Laptop gaming yang cukup tangguh dan harga masih cukup terjangkau dimulai dari rentang harga 7 jutaan. Laptop di rentang harga ini, biasanya sudah dibekali prosesor kelas menengah. Dan yang tentu sangat penting adalah dedicated graphics card atau kartu VGA mandiri yang bertugas mengolah grafik game berat.

Ada laptop apa saja yang bagus untuk gaming harga 7 jutaan? Panduan Membeli coba sajikan pilihannya.

Untuk pilihan laptop gaming bagus harga mulai 5 jutaan akan kami ulas di halaman khusus. Link akan ditampilkan di sini jika sudah tersedia.

Setelah memilah puluhan laptop specs gaming dan multimedia harga 7 jutaan, PMC simpulkan hanya ada dua yang sangat direkomendasikan. Pilihan lainnya sebenarnya menarik, namun dengan harga setara bahkan lebih murah, pilihan laptop gaming harga 7 jutaan berikut memiliki performa lebih tangguh.

Acer Aspire E5-475G (Core i5-7200U)

Harga laptop gaming ini sangat bervariasi di pasaran. Harga termurahnya mulai 6,9 juta rupiah. Namun jika Anda bisa menemukan unitnya, pilih yang harga 7,1 juta rupiah yang sudah dilengkapi OS Windows 10 dan hard disk 1 TB. Tapi versi tanpa OS pun sudah sangat worth it.

Laptop gaming terbaik harga 7 jutaan

Acer Aspire E5-475G yang kami ulas ini sudah menggunakan prosesor Dual-core dari Intel Core i5-7200U, clockspeed 2.5 GHz hingga 3.1 GHz dengan turbo boost dan memiliki besar cache 3 MB. Dua core yang dimiliki menghandle 4 threads. Prosesor ini memiliki kode nama Kaby Lake dan diproduksi dengan teknologi 14 nm. Kebutuhan dayanya relatif rendah, hanya 15 watt saja maksimalnya.

Tanpa graphics card mandiri, graphics card on-board pada Core i5-7200U ini sudah tergolong tangguh. Adalah HD Graphics 620 yang support memory DDR3/DDR4. Game seperti Titanfall 2, Battlefield 1, FIFA 17, dan Farming Simulator 17 sudah bisa dijalankan dengan lancar oleh HD Graphics 620 ini meski harus menggunakan setting resolusi paling rendah hingga menengah.

Laptop gaming terbaik dari acer harga 7 jutaan

Lebih tangguh lagi, tersedia graphics card mandiri NVIDIA GeForce 940MX 2GB yang tergolong graphics kelas menengah untuk laptop. Hanya game-game yang sangat berat saja yang masih nge-lag dengan GPU tsb, lainnya, bisa lancar digunakan di berbagai setting resolusi, beberapa game hanya bisa resolusi rendah. Game sekelas Call of Duty Infinite Warfare bisa dijalankan hingga resolusi medium.

Spesifikasi dan fitur lainnya terbilang standar; RAM 4 GB (lebih mantap untuk gaming dengan upgrade), layar 14 inch 1366 x 768 px, 500 GB/1 TB HDD, WiFi, Bluetooth v4.0, USB port 3.0 x 2, USB 2.0, HDMI port, VGA port, Card Reader, serta Webcam.

Asus A456UR (Core i5-7200U)

Laptop ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Kode tipe beda-beda, biasanya tergantung pilihan warnanya. Yang penting, gunakan referensi spesifikasinya.

Harga Asus A456UR di pasaran mulai dari Rp 7 juta rupiah versi tanpa Windows atau DOS, dan 500 ribu lebih mahal untuk dapat versi yang sudah dibekali Windows 10. Kami rekomendasikan versi yang sudah dengan OS karena value-nya lebih baik.

laptop gaming 7 jutaan dari asus

Asus A456UR versi yang kami ulas menggunakan prosesor yang sama dengan laptop dari Acer di atas yakni Core i5-7200U. Jangan heran jika di pasaran Anda menemukan yang Core i5-6200U. Cari dan pilih yang sesuai keinginan. Spesifikasinya identik dengan milik Acer di atas, silahkan baca kembali di atas. Termasuk graphics on-board HD Graphics 620 pun memiliki performa yang identik.

Yang berbeda, Asus A456UR ini masih menggunakan NVIDIA GeForce 930MX. Perbedaan dengan 940MX sebenarnya tidak banyak namun cukup berasa. Performanya sekitar 10% lebih rendah dari 940MX karena perbedaan clockspeed.

Sebagai perbandingan, game Call of Duty Infinite Warfare bisa dijalankan dengan kecepatan 28 fps, sedangkan di 940MX, bisa mencapai 37 fps dengan Core i5-7200U.

Kekurangan tsb bisa diatasi salah satunya dengan penambahan memory RAM, bisa juga upgrade ke SSD. Namun untuk banyak game lain, GeForce 930MX ini masih tergolong tangguh meski terbatas.

laptop terbaik untuk gaming 7 jutaan

Spesifikasi lain laptop ini relatif standar seperti rivalnya; mulai layar 14 inch 1366 x 768 px, HDD 1 TB, RAM 4 GB, serta fitur standar lainnya seperti Bluetooth, WiFi, dan webcam.

*Spesifikasi di atas dapat berubah sewaktu-waktu, biasanya mengikuti persaingan dan keluarnya generasi prosesor dan graphics card terbaru.

Untuk performa yang lebih baik, Acer Aspire E5-475G dengan GeForce 940MX bisa Anda pilih. Namun jika Anda lebih suka laptop merk Asus, maka A456UR juga masih sangat layak Anda pertimbangkan. Yang perlu Anda lakukan, adalah mencari info lebih banyak tentang game yang akan Anda mainkan, seperti apa requirement-nya, dan apakah prosesor serta graphics card dua laptop di atas sudah bisa memainkan tanpa lag atau tidak. Semoga berguna.

SHARE

LEAVE A REPLY