HTC One sebagai flagship HTC sebenarnya sudah memiliki versi mini yang merupakan versi turunan dengan spesifikasi yang lebih rendah. Namun, dengan keluarnya HTC One M8 beberapa bulan yang lalu, membuat HTC Desire 816 cukup layak disebut turunannya. Dengan desain body yang mirip, dan tentu saja kamera depan beresolusi tinggi, 5 MP, cocok untuk Anda yang hobi berfoto selfie. Seperti apa spesifikasi dan berapa harga HTC Desire 816, simak ulasannya berikut.

Harga HTC Desire 816

Harga HTC Desire 816Dimulai dari harga, ponsel android selfie ini dibandrol tidak jauh dari 4 juta tepatnya Rp 4.350.000,- ketika artikel ini ditulis. Dengan harga tsb, rival-rival dari merk lain termasuk Sony Xperia C3 yang juga diposisikan sebagai ponsel selfie, ada juga Samsung Galaxy Grand 2 yang berharga lebih murah, LG G Pro dan LG Nexus 5 yang sudah cukup lama diluncurkan, atau dari tipe dan merk lain yang masih berada di rentang harga 4 jutaan – 5 juta.

Spesifikasi HTC Desire 816

Desain dan Layar

Dimensi HTC Desire 816Seperti disebutkan sebelumnya, HTC Desire 816 mewarisi bahasa desain HTC terbaru yang terlihat elegan dan mewah. Ponsel ini menggunakan material plastik dengan desain unibody berbobot 165 gram. Slot microSD dan kartu SIM terdapat di sisi kanan, sedangkan tombol volume rocker dan power ada di sebelah kiri. Di atas dan bawah body berurutan terdapat port Audio 3.5 mm dan port microUSB. HTC Desire 816 berdimensi 156.6 x 78.7 x 7.9 mm untuk memuat layar 5.5″-nya.

Layar 5.5 inci yang digunakan berjenis Super LCD2 capacitive touchscreen 16 juta warna  dengan resolusi 720 x 1280 px, 267 ppi pixel density. Spesifikasi layar ini tidak terlalu istimewa namun terhitung wajar untuk kelas harganya, meski begitu, Anda bisa menemukan layar yang lebih baik dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Di balik resolusi yang belum full HD, hal ini memberikan hal postif untuk menghemat baterai. User interface yang digunakan adalah HTC Sense 6.0 dengan operating system Android KitKat. Fitur Blinkfeed pun tentu saja tidak ketinggalan sebagai fitur standar ponsel ini.

Hardware HTC Desire 816

Hardware HTC Desire 816Tidak seperti HTC One Mini yang spesifikasinya terlalu  jauh dari flagship, HTC Desire 816 sudah dibekali komponen dengan performa tinggi. Dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 Quad-core 1.6 GHz, GPU 305, dan RAM 1.5 GB, HTC Desire 816 mendapatkan score benchmark AnTuTu lebih dari angka 21 ribu, cukup tinggi di kelasnya. Internal storage 8 GB yang tersisa sekitar 3-4 GB bisa ditambah dengan tersedianya microSD hingga 128 GB.

Untuk menopang daya, HTC Desire 816 menggunakan baterai berkapasitas 2600 mAh. Kapasitas baterai ini terbilang kecil menimbang HTC Desire 816 yang termasuk kelas phablet, untuk itu HTC melengkapi HTC Desire 816 dengan fitur penghemat daya. Berdasarkan pengujian, baterai HTC Desire 816 dapat bertahan hampir 12 jam untuk penggunaan browsing internet dengan perngaturan wajar, serta lebih dari 10 jam untuk memutar video, not bad huh?!

Jaringan dan Data

HTC Desire 816 menggunakan jaringan hybrid yakni dapat menggunakan jaringan GSM atau CDMA pada SIM 1 dan GSM pada SIM 2. Baik GSM dan CDMA di SIM1 tsb, masing-masing sudah mendukung jaringan internet cepat yakni HSDPA dan EVDO. WiFi tentu saja sudah tersedia untuk koneksi internet pilihan lainnya. Fitur konektivitas lain termasuk Bluetooth v4.0, microUSB dengan USB OTG, dan sudah mendukung DLNA.

Kamera HTC Desire 816

Kamera HTC Desire 816Salah satu fitur andalan HTC Desire 816 adalah kamera. Kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP dengan fitur autofocus, 1080p video capture, F/2.2 aperture, 28mm lens, dan dual-LED flash. Sedangkan kamera depannya menggunakan kamera resolusi 5 MP with BSI sensor, lensa sudut lebar, dan 1080p video capture. Hasil kamera HTC Desire 816 bisa dikatakan terbaik dari semua seri Desire yang diluncurkan hingga saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan HTC Desire 816

Kelebihan HTC Desire 816: 

  • Hasil kamera sangat baik
  • Dual SIM dan Hybrid
  • Desain keren
  • Stereo speakerHTC Desire 816 Review
  • BoomSound untuk kualitas suara lebih baik

Kekurangan HTC Desire 816: 

  • Harga agak mahal
  • Peletakan tombol power kurang strategis dan ‘feel cheap’
  • Tanpa equailizer
  • Baterai relatif kurang besar kapasitasnya
  • nano SIM sehingga perlu membeli lagi di provider center

1 COMMENT

LEAVE A REPLY