Sebelumnya, jika Anda mencari smartphone global dengan spesifikasi tangguh namun harga terjangkau, maka jawabannya adalah Xiaomi dan Lenovo. Saat ini Anda memiliki pilihan lain yang sangat menggoda. Pilihan tsb datang dari merk asal China seperti halnya Xiaomi dan Lenovo.

Nama Meizu mungkin belum begitu populer di Indonesia, namun di luar, beberapa tahun terakhir Meizu sudah sangat populer sebagai vendor smartphone murah berspek tinggi. Setidaknya ada dua seri dari Meizu yang tersedia di pasaran saat ini yaitu seri m dan seri MX. Di Indonesia, yang banyak tersedia saat ini secara resmi adalah seri m dengan tipenya, m2 note. Bagaimana spesifikasi, kelebihan, dan harga Meizu m2 note, simak ulasannya berikut ini.

Meizu m2 note yang merupakan penerus m1 note hadir untuk kaula muda berkat pilihan warna dan desain yang cathy. Tak sulit untuk menyukai desain unibody Meizu m2 note bahkan bisa dikatakan merupakan desain terbaik di kancah smartphone terjangkau.

Meizu m2 note dibandrol dengan harga normal 2,5 jutaan rupiah. Bersyukurlah karena toko online besar di Indonesia memberikan potongan harga sehingga harga Meizu m2 note menjadi hanya Rp 1.999.000 saja. Spesifikasi apa yang bisa didapatkan dari smartphone berharga 2 juta rupiah ini?

Ternyata, Meizu m2 note dibekali spesifikasi yang sangat berkelas dan terbilang tinggi untuk kelas smartphone harga 2 juta. Lihat saja layar 5.5 inci yang sudah menggunakan resolusi Full HD 1080p. Di dalam, spesifikasi prosesor, GPU, dan RAM-nya sudah masuk kelas menengah. Ditambah fitur-fitur kamera berkualitas, baterai besar, dan fitur lengkap lainnya, membuat Meizu m2 note sangat menggoda untuk dimiliki.

Harga Meizu m2 note dan Spesifikasi

Layar & Body Meizu m2 note

Smartphone yang baru diluncurkan 2 bulan lalu ini menggunakan layar touchscreen dengan panel teknologi IGZO oleh Sharp yang diklaim memiliki performa baik berbanding kebutuhan daya yang rendah. Kecerahan layar hingga 450 nits memberikan kenyamanan saat harus digunakan di luar ruangan. Resolusi Full HD tentunya menyajikan tampilan yang tajam, kerapatan pikselnya menyentuh kisaran 403 ppi.

Control dan Penempatan tombol meizu m2 noteDengan ukuran layar besar tsb, Meizu m2 note memiliki dimensi 150.9 x 75.2 mm dengan ketebalan 8.7 mm sehingga membuatnya tampak slim. Bobot yang hanya 149 tergolong standar bahkan ringan di kelasnya. Finishing matte di cover belakang membuatnya tampak lebih berkelas dan memberikan grip yang lebih baik dibanding finishing glossy di gen sebelumnya.

Meizu m2 note menggunakan Flyme OS yang dibangun dari Android Lollipop 5.1. Dengan UI yang lebih simpel namun kaya fitur, pengguna mungkin harus membiasakan diri terlebih dulu jika sebelumnya terbiasa dengan UI Android biasa. Fitur tambahan seperti gesture pun tersedia untuk kemudahan. Satu hal yang cukup menarik dari Flyme adalah fitur security dan apps permission.

Hardware Meizu m2 note

Meizu m2 note dibekali prosesor Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53 dari Mediatek MT6753. Memory standar yang sudah 2 GB memberikan garansi performa yang sangat baik untuk aktivitas sehari-hari. Ditambah GPU Mali-720MP3, tampilan grafis dan game 3D akan dijalankan oleh Meizu m2 note dengan baik meski di bawah beberapa rival sekelasnya.

meizu m2 note Back

Dengan spesifikasi tsb, hasil pengujian AnTuTu Meizu m2 note berkisar di angka 32 ribu, setara dengan rival lain yang menggunakan CPU sejenis.

Tak perlu khawatir soal kapasitas penyimpanan karena Meizu m2 note dibekali internal storage 16 GB untuk versi terendah dan bisa menampung microSD card untuk menambah kapasitas penyimpanan. Meskipun harus menggunakan slot yang sama untuk kartu SIM 2, namun hal ini masih sangat membantu dibanding tidak sama sekali.

Di sektor jaringan dan konektivitas, Meizu m2 note dibekali fitur-fitur yang cukup lengkap. Berjalan di jaringan GSM, Meizu m2 note sudah mendukung 3G HSDPA dan 4G LTE untuk akses internet super cepat. Fitur-fitur konektivitas yang tersedia antara lain WiFi dual band, WiFi direct, hotspot, Bluetooth v4.o, GPS, microUSB, dan USB Host yang juga bisa digunakan sebagai USB OTG untuk membuka flash disk.

Penopang daya spesifikasi Meizu m2 note di atas dipercayakan pada baterai non-removable berkapasitas 3100 mAh. Berdasarkan pengujian, baterai ini dapat menjalankan Meizu m2 note untuk 3G Talktime hingga 21 jam, hampir 10 jam untuk browsing web, dan 6.5 jam untuk memutar video, not bad.

Kamera Meizu m2 note

Di kelas 2 jutaan, Meizu m2 note adalah satu dari pilihan terbaik untuk fitur kameranya. Menggunakan sensor 13 MP dari Samsung, Meizu m2 note dapat menangkap gambar dengan sangat baik di kelasnya (berdasarkan hasil pengujian). Kamera depan 5 MP pun sudah lebih dari cukup untuk mengambil foto selfie dengan kualitas sangat baik.

Di kamera utama, pelengkap dual-tone LED flash tersedia untuk membantu mendapatkan gambar di kondisi kurang cahaya. Fitur pelengkap lainnya antara lain autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama.

Kelebihan dan Kelemahan Meizu m2 note

Kelebihan Meizu m2 note: 

  • Desain menarik, finishing matte, build quality yang baik
  • Kamera berkualitas
  • Performa cukup tangguh
  • Daya tahan baterai baik
  • 4G LTE, Dual SIM
  • Dukungan microSD Card
  • Flyme OS simpel dan cepat namun memiliki fitur lengkap

Kelemahan dan kekurangan Meizu m2 note: 

  • Kontras dan brightness layar tidak sebaik gen sebelumnya
  • Performa prosesor turun dibanding gen sebelumnya
  • MicroSD card menggunakan slot kartu SIM
  • Tidak dibekali Radio FM (it’s 2015, all about internet bro!)
  • Service center masih terbatas

Rival: pesaing terdekat Meizu m2 note adalah dari Xiaomi dengan Redmi Note 2 yang baru diluncurkan dan Lenovo A7000 yang memiliki spesifikasi setara. Keduanya juga dibandrol dengan harga yang menggoda. Nantikan ulasan perbandingan Meizu m2 note vs rivals hanya di PMC.

LEAVE A REPLY