Jika beberapa tahun yang lalu muncul kategori smartphone kamera yaitu smartphone dengan kemampuan kamera belakang di atas standar rata-rata, kini muncul smartphone selfie yang biasanya tetap memiliki kamera belakang berkualitas, ditambah kamera depan dengan resolusi tinggi. Apakah perlu foto selfie kita beresolusi tinggi? Well, perlu atau tidak, faktanya kini sudah cukup banyak smartphone yang dibekali kamera depan super bahkan dilengkapi LED Flash seperti yang akan kita bahas kali ini, Sony Xperia C3.

Harga Sony Xperia Xperia C3Sony Xperia C3 adalah penerus Sony Xperia C yang sudah ada di pasaran Android sejak satu tahun yang lalu. Jika Xperia C generasi pertama menggunakan kamera depan resolusi 0.3 MP, Xperia C3 kini menggunakan kamera depan 5 MP yang akhirnya memasukkan C3 dalam kategori Smartphone Selfie. Namun tentu bukan hanya untuk pecinta selfie, bagi mereka yang senang membuat video blog juga tentu akan semakin dimudahkan dengan kamera depan 5 MP dan rekam video HD. Untuk Anda yang bukan pecinta selfie dan bukan video blogger, pun masih bisa menikmati Sony Xperia C3 karena spesifikasi yang diusungnya cukup berkelas.

Harga Sony Xperia C3

Smartphone ini dibandrol dengan harga yang masih di bawah 4 juta yaitu Rp 3.899.000,-. Seperti Xperia C gen pertama, Xperia C3 ini juga kemungkinan akan mengalami penurunan harga sedikit demi sedikit. untuk informasi, Xperia C gen 1 kini hanya berbandrol 2,5 juta dari sebelumnya 3,5 jutaan. Tapi tentunya semakin lama menunggu semakin banyak lagi smartphone baru yang keluar dan akhirnya semakin bingung menentukan mana yang terbaik.

Melihat rentang harga dan kelas spesifikasinya, Sony Xperia C3 berhadapan dengan beberapa rival tertentu seperti Samsung Galaxy Grand 2, HTC Desire 816, Lenovo A850 dan S960, Huawei G6, K-Touch Octa, dan ZTE Nubia Z5s. Selain Samsung, tipe-tipe yang disebutkan juga termasuk Smartphone Selfie dengan kamera depan beresolusi tinggi.

Spesifikasi Sony Xperia C3 (D2502)

Berikut spesifikasi utama Xperia C3: Dual SIM GSM, HSDPA, Android KitKat, IPS LCD Capacitive Touchscreen 720 x 1280 px 5.5″ with Sony Mobile BRAVIA Engine 2 and Triluminos, Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400 Quad-core 1.2 GHz, Adreno 305 GPU, 1 GB RAM, 8 GB Internal storage, microSD slot, WiFi, NFC, DLNA, Bluetooth v4.0 with A2DP, 8 MP Rear Camera with Autofocus and LED Flash, 5 MP Front Camera with LED Flash, Li-Ion 2500 mAh battery.

Spesifikasi Xperia C3

Desain: Sony Xperia C3 menggunakan desain unibody sehingga semua slot terletak di sisi ponsel. Desainnya juga masih sangat mirip dengan khasnya Xperia terbaru yakni menggunakan desain Omni Balance. Di tiap sudut tetap memiliki lekukan membulat sehingga tetap nyaman dimasukkan dalam poket Anda. Xperia C berdimensi 156 x 78.5 x 7.6 mm dengan bobot 150 gram. Dimensi tsb relatif lebih besar dibanding Xperia C gen pertama namun ketipisannya membuat bobot Xperia C3 masih cukup ringan untuk kelas layarnya.

Spesifikasi Xperia C3Layar dan OS: Layar Xperia C3 meningkat dibanding gen pertama. kini menggunakan IPS LCD dengan ukuran lebih lebar yakni 5.5″ dan resolusi lebih tinggi 720 x 1280 px sehingga mendapatkan kisaran kerapatan pixel 267 ppi. Tak ketinggalan teknologi Sony Mobile BRAVIA Engine 2 dan Triluminos untuk tampilan layar yang lebih baik serta Glove Mode sehingga memungkinkan Anda mengoperasikan layarnya ketika menggunakan sarung tangan. Untuk sistem operasi, Xperia C3 tentunya menggunakan OS Android terbaru yakni Android KitKat dengan Xperia UI sehingga tampilannya masih khas seperti layaknya Xperia.

Pilihan Warna Xperia C3Hardware: Xperia C3 menggunakan prosesor kelas menengah Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 dan GPU Adreno 305. RAM dibekali 1 GB dengan internal storage 8 GB yang dapat ditambah dengan microSD. Penopang dayanya dipercayakan pada baterai Li-Ion kapasitas 2500 mAh. Baterai Xperia C3 adalah nonremovable namun Anda tidak perlu bingung ketika smartphone mengalami hang karena Xperia C3 dilengkapi tombol reset yang terletak di sisi atas slot SIM card. Hasil benchmark AnTuTu mendapatkan score sekitar 17.800.

Network and Data: Xperia C yang dijual di Indonesia umumnya tipe Dual SIM D2502. Akses internet broadband dapat dilakukan dengan jaringan 3G HSDPA 42 Mbps, atau untuk Anda yang tidak mendapatkan sinyal 3G dapat menggunakan jaringan EDGE dan GPRS. Fitur konektivitas lainnya termasuk WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi hotspot, Bluetooth v4 with A2DP, DLNA, NFC, microUSB. Catatan bahwa jaringan 3G hanya bisa dilakukan pada SIM 1.

Kamera depan Xperia C3Kamera: Inilah fitur yang menonjol dari Xperia C3. Pada kamera belakang, resolusinya tidak bertambah dibanding dengan Xperia C gen 1 yakni 8 MP dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Tak ketinggalan fitur HDR, Panorama, Rekam video full HD 1080p dan fitur pelengkap lainnya. Di bagian depan, kameranya memiliki resolusi 5 MP yang juga diengkapi dengan LED Flash. Kamera depan ini dapat merekam video hingga resolusi 720p/ HD. Jika Anda ingin foto selfie Anda tampak lebih cantik, lebih putih, lebih bersinar, dsb, Xperia C3 juga dibekali efek Beauty Style hingga 10 efek.

Smartphone Selfie Terbaik?

Sony Xperia C3 diuji oleh peneliti Strategy Analytics dan dibandingkan dengan banyak smartphone populer lainnya dan hasilnya, foto selfie yang diambil dari kamera depan Sony Xperia C3 relatif mendapatkan kualitas rata-rata terbaik dari beberapa skenario pengujian. Berikut foto-foto pengetesan kamera depan Xperia C3.

Hasil di atas tentunya relatif dan tidak dapat dijadikan acuan sepenuhnya. Namun bisa kita lihat bahwa performa kamera depan Xperia C3 memang terbukti sangat baik dibandingkan dengan smartphone lainnya, terutama smartphone dengan harga sekelas.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia C3

Kelebihan Sony Xperia C3: Kamera depan berkualitas tinggi, fitur kamera lengkap, spesifikasi memadai, kualitas layar baik, desain modern, tersedia konektivitas lengkap termasuk NFC.

Kekurangan Sony Xperia C3: RAM hanya 1 GB sedangkan rivalnya dari Samsung sudah 1.5 GB, harganya masih cukup mahal meski lebih rendah dibanding rivalnya dari HTC, tipe ini tidak dibekali LTE.

Secara keseluruhan, bisa disimpulkan bahwa Sony Xperia C3 adalah the real smartphone for selfies.

LEAVE A REPLY