Memilih Power Bank terkadang cukup membuat kita bingung. Hal ini karena banyak sekali pilihan di pasaran dengan berbagai merk dan kualitas. Ada yang bermerk terkenal, eh ternyata palsu. Atau merk yang kita kira kredibel, ternyata ada perbedaan huruf alias hanya mirip. Yang sering terjadi, itu tadi, merk tak dikenal, atau palsu dan KW. Barang KW itu sebisa mungkin harus kita hindari, lebih baik membeli yang murah namun asli.

Misalnya sepatu, mending beli Eagle atau League yang original dan masih terjangkau, dibanding merk Reebok atau Adidas tapi ternyata palsu, abal-abal, atau barang KW.

Power Bank pun begitu, meski merknya tertulis Samsung, tapi ternyata palsu, maka kemampuan charge-nya sangat lemah, jauh di bawah kapasitas yang dijanjikan.

Nah, di sini PMC coba sajikan beberapa tips membeli power bank dan pilihan power bank yang recommended.

Tips membeli power bank antara lain;

  • Cari tempat yang terjamin untuk membeli. Misalnya beli online, Bhinneka, Jaknot, atau yang sejenisnya, biasanya lebih sesuai antara barang yang dijual dengan keterangan di halaman web. Misalnya anda memutuskan untuk mencari di Bukalapak, Lazada, atau Tokopedia, maka perhatikan reputasi toko penjual masing-masing.
  • Sebaiknya pilih power bank yang sudah memiliki review cukup banyak dan rata-rata penggunanya puas.
  • Cari referensi di website resmi merk yang akan kita beli. Misalnya Samsung, cek apakah benar Samsung mengeluarkan power bank jenis tertentu. Atau Xiaomi, Asus, OnePlus, Vivan, dsb.
  • Perhatikan juga harganya, jika terlalu murah, ada kemungkinan bahwa produk tsb bukan asli, atau asli tapi kurang berkualitas cell baterainya.

Pilihan Power Bank Bagus

Berikut contoh pilihan Power Bank yang terbukti memuaskan penggunanya. Harga Power Bank sangat bervariasi di pasaran, karena itu, PMC hanya akan menampilkan rentang harga.

power-bank-bagus-xiaomi

Xiaomi Power Bank 20.000 mAh/ 10.000 mAh: Rp 150 – 250 ribu (10K mAh), Rp 350 – 400 ribu (20K mAh)

power-bank-berkualitas

Anda bisa memilih yang versi 10.000 mAh dengan harga rata-rata 200 ribu, atau yang lebih besar dengan kapasitas 20.000 mAh harga mulai 350 ribuan. Power bank Xiaomi adalah salah satu yang terlaris di pasaran. Harganya sangat bervariasi dikarenakan sistem distribusi yang tidak sama.

TP-LINK Power Bank 10.400 mAh: Rp 250 ribuan

power-bank-pilihan-bagus

Power Bank ini sempat menjadi wishlist saya pribadi. Alasan membeli power bank ini adalah merk yang kredibel serta review pengguna yang rata-rata puas akan power bank ini.

Asus ZenPower Power Bank 10.050 mAh: 260 – 290 ribu

power-bank-asus

Dibandingkan dengan merk Xiaomi, harganya mungkin terasa mahal, namun tentunya power bank ini lebih terpercaya berkat nama besar Asus.

Hame X3 Power Bank 20.000 mAh: 250 ribuan

hame-x3-power-bank-besar-harga-murah

Hame bukan pemain kemarin. Merk ini sudah lama bermain di ceruk device mobile. Dibandingkan pilihan lainnya, Hame X3 ini adalah yang paling murah berdasarkan harga banding kapasitasnya. Jika ternyata kualitasnya di bawah merk lainnya, mungkin kita harus sedikit maklum.

VIVAN Power Bank M11 – 11.000 mAh: 280 – 300 ribu

power-bank-vivan

Karena merk-nya terasa Indonesia banget, mungkin harga power bank VIVAN akan terlihat mahal, namun power bank merk ini sudah terbukti bagus. Dibanding milik Asus misalnya, harganya masih setara.

5 + 1 pilihan power bank di atas hanyalah sedikit dari banyaknya pilihan di pasaran. Apalagi jika Anda beli di counter-counter HP atau toko perlengkapan handphone, mungkin akan muncul merk yang sama sekali belum pernah Anda dengar.

Di toko-toko besar pun terlalu banyak merk power bank yang belum kita tau. Jika Anda suka mencoba-coba dan tidak khawatir akan resiko, Anda tidak perlu melakukan tips-tips membeli power bank yang kami sampaikan di atas. Namun untuk yang ingin cari aman, mungkin lebih asik kalau kita ngikut mereka yang sudah merasa puas akan power bank yang mereka beli kali ya…

LEAVE A REPLY