Lenovo Ideapad 320S-14IKBR, Laptop Mewah Harga Murah

0
5414

Saat sedang berselancar di promo Online Revolution atau Harbolnas, kami menemukan satu laptop yang menurut kami sangat keren dan harganya pun cukup terjangkau. Karena itu, di kesempatan ini, kami ingin membahas spesifikasi Lenovo Ideapad 320S-14IKBR serta kelebihan dan kekurangannya.

Seperti kami sebut di judul, Lenovo Ideapad 320S-14IKBR tergolong laptop yang cukup mewah dengan case finishing aluminium, serta bobot yang lebih ringan dari kebanyakan laptop sekelasnya, dan ternyata komponen hardware-nya pun cukup tangguh untuk komputasi kelas lebih berat bahkan untuk gaming karena Lenovo Ideapad 320S-14IKBR dibekali graphics card mandiri meskipun tipe-nya masih kelas pemula.

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR saat ini dijual eksklusif di Lazada, setelah kami cek pun, belum tampak ada toko lain yang menjual laptop tipe ini karena memang tergolong baru, menggunakan prosesor Intel Core generasi 8.

Harga Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Mengintip banderol di sana, Harga Lenovo Ideapad 320S-14IKBR berkisar di angka 6 jutaan bahkan hampir 7 jutaan, tepatnya saat artikel ini ditulis, Rp 6.899.000. Tertera juga banderol harga yang dicoret yakni Rp 7.899.000. Jika memang benar, maka diskon harga Lenovo Ideapad 320S-14IKBR ini mencapai 1 juta rupiah. Mari kita ungkap spesifikasinya.

Spesifikasi Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Spesifikasi Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Di sumber harga tsb, tertera spesifikasi utama laptop ini sbb;

  • Processor : Intel Core i5-8250U
  • RAM : 4GB
  • Kapasitas Penyimpanan : 1TB
  • Graphics Card : Nvidia GT920MX
  • Sistem Operasi : Windows 10

Dilihat sekilas, laptop ini sudah sangat menarik untuk dimiliki berkat prosesor Core i5 gen terbaru. Core i5-8250U juga merupakan prosesor Core i5 yang tergolong kelas atas, memiliki 4-core, 6MB cache, dan speed hingga 3.4 GHz. Sangat capable untuk menjalankan berbagai software, kita bahas nanti.

Kemudian RAM 4 GB juga sudah mencukupi, kapasitas hard disk 1TB, sangat lega untuk menyimpan ratusan film dan ribuan lagu atau file lainnya, lalu graphics card GT920MX yang capable untuk running games modern tahun-tahun sebelum 2016, dan OS Windows 10 yang sudah termasuk dalam bundle. Sekilas bisa kami bilang, laptop ini worth the money!

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR Harga

HARDWARE Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Mari bicara spesifikasi hardware laptop ini secara lebih lengkap, termasuk kelebihan pada daya tahan baterai yang berhasil memukau kami.

LAYAR: Layar laptop ini berukuran 14 inch, resolusinya standar 1366 x 768 piksel. Tampilannya tentu standar juga di kelasnya. Namun satu kelebihan di sektor layar, adalah bezel samping yang menurut kami lebih tipis dari rata-rata notebook di kelasnya. membuat tampilan lebih modern, dan tentu saja dimensi lebih compact.

PROSESOR: Komponen inti dari laptop seperti dikatakan sebelumnya, merupakan penerus Core i5-7200U. Namun meskipun penerus, Core i5-8250U yang digunakan di laptop ini, kini memiliki Quad-core atau 4 inti dengan 8 threads, menjalankan multitasking tentunya semakin lancar. Performanya meningkat signifikan, sekitar 40% dibanding gen sebelumnya. Besar Cache hingga 6M pun sangat besar di kelas Core i5 di kelasnya yang biasanya hanya 3M saja.

Core i5-8250U diproduksi dengan teknologi 14nm, keiritan dayanya cukup baik, dan ini berimbas pada daya tahan baterai laptop ini yang juga tergolong baik. Speed prosesor akan menyesuaikan sesuai kebutuhan, mulai 1.6 GHz, hingga bisa mencapai 3.4 GHz sehinga menjalankan berbagai program bisa lebih leluasa. Prosesor ini bukan tipe tertinggi dari jajaran Core-i5, tapi pantaslah kita masukkan dalam jajaran kelas atas berkat quad-core nya.

Kelebihan Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

GRAPHICS CARD: Laptop ini tentu memiliki dua graphics card, satu on board pada prosesornya, satu lagi mandiri yang memiliki performa lebih tangguh.

Graphics yang on board adalah Intel UHD Graphics 620. Graphics ini sudah sangat tangguh sebenarnya, bahkan bisa mendekati performa Nvidia GeForce 920 standar. Menjalankan multimedia bukan masalah untuk graphics ini. Bahkan menjalankan games modern pun banyak yang capable meskipun lebih asyik kalau kita memanfaatkan graphics mandiri-nya.

Untuk mendukung aktivitas yang lebih berat, misalnya video editing, rendering, dan tentu saja gaming, laptop ini dilengkapi nVidia GeForce 920MX yang memiliki performa di atas GeForce tipe 920 namun di bawah 930. Banyak games modern yang bisa dijalankan dengan lancar, namun untuk games yang sangat berat, graphics card ini akan menemui keterbatasannya.

Lenovo Ideapad 320S-14IKBR Spesifikasi

MEMORY DAN HDD: Versi yang dijual dengan harga tsb di atas menggunakan RAM 4 GB DDR4 yang sebenarnya sudah sangat mencukupi untuk berbagai aktivitas computing. Kami belum yakin apakah RAM ini bisa diupgrade dengan mudah atau tidak, misalnya jika Anda ingin upgrade untuk gaming.

Lalu kapasitas hard disk yang 1TB atau sekitar 1000 GB, tentu sangat mencukupi untuk kebutuhan harian kita. Menyimpan puluhan ribu foto, musik, bahkan film. Jenis HDD yang digunakan adalah HDD biasa dengan kecepatan standar. Tentu ada tipe lain yang lebih baik, namun harganya juga akan lebih tinggi.

BATERAI: Lenovo Ideapad 320S-14IKBR ini memiliki baterai yang sanggup bertahan untuk menjalankan laptop hingga 12 jam untuk tipe layar 14 inch ini. Dan melihat banyak laptop kelas menengah-bawah yang bisa mencapai angka ini, kami bisa mempercayai klaim ini. Namun kami tidak bisa 100% pastikan bahwa tipe yang dijual ini memiliki daya tahan baterai serupa, tapi kami yakin meski lebih rendah namun pasti masih tergolong sangat baik.

HARMAN SPEAKER: Disebutkan juga bahwa laptop ini menggunakan speaker dari Harman dan dilengkapi Dolby Audio. Fitur ini akan memanjakan kita berkat output audio speaker bawaan yang lebih baik dari rata-rata laptop lain di kelasnya. Untuk menikmati musik, film, atau hiburan lainnya akan semakin menyenangkan.

Kekurangan Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

SLOT/ PORT: Lenovo Ideapad 320S-14IKBR tergolong sangat lengkap memberikan slot dan interface-nya. Disebutkan ada port USB Type-C 1 buah, ada USB 3.0, USB 2.0, slot card reader 4-in-1, HDMI, dan Audio jack.

FITUR LAINNYA: Selayaknya sebuah laptop, fitur kamera tentunya sudah ada, begitu juga dengan WiFi serta Bluetooth.

WINDOWS 10: Yes, dengan harga 7 jutaan, laptop yang dibekali spesifikasi hardware menarik ini sudah dibekali juga dengan OS standar Windows 10 yang disebutkan sudah mendukung Cortana atau asisten digital-nya Microsoft.

BUILD Quality: Desain Lenovo Ideapad 320S-14IKBR ini sangat cantik, modern, minimalis, setara dengan laptop-laptop yang berharga lebih mahal. Finishing dan cover berbahan metal pun membuat tampilannya semakin modern dan tangguh. Tentu saja build quality-nya pun sangat baik.

Harga Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Namun satu hal menarik, bobot laptop ini tergolong ringan di kelas 14 inch, yakni hanya 1.7 Kg saja. Tidak seringan Macbook Pro, atau laptop mahal lainnya, tapi dengan harga hanya 7 juta dan masih kembalian 100 ribu, bobot tsb tergolong ringan. Laptop ini memiliki dimensi 32.7 x 23.6 dengan ketebalan 1.9 Cm.

Apalagi desain engsel laptop ini juga bisa dibuka hingga 180 derajat seperti tipe bisnis mereka ThinkPad series. Ini akan sangat nyaman saat laptop digunakan di lantai atau di kasur sambil menikmati hiburan. Kami sangat suka desain engsel 180 derajat.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Hampir semua hal yang kami katakan di atas adalah kelebihan laptop ini. Mulai dari hardware tangguh, material finishing berkualitas, bobot ringan, bahkan sudah dibekali Windows OS. Namun tentu setiap produk memiliki kelemahan dan kekurangan.

Kelemahan Lenovo Ideapad 320S-14IKBR

Kekurangan dan kelemahan Lenovo Ideapad 320S-14IKBR ini tergolong minim. Satu yang perlu Anda tau adalah bahwa laptop ini tidak dibekali Optical Drive atau pemutar DVD/CD. Jadi bagi Anda yang suka memutar kepingan DVD/CD, akan memerlukan Optical drive eksternal. Ini kekurangan tapi berefek pada kelebihan karena laptop menjadi lebih slim dan ringan.

Lalu kekurangan lainnya adalah resolusi Webcam yang hanya 0.3 MP atau VGA. Kami sangat berharap fitur ini bisa lebih baik menimbang fitur lainnya sudah sangat memuaskan, ya setidaknya HD 720p sudah sangat mencukupi.

Itu dia dua kekurangan paling signifikan yang perlu Anda tau dari laptop ini, selebihnya, Lenovo Ideapad 320S-14IKBR sangat worth the money, layak untuk dibeli dan dimiliki. Belum banyak pilihan lainnya di kelas harga 7 jutaan yang memiliki spesifikasi setara Lenovo Ideapad 320S-14IKBR.

LEAVE A REPLY