Harga Nokia 6 di Indonesia tentunya belum secara resmi diumumkan, begitu juga untuk pasar global. Namun kita tetap bisa mengira-ngira harga Nokia 6 karena ponsel android terbaru Nokia setelah lepas dari Microsoft ini akan dijual sebentar lagi di China.

Diumumkan secara resmi oleh HMD Global, Nokia 6 akan dijual dengan harga 1699 CNY atau jika dikonversi ke rupiah, maka berada di kisaran 3,2 juta rupiah. Di kisaran harga ini, Nokia 6 akan menghadapi ponsel-ponsel penguasa saat ini; Galaxy J7, Oppo F1s, Vivo V5, dan ponsel lain harga 3 jutaan.

Nah, jika Anda berencana untuk membeli smartphone android harga 3 jutaan di tahun 2017 ini, maka pertanyaannya, apakah harus menunggu Nokia 6 dipasarkan di Indonesia, atau mengabaikan dan memilih yang sudah ada saat ini.

Nokia 6 HP Android Terbaru Nokia

Untuk memberikan inspirasi Anda, berikut kami ulas kelebihan spesifikasi Nokia 6 serta kekurangannya.

Kelebihan & Kekurangan Spesifikasi Nokia 6

Nokia 6

Kelebihan & Keunggulan Nokia 6

  • Desain super keren, high quality. Diklaim oleh HMD Global, mereka menaikkan standar pembuatan smartphone ke level lebih tinggi melalui Nokia 6.┬áButuh waktu 55 menit untuk membuat satu Nokia 6 dari block solid aluminium 6000 series. Material tsb digabungkan dengan 2 kali proses anodising secara terpisah yang membutuhkan waktu lebih dari 10 jam, menghasilkan unibody Nokia 6 yang berkualitas tinggi serta diklaim memiliki durabilitas yang baik.

Kelebihan Nokia 6 HP Android Terbaru Nokia

  • Layar terang ukuran besar 5.5 inci resolusi Full HD 1080p yang dilapisi 2.5D Gorilla Glass.
  • Performa mencukupi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 serta irit daya.
  • Kapasitas RAM besar, 4GB dengan internal storage 64GB.
  • Sudah menggunakan OS Android versi 7.0 Nougat.
  • Dual amplifiers untuk menghasilkan suara lantang dengan bass lebih dalam. Dolby Atmos technology juga disematkan pada Nokia 6.

Nokia 6 HP Android Terbaru Nokia port USB mic dan speaker

  • Kamera belakang resolusi 16MP dengan phase detection autofocus dan LED flash.
  • Kamera depan 8MP dengan aperture yang sama dengan kamera utamanya yakni f/2.0. Aperture lebar bisa menghasilkan foto yang cemerlang dan proses pengambilan gambar yang cepat.

Nokia 6 HP Android Terbaru Nokia audio 3.5mm jack dan kamera

  • Fitur cukup lengkap seperti Fingerprint sensor dan Fast Charging untuk baterai kapasitas 3000 mAh-nya.
  • Harga terjangkau dan sangat kompetitif dibanding rival-rival terkuat seperti Samsung, Huawei, Vivo, dan Oppo.

Kekurangan & Kelemahan Nokia 6

Nokia 6 HP Android Terbaru Nokia Tombol volume dan power di samping

  • Performa Snapdragon 430 memang cukup tangguh, tapi untuk body Nokia 6 yang keren serta fitur mendekati kelas premium, kami berharap chipset yang digunakan setidaknya Snapdragon 625.
  • Ketersediaan untuk pasar global belum ada kejelasan. Jika respon pasar di China ternyata besar, maka kemungkinan akan semakin lama sampai Nokia 6 dipasarkan di negara lainnya, termasuk Indonesia.
    (Update: Nokia 6 kemungkinan akan diluncurkan secara global termasuk untuk pasar Indonesia, masih kemungkinan. Hal ini karena di ajang MWC di Barcelona nanti, Nokia akan mengumumkan lebih dari satu ponsel baru, dirumorkan, Nokia 6 versi global dan ponsel Nokia lainnya, mungkin Nokia kelas low-end dan flagship, kita tunggu saja)
  • Belum support USB Type-C. Well, ini relatif sih karena rival-rivalnya juga rata-rata belum pakai USB tipe ini.

Nokia 6 HP Android Terbaru Nokia tombol home dan fingerprint sensor

Nah sekarang, ponsel apa yang bisa kita jadikan alternatif saat ini?

Galaxy J7 2017 yang kini sudah berada di kisaran harga 3,2 jutaan, desain dan fiturnya tidak semenarik Nokia 6, tapi performanya sedikit lebih baik berkat Exynos 7870.

Oppo F1s yang kini berada di kisaran 3,4 jutaan, beberapa fiturnya di bawah Nokia, desainnya pun membosankan (tapi bagus sih), namun kamera selfie-nya oke. Vivo V5 pun begitu, mirip dengan F1s.

Yang jelas sangat menarik, di sana ada Redmi 4 series, termasuk Redmi 4 Prime yang dibandrol 2,2 jutaan saja. Jelas soal performa lebih baik, desain pun keren, tapi, nama Xiaomi sudah terkenal ponsel murah, kurang cocok untuk Anda yang memperhitungkan image atau gengsi di samping fungsi.

Secara subyektif, Nokia 6 ini tampak keren banget selain faktor desain yang superb, juga karena nama Nokia yang sudah berada di dalam hati yang terdalam. Sudah terlalu kangen melihat nama Nokia kembali banyak berada di tangan-tangan manusia pemiliknya.

LEAVE A REPLY