It’s all about flagship! Jika Anda mencari smartphone dengan harga di atas 5 juta, pilihan yang tersedia rata-rata merupakan seri teratas dari vendor-vendor smartphone. Dari rentang harga mulai 5 jutaan hingga di atas 7 juta, rata-rata pilihan smartphone yang tersedia sudah dibekali spesifikasi kelas atas dan fitur-fitur pelengkap yang berkualitas.

Di halaman ini, PMC sajikan top 9 terbaik smartphone dengan performa tertinggi. Semua pilihan smartphone di atas 5 juta rupiah di bawah ini rata-rata sudah dijual resmi di Indonesia. Beberapa yang belum hadir seperti HTC M9, Sony Xperia Z4, Huawei P8, OnePlus One 2, Nexus 6, dsb bisa juga Anda pertimbangkan ketika sudah tersedia penjualannya di Indonesia.

Harga yang dibandrol masing-masing pilihan smartphone kelas atas di bawah ini sangat beragam dengan perbedaan yang signifikan. Semakin tinggi harganya, fitur-fiturnya relatif lebih baik, kecuali beberapa pilihan yang memang terkanal dengan harganya yang lebih terjangkau. PMC akan coba jelaskan secara singkat kelebihan masing-masing pilihan serta kelemahan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Inilah pilihan smartphone terbaik dengan harga termahal, terupdate di kuartal kedua tahun 2015.

1. Samsung Galaxy S6 & S6 Edge | Galaxy S5

Mungkin, inilah smartphone Android massal terbaik saat ini, Samsung Galaxy S6. Bukan hanya performa yang sangat tangguh, fitur-fitur lengkap serta hasil kamera yang merupakan terbaik di kelasnya, dimiliki oleh Galaxy S6. Sedangkan S6 Edge yang disebut-sebut sebagai ponsel masa depan juga tampak sangat menarik dengan curved edge. Kelemahan yang banyak disayangkan dari S6 dan S6 Edge adalah tidak adanya dukungan untuk slot microSD. Kelemahan tsb sebenarnya sangat relatif, banyak vendor yang sedikit demi sedikit meninggalkan dukungan untuk microSD, lagi pula, kapasitas storage internal yang ditawarkan sudah cukup besar. Performa tangguh Galaxy S6 dan S6 Edge tercermin dari hasil benchmark AnTuTu yang meraih score 69 ribu hingga 70 ribuan. Jika budget Anda lebih terbatas, generasi sebelumnya yakni Galaxy S5 juga bisa dipertimbangkan. Performanya masih bisa diandalkan dengan score AnTuTu sekitar 36 ribu.

2. Samsung Galaxy Note 4 & Note 4 Edge

Saya pikir tidak berlebihan jika Galaxy Note 4 juga dikatakan sebagai smartphone Android terbaik, meskipun performanya sudah terasa tertinggal jauh dari Galaxy S6 ataupun rival lain yang menggunakan prosesor terbaru. Namun dengan paket yang lengkap, kamera berkualitas tinggi, serta jangan lupakan fitur tambahan S Pen Stylus yang akan sangat membantu bagi yang hobi menulis tangan, menggambar, ataupun aktivitas produktif lainnya. Baik Note 4 ataupun Note 4 Edge memiliki performa yang tangguh dengan hasil score AnTutu sekitar 49 ribu. Galaxy Note 3 masih bisa Anda pertimbangkan dengan harga yang sudah lebih terjangkau.

3. LG G4 | LG G3 & G3 4G LTE

Flagship dari LG ini belum lama diluncurkan. Hadir dengan pilihan cover kulit dengan beberapa varian warna membuatnya sangat cocok bagi yang mementingkan kemewahan dan fashion dalam sebuah smartphone. Prosesor yang digunakan belum bisa menyamai seri teratas dari rivalnya meskipun dari pengujian banyak media tidak ada masalah berarti ketika dicoba untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan gaming. Dengan score benchmark AnTuTu sekitar 49 ribu, tentunya performa LG G4 sama sekali tidak bisa diremehkan. Seperti halnya Galaxy S6 dan Note 4, LG G4 ini tampak memaksimalkan fitur kameranya dengan pelengkap Optical Image Stabilization serta laser autofocus. Jika budget Anda lebih terbatas, LG G3 juga masih sangat menarik saat ini dengan resolusi layar QHD dan hasil kamera berkualitas. Hasil score benchmark AnTuTu untuk LG G3 berkisar di angka 30 – 32 ribu.

4. Sony Xperia Z3 Compact

Berbekal komponen utama yang setara dengan original Xperia Z3, performa Z3 Compact tentunya lebih tinggi berkat resolusi layar yang masih HD 720p. Xperia Z3 Compact juga masuk dalam daftar smartphone dengan daya tahan baterai terbaik. Sayang, meski resolusi kameranya sangat tinggi, namun hasil kameranya belum bisa bersanding dengan jajaran smartphone kamera terkuat lainnya. Meski begitu, hasil kamera Z3 Compact masih masuk dalam kelas terbaik saat ini. Dari semua kelebihan yang dimiliki Xperia Z3, smartphone ini banyak menjadi favorit pengguna Android di seluruh dunia. Gambaran tenaga yang dimiliki Z3 Compact adalah hasil benchmark AnTuTu yang berkisar di angka 44 ribu.

5. Lenovo Vibe Z2 Pro

Smartphone ini masuk kelas phablet dengan layarnya yang besar, bahkan lebih besar dari Note 4. Dengan layar besar, konsumsi multimedia mungkin menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh penggunanya. Sayang, kapasitas penyimpanan internalnya terbatas karena tidak adanya dukungan untuk menambah microSD card. Kelemahan lain dari Vibe Z2 Pro adalah dari kualitas kamera yang menurut pandangan kami kurang bisa bersaing dengan para rivalnya. Baik detail ataupun eksposurenya terlihat kurang memuaskan, walaupun Vibe Z2 Pro sudah menambahkan OIS pada fitur kameranya. Hasil pengujian benchmark AnTuTu Vibe Z2 menghasilkan score sekitar 42 ribu.

6. Huawei Honor 6

Seperti Samsung, Huawei Honor 6 juga tidak perlu bergantung pada produsen chipset lain. Honor 6 menggunakan chipset buatan HiSilicon yang merupakan perusahaan milik Huawei sendiri. Performa yang dimiliki terbukti dapat bersaing dengan rival kelas atas dari vendor lain. Hasil kameranya juga menghasilkan detail yang baik, meski kami kurang begitu puas dengan saturasi dan warnanya.

7. Sony Xperia Z3

Xperia Z3 original ini mendapatkan tempat di hati penggemar merk Sony. Spesifikasinya merupakan yang teratas di masanya dan tentunya saat ini sudah terlihat usang jika dibandingkan banyak rival barunya. Tak perlu khawatir karena Sony juga akan segera mengeluarkan generasi terbaru, Xperia Z4 dan Z5 yang rumornya akan diluncurkan akhir tahun ini. Hasil pengujian benchmark AnTuTu Xperia Z3 masih menempatkannya ke kategori smartphone tangguh dengan score sekitar 40 ribu.

8. Oppo Find 7

Flagship dari Oppo yang dibalut desain cantik ini memiliki fitur yang lengkap dengan harga yang kini sudah lebih terjangkau. Untuk Anda penggemar merk Oppo, Find 7 saat ini merupakan seri teratas. Performanya juga tangguh seperti rival sekelasnya. Hasil pengujian benchmark AnTuTu menghasilkan score sekitar 38 ribu.

9. HTC One M8 | E8

Sambil menunggu One M9 masuk ke Indonesia, smartphone ini mungkin masih bisa memikat Anda. Harganya memang terlihat mahal jika dibandingkan rival sekelasnya, bahkan lebih mahal dari Galaxy Note 4. Bisa dikatakan, HTC One M8 adalah pilihan untuk Anda yang mengerti arti sebuah kualitas produk. Kelemahan yang banyak dikeluhkan adalah jenis kamera utama yang memiliki resolusi kecil dengan teknologi Ultra Pixel.

Alternatif M8 dengan harga lebih terjangkau bahkan dengan beberapa fitur yang lebih baik adalah HTC One E8. Material yang digunakan memang di bawah kualitas M8, namun masih sangat bisa bersaing dengan para rivalnya. Hasil benchmark AnTuTu M8/E8 berkisar di angka 37 ribu.

*Hasil benchmark AnTuTu dipengaruhi juga dengan pengaturan dan kondisi smartphone saat diuji. Perbedaan hasil score sangat umum terjadi meski tidak akan terlalu jauh bedanya.

Itulah 9 pilihan smartphone kelas atas harga lebih dari 5 juta rupiah dengan performa teratas dan fitur yang berkualitas. Selain pilihan smartphone Android, pada rentang harga 10 jutaan terdapat pilihan smartphone dari Apple yang juga sangat dihormati yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Baca juga: Pilihan smartphone tangguh harga 4 Jutaan.

Semoga Anda bisa menemukan smartphone yang terbaik untuk Anda dan selamat berburu 🙂

*Spesifikasi dan gambar masing-masing smartphone menyusul ya…

LEAVE A REPLY