Pilihan Terbaik, Ini Dia 5 Rekomendasi Drone untuk Pemetaan

0
8

Drone saat ini tengah menjadi alat yang populer dan digemari banyak kalangan. Bukan hanya bagi mereka yang bergelut dalam bidang videografi dan fotografi, drone juga jadi favorit bagi mereka yang sekadar iseng ingin memainkan drone untuk berswafoto. Salah satu drone paling populer saat ini DJI SparkDJI Spark harga bisa kamu lihat di laman BukaLapak—yang merupakan jenis drone mini dengan harga ekonomis.

Memang, drone yang satu ini sangat cocok bagi siapa saja, termasuk pemula. Namun, kalau sudah bicara soal pemetaan, tentu drone yang digunakan harus memiliki spesifikasi khusus. Bagi kamu yang sedang bingung mencari drone untuk pemetaan, coba cek dulu 5 rekomendasi berikut ini, yuk!

1. 3DR X8-M

Mapping Drone 3DR X8-M

Ini dia drone dengan kemampuan luar biasa yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 72 juta. Selain mampu mengambil data live streaming, drone 3DR X8-M juga dilengkapi dengan software pengolah gambar saat penerbangan yang bisa diatur dan dikendalikan menggunakan sistem autopilot. Hebat, bukan? Selain itu, drone yang cocok untuk pembuatan visual spektrum peta udara ini juga ditenagai dengan baterai berkapasitas 10.000 mAh sehingga ia mampu terbang sejauh 1 km dan selama 14 menit non-stop.

2. Aibotix X6 V2

Mapping Drone Aibotix X6 V2

Dibuat dari material berupa carbon fiber reinforced plastic, drone yang satu ini diklaim sangat kuat dan ringan serta tahan dari kerusakan akibat benturan. Drone ini dilengkapi dengan 6 baling-baling yang membuatnya mampu naik dengan kecepatan mencapai 18 MPH. Tak hanya itu, drone yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 420 juta ini juga bisa beroperasi pada suhu minus 20 derajat hingga 40 derajat Celsius. Tidak heran, drone ini memang dikembangkan untuk kepentingan pengkajian rawan bencana, survei pemetaan, militer, kartografi, serta informasi sistem geografi.

3. DJI Phantom 2 Vision Plus

Mapping Drone DJI Phantom 2 Vision Plus

Drone yang dijual dengan harga sekitar Rp 10 juta ini diklaim memiliki kualitas yang tak kalah dari drone dengan harga lebih tinggi. Selain memiliki berat sebesar 1 kg, DJI Panthom 2 Vision Plus juga ditenagai dengan baterai berkapasitas 5200 mAh yang membuatnya mampu terbang selama 25 menit tanpa berhenti.

Menariknya, drone ini dilengkapi dengan fitur fly zone. Fitur tersebut berfungsi untuk meningkatkan keselamatan saat penerbangan dengan cara mencegah drone terbang ke area terlarang. Tak hanya itu, drone ini juga dapat merekam video dengan kualitas hingga 1080p. Bahkan, hasil foto dari drone ini bisa diolah menggunakan software tertentu sehingga akan dihasilkan gambar citra beresolusi tinggi.

4. Drone Tipe Fixed Wing

Fixed Wing Model Skywalker Tail

Terdapat beberapa jenis drone tipe Fixed Wing yang baik untuk pemetaan. Sebagai contoh, Fixed Wing Model Skywalker Tail yang mampu terbang selama 1 jam tanpa berhenti dan mampu menjelajahi wilayah hingga 60 km. Tak hanya itu, drone yang mampu menjangkau area mulai dari 800 hektare hingga 100 hektare ini juga bisa dipesan sesuai kebutuhan, lho!

5. Drone Tipe Rotary Wing

Drone Tipe Rotary Wing

Sama halnya dengan tipe Fixed Wing, drone tipe Rotary Wing juga cocok digunakan untuk pemetaan. Kamu yang memerlukan pemetaan dalam ketinggian minimal (tidak lebih dari 500 meter) mungkin bisa memilih DJI Phantom 3 Standar yang hanya mampu terbang selama 10 menit (tanpa berhenti) dan menjangkau area 8—10 hektare. Namun, kamera pada drone ini sudah terpasang dan tidak bisa diubah, kecuali jika kamu bersedia membeli kamera eksternal dan melakukan modifikasi manual.

Yup! Itulah 5 rekomendasi drone untuk pemetaan. Sudah menemukan pilihanmu?

LEAVE A REPLY