Pada Februari lalu, banyak sekali smartphone terbaru meluncur, sebut saja Galaxy S7, Xperia X, Xiaomi Mi 5, Lenovo Vibe K5, dll. Namun ternyata di Indonesia hanya beberapa saja yang mendapat perhatian lebih. Kemungkinan nanti ketika sudah resmi meluncur smartphone-smartphone yang belum didengar tersebut akan mulai dicari.

Selain yang diluncurkan di ajang MWC 2016, ada beberapa smartphone yang melengggang di bulan Februari dan sudah bisa didapatkan di toko-toko saat ini. Beberapa mengandalkan fitur kamera selfie sebagai fitur unggulan, sebagian pada desain, dan sebagian lagi merupakan penerus dari generasi sebelumnya.

Apa saja smartphone yang paling dicari di awal Maret 2016? Simak daftarnya berikut.

1. Oppo F1

Harga-Oppo-F1 dan Spesifikasi

Yang pertama adalah Oppo F1, smartphone yang membawa tagline “Selfie Expert” ini sudah berhari-hari masuk dalam daftar top trending smartphone di Indonesia. Smartphone yang dibandrol dengan harga Rp 3.499.000 ini mengandalkan Snapdragon 616 sebagai dapur pacu dengan kapasitas RAM yang besar yakni 3 GB serta kamera resolusi 13 MP di bagian belakang dan 8 MP di bagian depan. Bukan hanya resolusi yang diunggulkan, namun aperture kamera depan juga lebih lebar dibanding rival sekelasnya yang membuat hasil selfie lebih baik. Fitur untuk meningkatkan hasil foto khas Oppo pun tersedia. Semua itu dibungkus dengan frame metal dan desain yang menawan.

2. Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 Spesifikasi

Galaxy S7 adalah flagship dari Samsung. Spesifikasi dan fitur yang diusung oleh Galaxy S7 dan S7 Edge merupakan yang teratas. Harga Galaxy S7 berada di angka Rp 8.999.000 yang membuatnya masih cukup terjangkau dalam kompetisi smartphone kelas atas. Sedangkan Galaxy S7 harganya berada di angka Rp 10.499.000 atau 1,5 juta lebih mahal dibanding versi biasa. Tak seperti Galaxy S6 yang digantikan, Galaxy S7 membawa kembali slot microSD yang banyak dikeluhkan sebelumnya. IP68 certified juga dikantongi oleh smartphone ini yang membuatnya tahan debu dan air kedalaman 1.5 m selama 30 menit. Desain memang tak banyak berubah namun secara keseluruhan lebih baik dan jauh lebih nyaman dalam genggaman. Anda sudah bisa melakukan pre-order untuk Galaxy S7 dan S7 Egde di beberapa toko besar.

3. Samsung Galaxy A Series

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-A-2016

Galaxy A series kini menuruni sang kakak, S series. Body glass dengan frame metal kini membungkus semua seri A versi 2016. Baik A3, A5, ataupun A7 memiliki desain yang mirip dengan material sama persis. Fitur-fiturnya juga lebih baik, terutama pada Galaxy A5 dan A7 2016. OIS sudah hadir untuk meningkatkan hasil foto kamera utama dengan aperture lebar baik di kamera belakang maupun depan. Fingerprint sensor pun sudah tersedia pada A5 dan A7 sehingga meningkatkan fitur keamanan ponsel. Harga Galaxy A3 berkisar di 3,9 jutaan, sedangkan A5 berada di kisaran 5,2 jutaan. Untuk Galaxy A7 206 harganya 1 jutaan lebih tinggi dari A5 yakni 6,3 jutaan. Galaxy A Series 2016 sudah bisa Anda dapatkan di beberapa toko.

4. Sony Xperia X

Spesifikasi-Sony-Xperia-X-Performance

Ada 3 varian dari Xperia X Series yang diluncurkan Sony di ajang MWC. Ada Xperia XA sebagai versi termurah, lalu Xperia X, dan tertinggi ada Xperia X Performance yang dibekali chipset kelas atas Snapdragon 820 dan IP68 certified. Saat ini belum ada informasi varian apa saja yang akan masuk Indonesia, begitu juga dengan informasi kapan produknya akan tersedia di negara kita. Yang jelas, di Eropa Xperia X dibuka pre-order dengan harga 599 euro.

5. Advan i5A

Harga-Advan-i5A-dan-Spesifikasi

Smartphone merk lokal dengan desain menawan dan mengandalkan quad-core serta RAM 2 GB sebagai dapur pacunya. Advan i5A juga sudah mendukung jaringan 4G LTE. Fitur kamera adalah salah satu fitur yang diunggulkan, kamera depan menggunakan resolusi 5 MP sedangkan di belakang kameranya memiliki resolusi 13 MP. Dengan harga sekitar 1,9 – 2 jutaan rupiah, Advan i5a ini cukup layak untuk dipertimbangkan. Jika Anda berminat pun sudah tersedia unitnya di beberapa toko.

Itulah 5 smartphone paling banyak dicari informasinya dan masuk dalam top 5 trending smartphone di awal bulan Maret ini. Apakah Anda berminat dengan salah satunya, menurut Anda yang manakah smartphone terbaik di bulan Maret 2016?

LEAVE A REPLY