Setelah gonjang-ganjing bocoran-bocoran iPhone 7 bertebaran, akhirnya smartphone ini resmi diperkenalkan.

Dua andalan baru Apple ini hadir dengan bahasa desain yang tidak terlalu jauh berbeda dibanding gen sebelumnya. Tampak garis antenna sudah berpindah lebih ke tepian body sehingga kini terlihat lebih bersih. Untuk pilihan warna, tersedia warna Jet Black, Black, Silver, Gold, dan Rose Gold. I really love the Jet Black color by-the-way.

iphone-7-pilihan-warna

Lebih mantap lagi, kini iPhone sudah tahan air dengan sertifikasi IP67. iPhone 7 bisa tahan hingga kedalaman di bawah 1m hingga 30 menit. Selain tahan air, tentu sudah tahan debu juga ya.

dimensi-dan-bobot-iphone-7

Audio jack 3.5mm yang juga menjadi rumor panas di iPhone 7, ternyata beneran hilang. Earphone yang disertakan kini menggunakan port lightning. Alternatif, bisa juga menggunakan bluetooth/ wireless atau adapter to 3.5mm.

port-lightning-adapter-to-3-5-mm

Tombol home juga berubah dibanding iPhone 6s, sekarang bukan lagi physical click melainkan pressure sensitive. Tapi tetap ada feedback yang mirip seperti Force Touch trackpad di MacBook mereka.

iPhone 7 sudah menggunakan stereo speaker dan diklaim kekuatan outputnya 2x lipat dibanding iPhone gen sebelumnya.

iphone-7-plus-dual-camera-utama

iPhone 7 standar menggunakan kamera terbaru 12 MP f/1.8 dengan lensa enam elemen dan dibekali juga dengan OIS (Optical Image Stabilization). Sedangkan iPhone 7 Plus, ya, kini hadir dengan dua kamera utama. Masing-masing kamera memiliki focal length berbeda, satu 28 mm atau bekerja sebagai wide lens, satunya lagi 56mm atau sebagai telephoto.

fitur-iphone-7-plusTidak hanya mengambil foto dengan focal length berbeda, namun iPhone 7 Plus juga bisa menggabungkan hasil foto dari dua kamera dan digabung menjadi satu sehingga menghasilkan foto yang memiliki background blur.

Kamera iPhone 7 diklaim lebih cepat 60% dan lebih efisien 30%. Dan untuk penggila selfie, pasti akan sangat sumringah dengan kamera depan iPhone 7 yang kini sudah meningkat menjadi 7 MP.

Kamera utama iPhone 7 dan 7 Plus bisa merekam hingga resolusi 4K 30fps, sedangkan kamera depan yang menggunakan aperture f/2.2 tsb bisa merekam video hingga resolusi 1080p 30fps.

iphone-7

Bicara performa hardware, tentu iPhone 7 ini meningkat banyak dibanding gen-gen sebelumnya. Chipset A10 Fusion yang merupakan generasi terbaru kini memiliki 4 inti atau quad-core. Dua inti untuk performa tinggi, dua core lainnya merupakan power-saving yang bekerja saat idle atau saat iphone 7 tidak terlalu membutuhkan performa tinggi. Chip A10 Fusion tsb klaimnya memiliki performa 40% lebih cepat dibanding chip A9 (yang sudah sangat cepat) atau 2x lipat dari chip A8.

Sedangkan graphics, chip-nya menggunakan 6-core yang klaimnya memiliki performa lebih cepat 50% dibanding milik A9 namun lebih irit 66%. Well done Apple!

Daya tahan baterai iPhone 7 dan 7 Plus tidak luput dari peningkatan. Dikatakan daya tahan baterainya meningkat 2 jam dari gen sebelumnya. Klaim daya tahan baterai iPhone 7 yaitu hingga 14 jam untuk browsing dengan WiFi, hingga 12 jam browsing dengan 4G atau 3G, waktu bicara di jaringan 3G hingga 14 jam, wireless audio hingga 40 jam, dan hingga 13 jam untuk wireless video. iPhone 7 Plus memiliki daya tahan lebih lama 1 jam dibanding iPhone 7 standar, kecuali untuk wireless audio bisa mencapai 60 jam dan talktime meningkat drastis menjadi 21 jam.

layar-iphone-7

Layar iPhone tetap pada ukuran 4.7 inch Retina Display (750 x 1334 pixels (~326 ppi pixel density)) dengan 3D Touch yang diperbaharui. Layar tsb diklaim lebih terang 25% dari iPhone 6s. Begitu juga dengan layar iPhone 7 Plus yang tetap di ukuran 5.5 inch resolusi Full HD.

iPhone 7 dan 7 Plus dibekali RAM 2 GB dengan tiga pilihan storage. Versi paling rendah adalah versi 32 GB, lalu diikuti versi 128 GB dan 256 GB. Harganya tentu masih tetap tinggi, seperti halnya semua generasi iPhone sebelumnya 😀

fitur-iphone-7

Versi basic iPhone 7 32 GB dibandrol $649, lalu $749, dan $849 untuk versi 256 GB. iPhone 7 Plus tentu lebih tinggi lagi, harganya mulai dari $769 untuk versi 32 GB. Harga termahal di Indonesia sepertinya akan berada di kisaran 12-13 juta rupiah untuk versi iPhone 7 Plus 256 GB.

Bagi penggemar iPhone, bisa pantengin terus toko-toko smartphone besar karena di luar sana, iPhone 7 sudah bisa mulai di-preorder mulai 9 September besok.

LEAVE A REPLY