Apakah saat ini Anda masih menggunakan handphone basic tanpa OS Android? Atau, mungkin Anda sedang mencari HP Android untuk sekedar menjadi secondary. Bisa juga untuk Anda yang sedang mencari HP layar sentuh yang berharga terjangkau. Apapun itu, PMC kali ini ingin mengulas beberapa pilihan HP Android termurah di tahun 2015 ini yang paling layak untuk dipertimbangkan dan merupakan pilihan terbaik di pasaran.

Sebagai informasi, saat ini HP Android di pasaran tersedia dari mulai harga ratusan ribu rupiah, hingga yang termahal sedikit di atas 10 juta. Banyak faktor yang mempengaruhi harga, mulai dari spesifikasi, fitur, hingga material pembungkus HP Android tsb atau yang saat ini lebih sering disebut smartphone.

Jika Anda hanya membutuhkan smartphone untuk kebutuhan basic seperti calling, SMS, chatting, browsing ringan, membuka email, mendengarkan musik, dsb, percayalah, HP Android harga termurah pun bisa memenuhi semua kebutuhan tsb. Namun kali ini PMC tidak akan membahas HP Android termurah yang berharga di bawah 500 ribu karena mempertimbangkan spesifikasi dan fitur yang terlalu rendah. PMC hanya akan mengulas beberapa HP Android murah yang sangat layak untuk dipertimbangkan. Oke, kita mulai, berikut pilihan terbaik smartphone Android termurah di tahun 2015. Semua pilihan di bawah harga 1 juta rupiah.

Smartfren Andromax C3S/C3Si

Smartfren-Andromax-C3S---Android-paling-murah-berkualitas

Harga: Rp 599.000,-

Smartfren memiliki banyak tipe smartphone Android yang hampir semuanya dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding rival dari merk lain. Namun penting untuk diketahui bahwa koneksi broadband 3G (EVDO) hanya bisa dimungkinkan menggunakan kartu smartfren, sedangkan kartu GSM hanya berjalan di jaringan 2G. Karena itu, pilihan pertama ini menurut PMC hanya cocok untuk Anda yang tinggal di daerah yang mendapat coverage Smartfren.

Dengan bandrol harga 500 ribuan, smartphone ini sebenarnya sudah sangat lengkap fiturnya, bahkan komponen utamanya juga memiliki performa yang sangat baik. Berikut spesifikasi HP Android murah ini; 4.0 Inch Touchscreen WVGA (480×800 pixels), Android KitKat, CDMA/GSM Dual On, EVDO, Qualcomm Snapdragon Dual-core 1.2 GHz Cortex A7, Adreno 302, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, 5 MP Primary Camera with LED Flash, 3 MP Front Camera with LED Flash, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, Radio FM, 1400/1500 mAh Battery.

LG L20

LG-L20--Android-paling-murah-berkualitas

Harga: Rp 625.000,-

Smartphone Android paling murah dari LG ini dibekali spesifikasi yang cukup baik di kelasnya. Prosesor dual-core, RAM 512MB, dan fitur lain yang cukup lengkap menjadi alasan Anda memilih L20 ini. Layarnya memang paling kecil dibanding pilihan lainnya, kameranya juga hanya ada di bagian belakang, namun secara keseluruhan, smartphone ini cukup layak anda pertimbangkan.

Spesifikasi: 3.0 Inch Touchscreen, Android KitKat, HSDPA, Dual-core 1 GHz CPU, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, 2 MP Primary Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, 1540 mAh Battery.

Samsung Galaxy Young 2

Samsung-Galaxy-Young-2---HP-Android-murah-berkualitas

Harga: Rp 750.000,-

PMC tak bosan untuk memasukkan Galaxy Young 2 ke daftar smartphone yang layak Anda pertimbangkan. Dengan harga 700 ribuan, smartphone ini memang tidak dibekali spesifikasi yang meledak-ledak, namun kebutuhan dasar di smartphone sudah terpenuhi di Galaxy Young 2. Catatan untuk Anda yang suka selfie, kamera yang tersedia hanya di bagian belakang. Alasan utama untuk memilih HP Android Samsung termurah ini adalah durabilitas atau ketahanan body yang sangat baik.

Spesifikasi Galaxy Young 2: 3.5 Inch Touchscreen, Android KitKat, Dual SIM GSM, HSDPA, 1 GHz CPU, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, 3,15 MP Primary Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, Radio FM, 1300 mAh Battery.

Acer Liquid Z220

HP-Android-Termurah-2015-Terbaik-Acer-Liquid-Z220

Harga: Rp 850.000,-

Smartphone ini memiliki harga normal 1 jutaan, karena itu, carilah toko yang menjual dengan harga diskon sehingga anda hanya perlu mengeluarkan uang kisaran 800 ribuan. Jika dibandingkan Galaxy Young 2, Liquid Z220 ini dibekali fitur dan spesifikasi yang jauh lebih lengkap. Beruntung juga karena OS yang digunakan sudah Android Lollipop yang membuatnya menjadi smartphone Android Lollipop termurah saat ini.

Spesifikasi Acer Liquid Z220: 4.0 Inch Touchscreen, Android Lollipop, Dual SIM GSM, HSDPA, Qualcomm Snapdragon Dual-core 1.2 GHz Cortex A7, Adreno 302, 1 GB RAM, 8 GB Internal Storage, 5 MP Primary Camera with LED Flash, 2 MP Front Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, 1300 mAh Battery.

TREQ Tune Z3

Treq-Tune-Z3-HP-Android-Termurah-2015

Harga: Rp 815.000,-

Melihat spesifikasi yang diusung Tune Z3 ini, fitur yang menjadi unggulan nampaknya ada pada fitur kamera yang resolusinya 8 MP. Spesifkasi dan fitur lainnya relatif standar seperti rivalnya.

Spesifikasi4.5 Inch Touchscreen, Android KitKat, HSDPA, Dual-core 1.0 GHz Cortex A7, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, 8 MP Primary Camera with LED Flash, 0.3 MP Front Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, Radio FM, 1600 mAh Battery.

Mito Impact A10

Mito-Impact-A10-HP-Android-Murah-Terbaik

Harga: Rp 899.000,- (Hingga 1,2 jt)

Smartphone ini adalah salah satu produk hasil dari project AndroidOne yang juga diprakarsai oleh Google. Dengan jaminan update OS yang mengikuti update global OS Android, dan spesifikasi yang mengikuti standar global project AndroidOne, smartphone ini sangat layak untuk dilirik. OS standarnya sudah versi Lollipop seperti halnya Liquid Z220. Kelebihan smartphone ini dibanding rival lainnya adalah performa hardware yang terbaik serta fitur-fitur pelengkap yang cukup berkelas. Mudahnya, smartphone ini adalah salah satu HP Android murah terbaik.

Spesifikasi4.5 Inch Touchscreen, Android Lollipop, Dual SIM, HSDPA, MediaTek Quad-core 1.3 GHz Cortex A7, Mali 400MP2, 1 GB RAM, 8 GB Internal Storage, 5 MP Primary Camera with LED Flash, 2 MP Front Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, 1700 mAh Battery.

Advan Vandroid S4A+ 

ADVAN-Vandroid-S4A+-Android-Quadcore-murah

Harga: Rp 899.000,-

Smartphone Android Quad-core murah ini juga menggunakan prosesor yang setara dengan Mito Impact namun dengan RAM lebih kecil. Spesifikasi dan fitur lainnya relatif mirip meski harus diakui secara keseluruhan masih di bawah Mito Impact.

Spesifikasi: 4.0 Inch Touchscreen, Android KitKat, Dual SIM, HSDPA, Quad-core 1.2 GHz Cortex A7, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, 5 MP Primary Camera with LED Flash, 2 MP Front Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, Radio FM, 1300 mAh Battery.

Smartfren Andromax G2

Smartfren-Andromax-G2-HP-Android-Quad-core-Termurah

Harga: Rp 899.000,-

Pilihan lain dari Smartfren adalah Andromax G2 yang dibekali prosesor Quad-core Snapdragon dan fitur yang cukup lengkap. RAM 512 MB tentunya lebih rendah dibanding Mito Impact, begitu juga dengan beberapa spesifikasi lainnya. Koneksi internet broadband yang hanya bisa menggunakan kartu Smartfren membuat Anda yang berencana menggunakan provider ini saja yang PMC cocok untuk memilih HP Android harga 900 ribuan ini.

Spesifikasi: 4.3 Inch, Android Jelly Bean, Dual SIM CDMA/GSM, EVDO, Snapdragon Quad-core 1.2 GHz Cortex A7, Adreno 302, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, 5 MP Primary Camera with LED Flash, 1.3 MP Front Camera, microSD Slot, WiFi, Bluetooth, microUSB, Radio FM, 1750 mAh Battery.

 

Itulah 8 pilihan smartphone atau HP Android termurah dan terbaik di tahun 2015 akhir. Pilihan terbaik sepertinya lebih kembali pada budget yang Anda miliki. Soal spesifikasi dan fitur, nampaknya Mito Impact memang pantas untuk menempati urutan nomor satu diikuti Liquid Z220, Advan S4A+, dan Andromax G2. Untuk durabilitas, PMC masih percaya pada Galaxy Young 2 sebagai yang terbaik disusul oleh LG L20.

Untuk Anda yang memiliki budget maksimal 600 ribu, Smartfren Andromax C3S layak Anda pertimbangkan, atau jika anda tidak berencana menggunakan provider ini, LG L20 pun layak untuk dipilih meski layarnya mungkin akan terasa kecil bagi sebagian orang. Semoga bermanfaat dan selamat berburu.

LEAVE A REPLY