Advan nampaknya tidak berhenti untuk menyediakan banyak pilihan smartphone dengan berbagai rentang harga. Dari harga di atas 2 juta, 1 jutaan, dan kali ini PMC akan sajikan ulasan tentang smartphone Android Advan dengan harga di bawah 1 juta.

Spesifikasi-dan-Harga-Advan-Star-MiniAdvan Star Mini S4K bisa dikatakan merupakan alternatif yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan Advan Star 5 inci yang berharga 1.4 jutaan. Meski harganya di bawah 1 juta rupiah, spesifikasi yang diusung Advan Star Mini S4K masih sangat memadai untuk pengguna pemula bahkan yang sudah biasa menggunakan smartphone Android.

Bermodalkan prosesor yang relatif tangguh, memory yang mencukupi, dan fitur-fitur lengkap, Advan Star Mini S4K bisa menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan di kelas smartphone Android murah.

Harga Advan Star Mini S4K

Saat ini, sudah banyak penjual yang menyediakan stock untuk unit Advan Star Mini. Anda juga bisa langsung mengunjungi toko handphone/ counter terdekat yang biasanya juga menyediakan stock smartphone dan tablet Advan.

Harga Advan Star Mini berkisar mulai dari 760 ribuan rupiah hingga 800 ribu, sangat terjangkau menimbang spesifikasi yang dimiliki Advan Star Mini. Sedangkan mengenai brand/merk, Advan sudah terbukti memiliki durabilitas atau daya tahan yang baik. Itu juga yang membuat merk Advan sangat diminati di pasaran Tanah Air.

Spesifikasi Advan Star Mini S4K

Display: IPS 4.0″ 480 x 800 piksel
OS: Android 4.4 KitKat
CPU: Quad-core 1.2 GHz
GPU: Belum diketahui, kemungkinan Mali-400
RAM: 1 GB
Storage: 8 GB Internal, microSD slot up to 32 GB
Camera: 5 MP Rear Camera with LED Flash, 2 MP Front Camera (Ada satu sumber menyebutkan VGA)
Network: Dual SIM GSM, EDGE/GPRS, 3.5G WCDMA/HSDPA
Comms: WiFi b/g/n, Bluetooth, microUSB, GPS
Battery: 1300 mAh
Garansi: 1 Tahun

Preview Advan Star Mini S4K

Design, Display, dan OS

Spesifikasi-Advan-Star-MiniAdvan Star Mini menggunakan desain seperti kebanyakan smartphone lainnya dengan finishing belakang yang tampak glossy. Material yang digunakan tentunya sesuai dengan kelasnya yakni entry-level. Bagian depan terdapat layar 4 inci, earpiece, kamera, dan 3 tombol kapasitif di bawah layar. Di bagian belakang tampak adanya kamera utama, LED flash, dan single speaker. Logo juga hanya terdapat di bagian cover belakang sehingga bagian depan tampak ‘bersih’. Sedangkan tombol power/lock dan volume rocker berada di bagian samping kiri ponsel.

Layar Advan Star Mini menggunakan ukuran diagonal 4 inci berjenis IPS untuk mendapatkan sudut pandang lebih luas. Resolusi 480 x 800 piksel tentunya sudah lebih dari cukup untuk menyajikan tampilan yang tajam dan jernih untuk ukuran layar 4 inci. Sedangkan OS yang digunakan juga sudah menggunakan Android versi KitKat yang relatif baru,

Hardware

Prosesor yang digunakan menurut informasi terlampir pada box adalah Quad-core 1.2 GHz yang kemungkinan menggunakan chipset dari MediaTek. GPU yang digunakan pun tak tertampil pada informasi namun kami yakini menggunakan Mali-400. Dengan besar RAM 1 GB dan Internal Storage 8 GB, hasil score Benchmarking AnTuTu kemungkinan bisa mencapai sekitar 16 ribuan dimana sudah sangat mencukupi untuk memberikan performa kebutuhan harian.

Jika kapasitas penyimpanan data dirasakan kurang, Anda juga masih bisa menambahkan microSD card hingga 32 GB.

Fitur-fitur jaringan dan konektivitas Advan Star Mini tersedia cukup lengkap mulai dari kemampuan Dual SIM GSM, 2G EDGE GPRS, 3G HSDPA untuk akses internet cepat dan fitur-fitur lain seperti WiFi, Bluetooth, microUSB, dan GPS. Untuk kebutuhan komputasi mobile pada smartphone layaknya pengguna pada umumnya, fitur-fitur Advan Star Mini sudah terbilang mencukupi.

Camera

Harga-Advan-Star-MiniKamera yang digunakan Advan Star Mini memiliki resolusi 5 MP di bagian belakang dengan LED flash. Beberapa sumber juga menyebutkan adanya fitur autofocus meski belum bisa kami konfirmasikan keakuratannya. Di bagian depan tersedia kamera 2 MP yang juga terdapat perbedaan informasi dengan salah satu sumber yang menyebutkan resolusi masih VGA.

Verdict

Tak susah untuk menjadikan Advan Star Mini sebagai pilihan smartphone murah yang layak dipertimbangkan. Dengan harga di bawah 800 ribu, Advan Star Mini dibekali spesifikasi yang sangat memadai untuk aktivitas standar pada smartphone. Menimbang harganya yang terjangkau, tak banyak kelemahan atau kekurangan yang bisa dikeluhkan.

Jika budget Anda terbatas, Advan Star Mini layak untuk dijadikan pilihan, namun jika Anda masih bisa menambahkan budget hingga 1 jutaan, banyak pilihan lainnya yang menyediakan spesifikasi dan kelebihan yang relatif lebih menarik seperti misalnya, Android One.

SHARE

LEAVE A REPLY