Dual SIM, Layar Besar, Prosesor Quad-core, Jelly Bean, 8 MP Camera, dan harga 3 jutaan menjadi kelebihan dan fitur unggulan Sony Xperia C. Dilihat dari harganya yang berkisar di 3 – 4 jutaan, Sony Xperia C akan berhadapan dengan Samsung Galaxy Grand, Samsung Galaxy Mega 5.8 dan LG G Pro Lite Dual. Dengan harga lebih murah, Sony Xperia C dibekali prosesor yang lebih tangguh dari rivalnya, namun dengan layar lebih kecil, apakah Sony Xperia C layak untuk dibeli, simak ulasannya berikut ini.

Harga Sony Xperia C

Desain dan Display Sony Xperia C

Sony Xperia C berdesain seperti Xperia lain keluaran sebelum-sebelumnya. Bersudut cukup tajam mengotak dengan model masih mirip dengan Xperia Z. Cover belakang Sony Xperia C bisa dibuka untuk mengakses dua slot kartu SIM dan microSD. Untuk baterai, Sony Xperia C menggunakan model embedded sehingga sulit untuk dibuka bagi pengguna. Di body Sony Xperia C terdapat beberapa tombol dan port termasuk tombol power, volume, tombol shutter kamera, mic, port microUSB, dan port audio 3.5 mm. Sony Xperia C memiliki bobot 153 Gram dan dimensi 141.5 x 74.2 x 8.9 mm. Bobot tsb tidak jauh berbeda dengan rivalnya. Berdasarkan keterangan dari Sony, Sony Xperia C ditawarkan dalam tiga warna yakni Hitam, Putih, dan Purple.

Layar Sony Xperia C berukuran 5″ jenis TFT LCD Kapasitif 16 juta warna dengan resolusi 540 x 960 piksel, 220 ppi pixels density. Dengan kerapatan piksel 220 ppi ini, memberikan kelebihan ketajaman dibanding rivalnya dengan kerapatan piksel lebih rendah. Sony Xperia C menggunakan sistem operasi Android v4.2.2 Jelly Bean dengan fitur dan UI seperti Sony Xperia tipe lainnya.

Spesifikasi Hardware Sony Xperia C

Di harga 3 jutaan, Sony Xperia C sudah dibekali prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz dari MediaTek dengan MTK MT6589 chipset , PowerVR SGX544 GPU, 1 GB RAM, dan Internal storage sebesar 4 GB (terbagi untuk memory, internal storage dan memory aplikasi bawaan). Skor yang didapat dengan pengujian benchmark Antutu mendapatkan nilai lebih tinggi dibanding rivalnya, Samsung galaxy Mega 5.8 dan LG G Pro Lite Dual dimana keduanya menggunakan prosesor dualcore.

Untuk konektivitas, Sony Xperia C dibekali fitur cukup lengkap selain LTE. Sebut saja  kemampuan Dual SIM dual on, HSDPA 42.2 Mbps, HSUPA 11.5 Mbps, WiFi, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.0, dan microSD. Baterai Sony Xperia C memiliki kapasitas 2390 mAh berjenis Li-Ion.

Spesifikasi Sony Xperia C Kamera Sony Xperia C

Dibekali kamera 8 MP dengan fitur LED Flash, Autofocus, Geo-tagging, touchfocus, face and smile detection, HDR, dan fitur pelengkap lainnya. Sony Xperia C menghasilkan foto dengan warna yang cukup natural baik di luar maupun dalam ruangan. Namun dibanding Xperia Z, hasil foto Sony Xperia C masih berada di bawahnya. Untuk perekaman video, Sony Xperia C sanggup merekam dengan resolusi fullHD 1080p. Sedangkan untuk kamera depan, Sony Xperia C hanya dibekali kamera resolusi VGA atau 0.3 MP.

Harga Sony Xperia C

Sony Xperia C dibandrol dengan harga kelas menengah yaitu 2-3 jutaan, tepatnya Rp 2.500.000,- Harga ini terupdate bulan Oktober 2014.

Kenaikan/ penurunan harga dari bulan-bulan sebelumnya:

Rp 3.050.000,-: Maret 2014

Rp 3.499.000,- : Desember 2013.

KESIMPULAN

Sony Xperia C adalah salah satu ponsel ideal dengan harga menengah. Spesifikasinya relatif lebih baik dari rivalnya kecuali layar lebih kecil. Namun dengan ukuran lebih kecil ini, Sony Xperia C memiliki ppi lebih besar sehingga layarnya tajam dan jernih. Fitur Dual SIM, fitur lengkap, dan spesifikasi yang cukup tangguh membuat Sony Xperia C sangat layak untuk dimiliki.

Sony Xperia C Pilihan WarnaKelebihan dan kekurangan Sony Xperia C

Seperti diulas di awal, Sony Xperia C memiliki kelebihan di spesifikasi yang cukup tangguh dengan prosesor quad-core, layar 5″, kamera 8 MP, Dual SIM, dan harga yang relatif lebih rendah dibanding rivalnya. Adapun kekurangan Sony Xperia C tidak terlalu kentara mempertimbangkan harganya di kelas menengah, sebut saja resolusi layar yang belum fulHD, dan tidak dibekali fitur kamera Superior Auto.

Rival Sony Xperia C di kelas harga 3 jutaan – 3,5 jutaan:

Samsung Galaxy Grand: Rp 3.275.000,-

Samsung Galaxy Mega 5.8: Rp 3.975.000,-

LG G Pro Lite Dual: Rp 2.950.000,-

*Harga terupdate bulan Maret 2014.

Disclosure:

  • Harga Smartphone di atas dapat berubah sewaktu-waktu, harga di atas terupdate sesuai keterangan di bawah setiap harga.
  • – Logo, merk, trademark, dan foto adalah hak cipta dari masing-masing pemilik.

Demikian ulasan tentang Sony Xperia C, harga, spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangan Sony Xperia C. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari HP Smartphone harga 3 jutaan dari Sony.

LEAVE A REPLY