Di Indonesia, pengguna Handphone biasa (basic feature phone) masih sangat banyak. Di keluarga saya saja, yang senior semuanya masih pake HP standar Nokia yang simpel itu. HP layar sentuh atau smartphone dirasakan masih terlalu ribet dan tidak friendly untuk kerjaan orang tua yang kebanyakan masih kerjaan “berat”. Ayah saya saja pernah saya tawari smartphone yang saya punya, beliau menolak karena bisa-bisa layarnya lecet semua karena tangan yang lebih sering kotor ketika beraktivitas.

Nah, untungnya Microsoft tidak menghentikan produksi dan terus melakukan inovasi pada handphone basic mereka. Dengan brand yang masih nempel-nempel Nokia, Microsoft merilis Nokia 216 yang dibekali fitur mencukupi bagi standar pengguna yang menjadi target marketnya.

Spesifikasi Nokia 216

Layar & Body

Bobotnya hanya 82.6 gram, sangat ringan jika kita bandingkan dengan kebanyakan smartphone. Tersedia fitur andalan Flashlight alias senter, tampaknya kini menggunakan LED Flash di sebelah kamera.

Desain Nokia 216 masih ada kemiripan dengan Nokia basic seri-seri yang lain namun handphone ini terlihat lebih manis, apalagi pilihan yang warna biru muda, ahh… begitu menggoda. Kesederhanaan terkadang justru lebih memikat dibanding kemewahan tanpa arti.

Layarnya berukuran 2.4 Inch berjenis LCD yang memiliki resolusi 240 x 320 piksel. Smartphone pertama saya saja resolusinya segitu. Berarti layar Nokia 216 ini lebih bagus dari pada smartphone android pertama saya karena layarnya sedikit lebih kecil.

Dengan kerapatan piksel 167 ppi, tampilan layar sudah sangat mencukupi untuk melihat foto, video, ataupun untuk browsing internet.

Hardware

Besaran RAM 16 MB sudah sangat cukup untuk menghandle OS Series 30+ yang sangat ringan. Tidak perlu tanya CPU karena itu tidak penting di kelas HP basic. Yang penting, Nokia 216 dibekali slot microSD yang bisa menampung hingga maksimal kapasitas 32 GB.

kelebihan-nokia-216

MicroSD tsb penting untuk menyimpan lagu-lagu favorit ataupun foto/video yang kita ambil dari dual kamera di Nokia 216. Untuk menyimpan kontak, Nokia 216 juga menyediakan kapasitas untuk 2000 kontak.

Dual Camera

Ya benar, Nokia 216 dibekali dua kamera di depan dan belakang, tidak ketinggalan dibanding HP touchscreen masa kini.

spesifikasi-nokia-216

Resolusinya VGA atau 0.3 MP baik di depan dan belakang. Kedua kamera juga masing-masing dilengkapi LED flash untuk membantu mengambil foto di kondisi kurang cahaya. Video yang bisa direkam adalah resolusi 320 x 240 piksel, memang tidak terlalu mewah, namun fitur kamera ini akan sangat membantu saat ada moment penting.

Ayah saya bahkan menggunakan foto untuk laporan proyek hanya dari hasil kamera dengan kualitas yang setara dengan HP ini, VGA.

Fitur Lainnya

Untuk kemudahan, Nokia 216 dibekali fitur Bluetooth 3.0 dengan A2DP untuk saling kirim data, microUSB, sambungan internet EGPRS/GPRS (2.5G), pilihan dual SIM, audio jack 3.5 mm, dan FM Radio.

fitur-nokia-216

Fitur-fitur di dalam OSnya tersedia antara lain; alarm clock dengan ringtones, kalkulator, kalender, jam, senter, catatan, perekam suara, dan pengingat. Untuk browsing internet, sudah disediakan Opera Mini dan facebook app.

Baterai

Kapasitas baterainya 1020 mAh, itu terbilang besar untuk handphone biasa. Daya tahan baterainya pun tergolong awet, diklaim bisa bertahan hingga 18 jam untuk waktu bicara, dan hingga 47 jam untuk memutar musik.

Harga Nokia 216

harga-nokia-216

Update November 2016: Nokia 216 baru saja diluncurkan di Indonesia dengan harga yang tidak jauh dari prediksi PMC. Harga Nokia 216 pada awal peluncuran adalah Rp 450.000.

Handphone ini sayangnya belum masuk resmi ke Indonesia. Namun PMC prediksi tidak akan lama lagi karena di negara tetangga pun sudah mulai dijual. Saat masuk, harga Nokia 216 akan berada di kisaran 500 ribu rupiah bahkan lebih murah. Info harga akan segera diperbarui saat sudah dijual unitnya di pasaran.

Dari apa yang ditawarkan oleh Nokia 216, simpel dan fungsional adalah kelebihan yang bisa memikat masyarakat untuk membeli handphone ini. Apalagi desain luarnya terbilang menarik dengan tombol-tombol keypad yang kelihatannya nyaman digunakan. Mari sabar menunggu hingga HP ini dijual di Tanah Air.

SHARE

LEAVE A REPLY