Saat ini di Indonesia dan negara berkembang lainnya masih banyak masyarakat yang belum memiliki smartphone. Dengan kelebihan smartphone untuk mengakses internet, Google bergerak untuk mengakomodasi mereka dengan Android One.

Android One didesain oleh Google yang kemudian dibuat oleh mitra yang merupakan vendor-vendor smartphone lokal di negara yang dituju. Android One awalnya diluncurkan di India oleh vendor smartphone setempat, kemudian akhirnya dilanjutkan ke negara berkembang lainnya termasuk Indonesia.

Harga-Android-One-IndonesiaDi Indonesia, vendor yang dipercaya google untuk memproduksi Android One adalah vendor lokal yakni Evercoss (One X), Mito (Impact), dan Nexian (Journey1). Hingga saat artikel ini ditulis, pembelian Android One masih menggunakan cara pre-order.

Harga Android One tergolong terjangkau yakni 1 jutaan bahkan Mito memberikan harga promo hingga 700 ribuan (dengan ketentuan dan syarat) yang akhirnya langsung diserbu banyak masyarakat kita. Ketiga pilihan Android One di Indonesia ini memiliki spesifikasi yang setara, adapun perbedaan kemungkinan hanya sedikit saja. Desain dan pilihan warna masing-masing vendor pun berbeda. Soal software, Google memberikan jaminan update hingga 2 tahun.

Spesifikasi Android One termasuk di dalamnya adalah layar berukuran 4.5 inch FWGA (480 x 854), prosesor Quad-core Cortex A7 1.3 GHz, 1 GB RAM, 8 GB Internal Storage with microSD slot up to 32 GB, Dual micro SIM, 2 MP Front camera, 5 MP Rear camera, dan 1700 mAh battery. Sedangkan OS yang digunakan merupakan OS Android terbaru saat ini yakni versi 5.1 Lollipop.

Fitur yang digaungkan oleh Google Indonesia untuk Android One ini salah satunya adalah Youtube Offline dimana Anda bisa menyimpan video Youtube saat online dan memutar kembali ketika sedang offline atau tidak tersambung ke internet. Hal ini disebut sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah internet di Indonesia.

Android-One-Indonesia

Jika melihat spesifikasi yang diusung, Android One memiliki daya pikat kuat untuk menggaet konsumen beralih ke Android One. Harga masing-masing vendor sedikit berbeda, Evercoss One X berharga 1,4 juta, Mito Impact dibandrol dengan 1,2 juta, sedangkan yang termurah adalah Nexian Journey1 yang dibandrol 1 juta rupiah. Ada pula harga khusus yang diberlakukan untuk pengguna kartu kredit bank tertentu hingga harganya lebih murah, namun harga tsb hanya untuk kuota terbatas.

Jika dibandingkan dengan rival dari merk lain, misalnya Asus, Lenovo, atau Xiaomi misalnya, spesifikasi yang diusung Android One cenderung standar, hal yang paling menarik dari Android One yang juga menjadi kelebihan Android One adalah Sistem Operasi yang digunakan dimana sudah versi yang terbaru.

Saat ini belum ada smartphone dengan harga di bawah 2 juta yang sudah menggunakan Android Lollipop, bahkan smartphone harga 3 juta hingga di atasnya pun masih sedikit yang menggunakan Android OS Lollipop.

Sedangkan untuk promo kemudahan internet dan Youtube offline, hal ini bukan kelebihan yang terlalu siginifikan karena banyak pengguna gadget di Indonesia yang sudah sangat biasa mengunduh video dan menyimpan di kartu memory. So, is it worth it? Yes it is.

LEAVE A REPLY