Galaxy seri J diciptakan oleh Samsung untuk menyediakan smartphone tangguh dengan harga yang terjangkau. Rival dari vendor asal China (baca; Lenovo, Xiaomi, & Meizu) yang dengan cepat mengambil pangsa pasar berkat harganya yang terjangkau memaksa Samsung untuk menyediakan smartphone tandingan.

Jika mengandalkan Galaxy seri A, E, bahkan seri Grand, harganya menjadi kurang kompetitif. Sedangkan dengan Galaxy J series, spesifikasi berbanding harganya menjadi sangat value for money.

Setelah meluncurkan secara resmi Samsung Galaxy J1 dan Galaxy J5 dengan harga yang affordable, tinggal satu lagi seri J yang kami yakin tidak lama lagi tersedia resmi di Indonesia. Untuk diketahui, hingga detik ini Galaxy J7 belum dijual secara resmi di Indonesia.

Berapa Harga Samsung Galaxy J7

Dengan melakukan perhitungan dan perbandingan antar smartphone dan kurs, harga Samsung Galaxy J7 kami yakini akan berada di kisaran 3,9 jutaan. Bisa jadi akan menggunakan angka psikologis Rp 3.999.000,- Harga yang masih masuk akal jika mempertimbangkan spesifikasi yang diusung Galaxy J7.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7

Sebelum membahas keunggulan Galaxy J7 serta kelemahannya, seperti apa sih spesifikasi Galaxy J7, berikut daftar spesifikasi dan fitur Galaxy J7.

  • Super AMOLED 5.5 inches 720 x 1280 pixels 267 ppi pixel density
  • Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Qualcomm Snapdragon 615/ Exynos 7580
  • Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53/ Octa-core 1.5 GHz
  • Adreno 405/ Mali-T720MP2
  • 1.5 GB RAM
  • 16 GB Storage, microSD up to 128 GB
  • WiFi, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.1, GPS, FM Radio, microUSB, NFC for Snapdragon version.
  • GSM/HSDPA/LTE (depend) – Dual SIM
  • 13 MP Primary Camera with Autofocus and LED Flash
  • 5 MP Front Camera with LED Flash
  • Li-Ion 3000 mAh battery
  • 171 g, 152.2 x 78.7 x 7.5 mm

Harga-dan-Spesifikasi-Samsung-Galaxy-J7

Sekilas jika kita lihat spesifikasi Galaxy J7, bisa kita ketahui bahwa smartphone ini masuk kelas menengah premium. Tidak seperti seri A dan E yang menggunakan prosesor sejenis dengan versi menengah ke bawah, Samsung Galaxy J7 dibekali hardware yang lebih tangguh dibanding Galaxy J5.

Prosesor Galaxy J7 terdapat dua versi, kami belum yakin yang mana yang akan masuk Indonesia. Namun melihat versi yang dijual di India adalah yang versi Exynos, besar kemungkinan Indonesia juga mendapat versi yang serupa.

Kelebihan Samsung Galaxy J7

Layar Berkualitas

Lagi, keunggulan pertama dari smartphone ini adalah pada jenis layar yang digunakan dimana sudah menggunakan Super AMOLED seperti Galaxy seri yang lebih mahal. Resolusinya HD 720p yang dapat menghasilkan kerapatan piksel sekitar 267 ppi, not bad.

Performa Tangguh

Untuk gaming, multitasks, multimedia, dan aktivitas lain di smartphone ini bukan menjadi kendala berarti. Prosesor dan GPU yang digunakan memiliki performa yang sangat lumayan berkat Octa-core processor-nya.

Internal Storage Cukup Lega

Dengan 16 GB, setidaknya pengguna tak perlu khawatir kehabisan memory untuk menginstall banyak aplikasi. Tak ketinggalan dukungan slot microSD hingga 128 GB akan sangat berguna jika ingin menyimpan banyak data terutama file foto, video, dan lagu.

Capable Camera

Tidak diragukan hasil kamera Galaxy J7 sudah lebih dari cukup untuk memenuhi hasrat fotografi kita. Memang tidak sebaik Galaxy seri S dan Note, namun sudah sangat layak untuk dipamerkan. Apalagi kamera depan untuk selfie juga memiliki resolusi tinggi dan dilengkapi LED Flash.

Big Battery

Not as big as some rivals but it’s quite enough. Untuk penggunaan normal, Galaxy J7 bisa bertahan seharian berkat kapasitas baterai 3000 mAh.

Kelemahan/ Kekurangan Galaxy J7

Bukan tanpa kelemahan, setidaknya berikut beberapa hal yang kurang menyenangkan dari Galaxy J7.

Build Quality

Jika dibandingkan seri A dan E, tampak build quality Galaxy J7 ini lebih rendah. Namun hey, bukankah itu alasan diciptakannya Galaxy J7?!

Selain itu, material finishing yang digunakan juga agak mudah kotor karena bermaterial soft finishing. Memang nyaman dan halus di genggaman, namun ketika terkena noda, butuh effort untuk menghilangkan dengan cepat.

RAM Masih 1,5 GB

Melihat banyak rival dengan harga setengahnya yang menyertakan 2 GB RAM, rasanya kapasitas RAM Galaxy J7 ini jadi terasa kecil. Memang sudah mencukupi untuk aktivitas normal, namun 2 GB akan lebih baik.

Tanpa melihat desain, dimensi, bobot, dan fisik secara keseluruhan, Samsung Galaxy J7 ini lebih baik dari seri Galaxy yang di atasnya terutama dilihat dari sektor performa.

Bermodalkan layar besar 5.5 Inch Super AMOLED, performa tangguh, dan fitur-fitur yang berkelas, tak mudah untuk tidak menyukai Galaxy J7 dan memasukkan dalam daftar must buy things Anda 😉

LEAVE A REPLY