Jika kita bicara tentang smartphone Xiaomi, yang keluar itu-itu saja; murah, terjangkau, worth it, dan semacamnya.

Bukan hanya rumor, namun begitulah faktanya. Kalau Anda mau spesifikasi yang oke namun harga terjangkau, maka Xiaomi lah jawabannya. Di sana, alternatif Xiaomi adalah Meizu. Untungnya, keduanya tidak terlalu populer untuk mata awam di Indonesia. Infinix, Lenovo, apalagi Advan, adalah merk-merk yang lebih dikenal dan saya cukup yakin mereka punya pangsa pasar yang lebih besar di sini. Xiaomi di Indonesia seringnya hadir lewat distributor non-resmi. Menunggu yang resmi itu bisa dibilang kelamaan dan harganya pasti lebih tinggi. Namun tentu saya lebih merekomendasikan Anda membeli versi garansi resmi.

Kalau soal kelemahan handphone Xiaomi, beberapa di antaranya adalah harga yang terus turun sehingga kalau kita sudah beli di awal, kemungkinan besar akan nyesek saat harganya berkurang bisa setengahnya, tentu turunnya sedikit demi sedikit. Kelemahan lain adalah ROM yang seringnya abal-abal (biasa orang bilang) atau ROM distributor yang sudah banyak sekali bloatware-nya (aplikasi-aplikasi bawaan), hanya berlaku untuk Xiaomi non-resmi. Mengakalinya bisa install sendiri/ update ROM. Kelemahan lain yang bikin banyak orang menjadi ragu adalah jaringan service center yang amat sangat terbatas banget.

Tapi cukup tentang itu semua, toh smartphone Xiaomi tetap laris manis bak kacang goreng.

Satu smartphone yang saat ini banyak dicari orang adalah Xiaomi Redmi 3s, termasuk Anda ya kaaan?!

harga-xiaomi-redmi-3s

Redmi 3s adalah update dari Redmi 3 yang terkenal itu. Perubahan paling signifikan adalah pada jenis chipset dimana kini menggunakan Snapdragon 430 dari sebelumnya Snapdragon 616. Dari kode angka namanya mungkin Anda berpikir performanya lebih jelek… Tidak, performa Snapdragon 430 ini lebih baik dibanding Snapdragon 616 meskipun tidak terlalu jauh. Dari score AnTuTu benchmark, Xiaomi Redmi 3 mendapatkan score 30-34 ribuan, sedangkan Redmi 3s mendapat score sekitar 41 ribuan. Tersedia dua versi berdasarkan RAM dan storage serta tambahan Fingerprint sensor untuk versi Pro/ Prime.

Harga Xiaomi Redmi 3s (dan 3s Pro/ Prime)

spesifikasi-xiaomi-redmi-3s

Saat artikel ini ditulis, bulan September 2016, harga Xiaomi Redmi 3s sudah berada di kisaran 1,5 juta rupiah untuk versi 2 GB RAM/16 GB storage, dan kisaran 1,65 juta rupiah untuk versi Redmi 3s Pro/Prime dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB serta tambahan fitur Fingerprint sensor. Kedua versi tsb tetap mendukung  ekspansi menggunakan microSD card hingga 256 GB meski harus menggunakan slot SIM2. Harga tsb adalah harga untuk garansi distributor.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3s

Untuk memudahkan, berikut daftar spesifikasi dan fitur Redmi 3s

NETWORK GSM, HSDPA, 4G LTE
LAYAR 5.0 inci IPS LCD, 720 x 1280 piksel 294 ppi
OS Android Lollipop/ Marshmallow, MIUI 7/8
CHIPSET Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
CPU Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 505
RAM 2/ 3 GB (Pro/ Prime)
STORAGE 16/ 32 GB (Pro/ Prime)
MICRO SD Yes up to 256 GB (slot SIM 2)
KAMERA UTAMA 13 MP f/2.0, PDAF, LED Flash, 1080p 30fps
KAMERA DEPAN 5 MP f/2.2, 1080p
WIFI WiFi b/g/n. Hotspot, WiFi Direct
BLUETOOTH v4.1 with A2DP
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
INFRARED Yes
RADIO FM Radio
USB microUSB v2.0
SENSORS Accelerometer, gyro, proximity, compass, Fingerprint (only Pro/Prime)
BATERAI 4100 mAh
DIMENSI 139.3 x 69.6 x 8.5 mm
BOBOT 144 g

Dengan harga 1,5 jutaan, apa yang diberikan Xiaomi Redmi 3s adalah sudah “keterlaluan” alias komplit banget dan performanya pun menyamai smartphone Korean harga 2-3 jutaan.

Jika Anda tak terlalu khawatir akan kelemahan smartphone ini, jelas Redmi 3s sangat recommended. Namun jika Anda tidak terlalu butuh performa tinggi dan fitur printilan yang komplit, banyak alternatif lain yang lebih “aman”.

LEAVE A REPLY