Galaxy Seri A adalah yang paling ideal jika Anda menginginkan smartphone dengan material berkelas, performa mencukupi, serta fitur-fitur yang lengkap. Dengan bandrol harga di bawah seri S, Galaxy A versi 2016 kini mewarisi kemewahan desain dengan frame metal dan material glass. Sebagian memang tidak menyukai konsep ini namun mesti diakui desainnya tampak mewah berkelas.

Samsung Galaxy A3 adalah tipe termurah dari semua seri A yang ada. Di atasnya ada Galaxy A5 2016, A7, A8 (2015), dan A9 yang sayangnya belum masuk ke Tanah Air secara resmi.

Harga Samsung Galaxy A3

Saat baru meluncur, harga Galaxy A3 dibandrol Rp 3.999.000 alias 4 jutaan rupiah. Setelah sekitar 2 bulan, harganya kini sudah berada di kisaran 3,8 jutaan. Jujur saja, menurut kami harga tsb terlalu mahal. Bukan karena dibandingkan dengan merk Lenovo, Xiaomi, Meizu, dan kerabat-kerabatnya, namun kami membandingkan dengan Galaxy A5 yang kini dibandrol 5 jutaan rupiah saja.

Lihat Juga; Daftar Harga Smartphone Samsung Terupdate

Dengan perbedaan fitur yang relatif signifikan, sebut saja fitur OIS, Fingerprint, baterai, serta layar yang lebih baik, perbedaan harga yang hanya 1 juta rupiah akan membuat galau, memilih Galaxy A3, atau Galaxy A5 dengan menambah budget.

Meski begitu, ada satu faktor untuk memilih Galaxy A3 dibanding kakaknya, A5. Kita akan ulas sebentar lagi.

Spesifikasi Samsung Galaxy A3 (2016)

Secara singkat, Galaxy A3 versi 2016 yang masuk Indonesia membawa spesifikasi dan fitur sbb; Layar 4.7-inch HD, 4G LTE, Exynos 7580, 1.5 GB RAM, 16 GB ROM, 13 MP primary camera, 5 MP secondary camera, dan 2300 mAh battery.

Desain dan Layar Superb

Membawa ukuran layar yang di bawah 5 inci, dimensi Galaxy A3 berada di angka 134.5 x 65.2 dengan ketebalan 7.3 mm. Lebarnya saja sekitar 1 cm bahkan lebih dibanding kebanyakan smartphone saat ini. Artinya Galaxy A3 akan sangat nyaman digunakan dengan satu tangan, begitu juga ketika dimasukkan dalam pocket celana jeans, tidak akan terlalu mengganggu aktivitas kita. Bobot 132 g pun tergolong ringan.

Harga Samsung Galaxy A3 2016

Layarnya berukuran 4.7 inch menggunakan jenis Super AMOLED khas Samsung dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Resolusi HD pada layar ukuran tsb menghasilkan kerapatan piksel 320 ppi sehingga tampilannya sudah sangat tajam dan detail. Jenis layar AMOLED memberikan keuntungan ketika kita harus menggunakan di bawah sinar matahari. Baik bagian depan atapu belakang, sama-sama dilapisi Corning Gorilla Glass 4.

Samsung-Galaxy-A3-2016-gold foto depan belakang samping

Jadi, faktor dan alasan pertama membeli Galaxy A3 adalah pada desain compact dan ideal tanpa merepotkan dibanding kakak-kakaknya. Sekali lagi, ini relatif.

OS standar yang digunakan adalah Android Lollipop dan dibalut dengan TouchWiz UI. Dengan TouchWiz, banyak fitur-fitur pelengkap yang sangat memudakan kita dalam mengoperasikan smartphone.

Performa Lebih dari Cukup

Dengan bandrol 3 jutaan, Galaxy A3 menginjak level menengah tahap pertama sehingga untuk ekspektasi performa, kami tidak terlalu berlebihan.

Kelebihan Samsung Galaxy A3 2016

Untungnya, Galaxy A3 yang masuk Indonesia menggunakan chipset Exynos (7580) dimana memiliki performa yang jauh lebih baik dibanding versi Qualcomm-nya. Dengan CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53, RAM 1.5 GB, ROM 16 GB, dan GPU Mali-T720, performanya sudah sangat mencukupi untuk menjalankan berbagai macam apps ataupun gaming. Hasil pengujian dengan Benchmark AnTuTu pun Galaxy A3 versi 2016 ini mendapat score 35 ribuan, itu sudah di atas ekspektasi kami.

Jika kapasitas penyimpanan data dirasa kurang, Galaxy A3 juga mendukung ekspansi menggunkan microSD card hingga 128 GB. Namun slot yang digunakan adalah slot kartu SIM kedua, jadi kita harus memilih salah satu.

Performa Samsung Galaxy A3 2016

Sensor yang tersedia antara lain Accelerometer, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, Proximity Sensor, dan RGB Light Sensor.

Network & Connectivity

Galaxy A3 versi 2016 sudah mendukung jaringan 4G LTE (FDD dan TDD) di samping jaringan 3G HSPA dan 2G EDGE dan GPRS-nya. Fitur konektivitasnya tersedia WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, WiFi Direct, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, microUSB, bahkan NFC.

 Samsung-Galaxy-A3-2016 hitam depan belakang samping

Baterai Irit

Meski menggunakan kapasitas 2300 mAh, namun menurut pengujian dan klaim Samsung, Galaxy A3 bisa bertahan hingga 12 jam untuk browsing internet 3G, 13 jam dengan 4G, dan hingga 15 jam dengan WiFi. Untuk video playback diklaim bisa bertahan hingga 14 jam, Talktime hingga 14 jam, dan hingga 58 jam untuk audio playback. Jika klaim tersebut mendekati akurasi sebenarnya, maka Galaxy A3 sangat layak masuk dalam jajaran smartphone dengan daya tahan baterai terbaik.

Kamera Memuaskan

Untuk fitur kamera, kami tergolong selalu optimis dengan apa yang Samsung tawarkan. Bahkan smartphone harga 1 jutaan dari Samsung pun menurut kami sudah bisa mengambil foto yang relatif bagus.

Kamera Samsung Galaxy A3 2016

Galaxy A3 dibekali kamera belakang resolusi 13 MP yang dilengkapi Autofocus dan LED Flash serta dapat merekam video 1080p@30fps. Mode-mode pemotretan standard smartphone kelas menengah tentu tersedia. Meski harus diakui, Galaxy A5 memiliki fitur kamera yang setingkat di atas A3 ini. Tapi setidaknya hasil foto Galaxy A3 sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan momen-momen penting kita. Kamera depannya menggunakan resolusi 5 MP yang juga cukup baik untuk mengambil foto selfie. Kedua kamera menggunakan aperture f/1.9 dimana sudah tergolong lebar di kelasnya.

KESIMPULAN

Galaxy A3 membawa specs dan fitur berkelas mulai dari balutan luarnya, komponen utama, hingga fitur-fitur pelengkapnya. Kalau tidak ada Galaxy A5, kami akan sangat yakin untuk meminang Galaxy A3. Itu karena kami sudah terbiasa dengan smartphone besar di atas 5 inci. Namun jika Anda lebih suka dimensi yang compact dan budget yang terbatas di bawah 4 juta rupiah, then Galaxy A3 is definitely, maybe for you.

LEAVE A REPLY