Masih dalam event MWC di Barcelona, Samsung memperkenalkan produk teratasnya yakni Galaxy S6 dan S6 Edge. Membawa material metal untuk frame dan glass untuk cover, Galaxy S6 disebut-sebut sebagai Galaxy dengan bahasa desain yang jauh lebih premium, bahkan dibandingkan Note 4 sekalipun.

Bukan hanya desain, spesifikasi yang diusung S6 series ini pun tentunya merupakan kelas teratas dengan pengujian benchmark yang fantastis. Mulai dari prosesor Octa-core dengan kombinasi Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 Cortex-A57 dari Exynos, RAM sebesar 3 GB, GPU Mali-T760, serta pilihan kapasitas penyimpanan dari 32GB, 64GB, hingga 128GB. Namun sayangnya, Galaxy S6 series ini meninggalkan fasilitas slot microSD untuk ekspansi penyimpanan dimana banyak dikeluhkan pecinta Samsung Galaxy.

Harga Samsung Galaxy S6Hal yang menjadi fitur unggulan S6 juga adalah kualitas layar Super AMOLED dengan contrast tinggi dan resolusi 1440 x 2560 piksel yang dibekali proteksi Corning Gorilla Glass 4. Untuk OS yang digunakan, tentu sudah menggunakan Android Lollipop dengan TouchWiz UI. Pada sektor fotografi, Samsung Galaxy S6 menggunakan kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang juga dibekali fitur tambahan yang lengkap, sedangkan di bagian depan tersedia kamera 5 MP untuk kebutuhan selfie ataupun video chat.

Untuk penopang dayanya, Galaxy S6 terlihat menggunakan baterai dengan kapasitas yang relatif biasa dibandingkan rivalnya yakni 2550 mAh dan 2600 mAh untuk S6 Edge.

Selain spesifikasi memukau, ternyata hal ini berbanding lurus dengan harga yang fantastis. Harga Samsung Galaxy S6 diperkirakan akan dibandrol mulai dari 10.2 juta rupiah untuk versi 32 GB, 11.6 jt rupiah untuk 64 GB, dan untuk versi 128 GB akan berkisar di angka 13 jutaan. Untuk Galaxy S6 Edge tentu sedikit lebih mahal dengan kemungkinan harga mulai dari 12 jutaan untuk versi kapasitas terendah 32 GB. S6 Edge kapasitas lebih besar kemungkinan akan dibandrol dengan harga 13.7 jutaan untuk versi 64 GB, hingga 15 jutaan untuk varian termahal, S6 Edge 128 GB.

Jika melihat strategi yang dianut, kita bisa menduga bahwa Samsung ingin merebut pengguna setia iPhone, bahkan dengan mengorbankan kelebihan yang dimiliki Galaxy S5 yang merupakan seri S gen sebelumnya seperti ketahanan air dan debu serta slot microSD. Apakah pengguna iPhone akan beralih ke Galaxy S6 series, kita tunggu saja penjualan secara resmi Galaxy S6 dan S6 Edge yang diperkirakan akan tersedia mulai tanggal 10 April nanti.

Di Indonesia, masih ada harapan S6 dan S6 Edge akan datang berbarengan dengan jadwal 20 negara pertama, atau setidaknya tidak lama setelah tersedia resmi di pasaran negara-negara yang beruntung.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY