendah dengan harga lebih murah tentunya.

Tak perlu khawatir Anda kekurangan kapasitas penyimpanan karena meskipun ada dua pilihan storage, namun Oppo F5 ini tetap dibekali slot microSD yang bisa menampung hingga 256 GB, nice isn’t it?!

KEKURANGAN OPPO F5

Bicara kelebihan sebuah ponsel, tentu ada juga kelemahan dan kekurangannya. Oppo F5 ini menggunakan material polycarbonate yang sebenarnya cukup baik namun turun dibanding ponsel Oppo sebelumnya di kelas yang sama. Kemudian, Oppo F5 juga belum dibekali USB Type-C serta tidak mendukung VOOC charging untuk pengisian daya yang singkat. Namun dengan charger 2A, kita masih bisa mengisi baterai Oppo F5 dengan waktu tak terlalu lama.

Kekurangan lainnya adalah UI yang terlalu mirip dengan iOS. Mungkin ini baik bagi Anda pecinta produknya Om Steve Jobs, tapi ini membuat Oppo F5 seakan tidak memiliki keunikan. Android yang digunakan sudah versi Nougat 7.1.1 dengan balutan Color OS 3.2

KESIMPULAN

Kelebihan utama Oppo F5 yang tidak dimiliki ponsel-ponsel Oppo sebelumnya dan rival dari merk lain adalah layar bergaya wide view atau full view dengan ratio yang lebih memanjang sehingga tampilan ponsel semakin futuristik. Meskipun soal penggunaan, masih banyak orang yang prefer ratio 16:9 saja. Selebihnya, Oppo F5 dibekali spesifikasi dan fitur-fitur yang memang standar untuk kelas harga 4 dan 5 jutaan rupiah.

Rival yang akan hadir di awal tahun depan dan bisa menjadi godaan kuat adalah Samsung Galaxy A5 2018 yang kabarnya berganti nama menjadi Galaxy A8 2018. Sedangkan rival yang ada saat ini, tentu saja rival abadinya, Vivo dengan V7-nya.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan layar besar namun body ponsel yang masih tergolong standar, bahkan dengan bobot yang cuma 152 gram, serta harga yang masih terjangkau, Oppo F5 ini jelas bisa dijadikan pilihan. Bahkan versi RAM 4 GB-nya pun sudah cukup bisa memuaskan. Selamat berburu…

LEAVE A REPLY