Sejak Galaxy Alpha diluncurkan, Samsung mulai menggunakan bahasa desain yang tampak lebih premium menuruni Alpha. Mulai dari Galaxy A3, A5, A7 dan versi lebih terjangkaunya, Galaxy E5 dan E7. Khusus untuk Galaxy A, desain yang mirip Alpha ini menggunakan material metal pada frame yang mengelilingi seluruh body. Selain itu, material yang digunakan pada bagian lain pun termasuk yang terbaik di kelasnya. Setelah PMC memberikan ulasan lengkap Galaxy A3 beberapa waktu lalu, kali ini akan kami sajikan review serta kelebihan dan kelemahan Samsung Galaxy A5.

Dibandingkan dengan adiknya Galaxy A3, Samsung Galaxy A5 memiliki ukuran layar lebih besar, kamera dengan resolusi lebih tinggi, baterai dan RAM lebih besar, serta fitur LTE pada versi yang masuk Indonesia. Selain fitur-fitur tsb, komponen lainnya relatif setara seperti misalnya jenis layar dan resolusinya, prosesor dan GPU, serta beberapa komponen lainnya.

Harga Samsung Galaxy A5

Harga-dan-Spesifikasi-Samsung-Galaxy-A5Saat ini harga Galaxy A5 berkisar di Rp 4.600.000,-. Pada rentang harga ini Galaxy A5 memiliki rival yang cukup serius dari vendor lain meskipun tidak banyak. Dengan harga hampir 5 juta, pilihan dari rivalnya menggunakan spesifikasi kelas flagship terutama prosesor dan GPU. Alternatif lain di rentang harga 4 – 5 juta antara lain Oneplus One, Galaxy Note 3 Neo, HTC Desire 816, dan LG Nexus 5. Lalu apakah Galaxy A5 ini layak untuk dibeli, simak ulasan review spesifikasi Galaxy A5 berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5

Layar: 5.0 inches Super AMOLED capacitive touchscreen 16M colors, 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 4, 10 point multitouch
OS: Android OS, v4.4.4 (KitKat)
CPU: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU: Adreno 306
Memory: 2 GB RAM, 16 GB Storage, microSD up to 64 GB
Back Camera: 13 MP, autofocus, LED flash, 1080p Recording
Front Camera: 5 MP
Connectivity: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dual-band, WiFi hotspot, Bluetooth v4.0, GPS with A-GPS, GLONASS, NFC (LTE model only), FM radio with recording, microUSB v2.0
Sensors: Accelerometer, proximity, compass
Network: 2G GPRS EDGE, 3G HSPA, 4G LTE
Body: 139.3 x 69.7 x 6.7 mm, 123 g
Battery: Non-removable Li-Ion 2300 mAh

Design

Mengikuti bahasa desain Alpha dan A3, A5 terlihat sangat slim berkat ketebalan yang hanya 6.7 mm. Frame metal membuat A5 tampak solid dan premium tanpa menghilangkan kesan nyaman dan ergonomis. Sudutnya lebih tajam jika dibandingkan dengan desain Galaxy sebelum Alpha namun tetap memiliki bulatan untuk fungsi kenyamanan. Dengan desain unibody praktis membuatnya lebih solid dan menyematkan semua slot di bagian samping. Di bagian kanan dari pengguna, terdapat tombol power/lock dan slot untuk microSD dan kartu SIM yang dapat dibuka dengan bantuan Pin ejector yang disertakan dalam paket penjualan. Di samping kiri terdapat tombol volume rocker. Sedangkan Audio jack 3.5mm dan microUSB port terletak di bagian bawah ponsel.

Pilihan-Warna-Samsung-Galaxy-A5

Finishing matte pada Galaxy A5 membuatnya lebih nyaman dan memiliki grip lebih baik ketika berada dalam genggaman ataupun di dalam pocket. Galaxy A5 juga ditawarkan dalam berbagai warna termasuk Pearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, dan Champagne Gold. Hal yang cukup menarik dari Galaxy A5 juga adalah bobotnya yang hanya 123 gram dimana termasuk ringan di kelasnya. Mengoperasikan A5 dengan satu tangan tidak akan terlalu cepat membuat pegal lengan.

Display

Layar andalan Samsung untuk Flagship disematkan juga pada Galaxy A5. Adalah layar jenis Super AMOLED yang biasanya selalu digunakan pada produk teratas Samsung, kini hadir di smartphone Galaxy kelas menengah. Layar Super AMOLED Galaxy A5 ini menggunakan ukuran diagonal 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 px. Meskipun rivalnya sudah menggunakan resolusi FHD, namun bagi kebanyakan pengguna resolusi 720p sudah lebih dari cukup untuk menampilkan tampilan yang impresif. Apalagi layar Super AMOLED memiliki kelebihan dalam urusan contrast sehingga meski resolusinya standar namun tampilannya tetap lebih baik dari kebanyakan smartphone rivalnya. Penggunaan di bawah terik matahari pun sangat mungkin dilakukan dan merupakan salah satu yang terbaik.

Selain itu, layar Galaxy A5 juga sudah dibekali dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass 4 untuk melindungi dari goresan. Namun pengguna kebanyakan di negara kita nampaknya terbiasa menambahkan proteksi layar tambahan. Secara keseluruhan, layar Galaxy A5 adalah salah satu yang terbaik di pasaran saat ini.

Hardware and Software

Samsung Galaxy A5 menggunakan komponen jeroan kelas menengah yang bahkan beberapa rival membandrol dengan harga setengah dari Galaxy A5. Namun tentunya hal ini tidak sepenuhnya kelemahan karena performanya tetap bisa diandalkan. Mulai dari prosesor, Galaxy A5 menggunakan Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306. Untungnya, RAM yang digunakan relatif besar dengan kapasitas 2 GB. Penyimpanan data tersedia internal storage sebesar 16 GB yang masih bisa ditambah berkat tersedianya slot microSD yang dapat menampung hingga 64 GB. Dengan komponen utama tsb, Galaxy A5 mendapatkan score 21.422 hingga 21.500 dengan aplikasi Benchmark AnTuTu.

Slot-Kartu-SIM-dan-MicroSD-Galaxy-A5Saat ini di Indonesia tampaknya Galaxy A5 hanya tersedia versi single SIM dengan dukungan jaringan hingga 4G LTE. Akses internet cepat dapat menggunakan jaringan LTE dan HSPA dengan kecepatan masing-masing hingga 150/50 Mbps dan 42.2/5.76 Mbps. Jika Anda berada di luar jaringan 3G dan 4G pun dapat tetap mengandalkan jaringan GPRS dan EDGE meski saat ini sudah sangat kurang bisa diandalkan. Untungnya di Indonesia jaringan 3G sudah sangat luas hingga ke pelosok desa di luar Jawa.

Fitur-fitur konektivitas yang tersedia cukup lengkap termasuk di dalamnya WiFi b/g/n, WiFi Hotspot, NFC, Bluetooth v4.0, microUSB, FM Radio, dan juga GPS dengan A-GPS dan GLONASS.

Terakhir, untuk menopang seluruh daya yang dibutuhkan, Galaxy A5 menggunakan baterai kapasitas 2300 mAh yang tidak dapat dilepas. Kapasitas ini memang terlihat biasa saja, namun mempertimbangkan desain yang sangat slim, kapasitas ini relatif masih sangat baik. Hasil pengujian ketahanan baterai, Galaxy A5 dapat digunakan hingga 11.5 jam untuk browsing, atau hingga 9 jam untuk memutar video. 3G Talktime dapat bertahan hingga 18 jam, dan untuk penggunaan normal tanpa terlalu banyak menggunakan resource dan mobile data, Galaxy A5 dapat bertahan hingga 2 hari tanpa charging. Namun melihat kebiasaan pengguna smartphone saat ini, daya tahan baterai Galaxy A5 kemungkinan hanya bertahan untuk penggunaan seharian sebelum akhirnya harus di-charge ulang.

OS and TouchWiz UI

Samsung Galaxy A5 menggunakan OS Android 4.4.4 KitKat yang tentunya dikemas dengan TouchWiz UI. Bagi yang sering melihat tampilan Galaxy Smartphone kelas menengah, tampilan Galaxy A5 ini tampak tak jauh berbeda. Beberapa fitur disematkan untuk kemudahan pengguna Galaxy A5. Pada TouchWiz di Galaxy A5, tersedia juga pilihan themes meski masih terbatas. Tampilan masing-masing theme cukup banyak perubahan pada shortcut ataupun animasinya.

Notif bar memiliki pilihan quick setting dan dapat di-expand menjadi lebih banyak lagi. Fungsi-fungsi setting ini juga dapat Anda atur dengan mudah sesuai dengan fitur yang paling Anda sukai atau sering gunakan. Pada Task Switcher, tampilannya cukup modern jika dibandingkan dengan Galaxy kelas menengah. Tampilan carousel apps serta quick setting tersedia, juga untuk manajemen RAM dan Default Apps.

TouchWiz-Samsung-Galaxy-A5Bagi yang suka menggunakan smartphone dengan satu tangan, Galaxy A5 juga dibekali pengaturan untuk merubah tampilan untuk one handed operation. Hal menarik dan sangat berguna, tampilan dalam one handed operation benar-benar merubah seluruh tampilan satu layar menjadi lebih kecil, bukan hanya tombol-tombol nomor atau qwerty saja.

Multi Window pun tersedia yang memungkinkan Anda membuka dua aplikasi bersamaan dalam satu layar. Tidak semua aplikasi dapat dilakukan dalam mode multi window. Yang masih berhubungan, jika Anda memutar video pada Galaxy A5, Anda dapat membuatnya floating atau melayang pada layar dan dapat dipindah dengan mudah sementara Anda menjalankan aplikasi lain.

Fitur-fitur lain yang melengkapi Galaxy A5 antara lain S-Planner, Memo, Clock App, File Manager, dan S Voice yang dapat Anda gunakan seperti fungsi Siri pada iPhone. Meski masih cukup terbatas, namun cukup berguna jika Anda benar-benar malas untuk mengetik. Anda bisa meminta S Voice untuk membuka aplikasi, browse informasi yang Anda butuhkan, meminta putarkan lagu, bahkan langsung menampilkan informasi yang tersedia dari Wikipedia.

Camera

Jika dibandingkan A3, Galaxy A5 ini memiliki peningkatan fitur pada sektor kameranya. Di bagian belakang terdapat 13 MP camera yang tentunya dibekali autofocus dan LED Flash. Di bagian depan pun tak kalah, 5 MP camera tersedia untuk kebutuhan foto bergaya selfie ataupun untuk videochat. Hasil kameranya bisa dikatakan masuk yang terbaik di kelas 4 jutaan. Software processing Image pun cukup memuaskan khas Samsung dengan color yang natural.

Verdict

Samsung Galaxy A5 memberikan yang terbaik mendekati standar flagship dengan desain premium dan material berkualitas. Fitur-fitur yang disematkan cukup lengkap dan merupakan salah satu yang terbaik di kelas 4 – 5 jutaan.  Adapun keterbatasan yang paling terlihat adalah kemampuan prosesor dan GPU yang lebih cocok digunakan pada smartphone harga 3 jutaan ke bawah. Meski performa keseluruhan sudah sangat mencukupi, namun melihat harganya yang mendekat ke angka 5 jutaan, rasanya lebih memikat jika Galaxy A5 menggunakan prosesor kelas menengah, Snapdragon 615 series.

Meski performanya terbilang standar, namun Galaxy A5 masih sangat layak untuk dimiliki berkat banyak fitur dan spesifikasi lain yang sangat berkualitas. Tidak mudah mendapatkan kualitas layar dan hasil kamera serta desain premium seperti milik Samsung Galaxy A5 dengan harga di bawah 5 juta.

Kelebihan & Kelemahan Samsung Galaxy A5

Kelebihan Galaxy A5:

  • Build quality sangat baik dengan material berkelas
  • Layar memiliki tampilan sangat baik
  • Baterai cukup irit mempertimbangkan kapasitas dan desain
  • Fitur lengkap dengan tambahan pada TouchWiz yang sangat berguna seperti One Handed Operation dan Multi Window
  • Video player default mendukung banyak format
  • Audio output berkualitas
  • Hasil foto kamera Galaxy A5 tajam dan warna yang natural, begitu juga hasil videonya

Kelemahan Galaxy A5:

  • Performa prosesor dan GPU masuk kelas menengah yang terbilang biasa saja
  • Hasil foto kamera depan biasa saja namun memiliki kelebihan pada sudut lebarnya
  • Suara speaker terbilang standar bahkan relatif lebih kecil
  • Harga lebih mahal dari rival

Ref; GSMArena, Lazada, Tab Pulsa, Samsung.com untuk Samsung Galaxy A5

LEAVE A REPLY