Tidak seperti di US, produk-produk yang masuk Indonesia umumnya lebih terbatas pilihannya dan dengan harga yang melambung tinggi. Tentu saja harga yang melambung ini tetap memberikan manfaat untuk Tanah Air karena pemasukan negara dari pajak sangat besar.

Mulai dari laptop, komponen komputer termasuk graphics card, processor, motherboard, dan produk-produk elektronik lainnya, pilihan di Indonesia sangat terbatas. Untuk yang biasa beli dengan import perorangan mungkin tidak terlalu masalah, tapi untuk yang malas dan tidak tau proses import mungkin lebih memilih membeli apa yang ada saja.

Bagaimana dengan produk Apple? Jika membandingkan harga rupiah di Indonesia yang tentu saja sudah termasuk pajak, ternyata tidak terlalu melambung tinggi dari harga asli di US, termasuk harga Apple Mac Pro.

Apple Mac ProMac Pro adalah produk komputer tertinggi untuk konsumer dari Apple dengan spesifikasi kelas Workstation. Di luar sana, harga Mac Pro dimulai dari US$2.999 hingga hampir US$10.000 dengan upgrade komponen tertinggi.

Pilihan Mac Pro official dari Apple ada 2 yakni Quad-core dan Hexa-core (6 core) dengan perbedaan pada RAM dan graphics cardnya. Di Indonesia, 2 pilihan ini sudah resmi dijual. Sedangkan untuk upgrade ke 8 core, 12 core, dengan peningkatan pada graphics card, RAM, dan storage bisa Anda konsultasikan dengan distributor resmi Apple.

Harga Apple Mac Pro

Harga Apple Mac Pro Quad-core: Rp 38 Jutaan
Harga Apple Mac Pro Hexa-core: Rp 51 – 53 Jutaan

Harga ini belum termasuk monitor, keyboard, dan mouse yang dapat dibeli terpisah. Untuk informasi, Apple Thunderbolt display 27″ harganya berkisar di 15 Jutaan, Anda juga bisa menggunakan alternatif LED monitor dari vendor lain dengan dukungan HDMI Port, mini displayport, atau dengan adapter/converter.

Untuk Siapa Apple Mac Pro?

Port Mac ProMac ProMungkin sebagian dari Anda menganggap harga di atas mahal dan tidak masuk akal lalu bertanya-tanya, siapa yang mau mengeluarkan uang sebanyak itu untuk satu sistem komputer yang bahkan belum dilengkapi monitor, keyboard, dan mouse di paket penjualan?!

Jawabannya adalah para profesional termasuk movie & music producer, peneliti sains, 3D designer, pro photographer, dan kaum profesional lainnya. 100 juta untuk equipment utama dalam proses produksi bukanlah harga yang berlebihan karena hasil pekerjaannya pun bisa menghidupi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan setahun mungkin?!

Spesifikasi Apple Mac Pro

Mac Pro Quad-core Mac Pro 6-core
Harga 38 Jutaan 51 Jutaan
Prosesor Quad-core Intel Xeon E5 10MB L3 Cache 3.7 GHz Turbo Boost up to 3.9 GHz 6-core Intel Xeon E5 12MB L3 Cache 3.5 GHz Turbo Boost up to 3.9 GHz
Memory 12GB (three 4GB) of 1866MHz DDR3 ECC memory 16GB Four 4GB) of 1866MHz DDR3 ECC memory
Graphics Dual AMD FirePro D300 graphics processors with 2GB of GDDR5 VRAM each Dual AMD FirePro D500 graphics processors with 3GB of GDDR5 VRAM each
Display Support 3 4K display/ 6 Thunderbolt display
Storage 256GB PCIe-based flash storage
Audio Combined optical digital audio output/analog line out minijack, Headphone minijack with headset support, HDMI port supports multichannel audio output, Built-in speaker
Connection and Expansion 4 USB 3.0, 6 Thunderbolt 2, Dual Gigabit Ethernet, HDMI 1.4 UltraHD
Wireless 802.11ac Wi-Fi, IEEE 802.11a/b/g/n compatible, Bluetooth 4.0
Software OS X Mavericks version 10.9: Includes iPhoto, iMovie, GarageBand, Pages, Numbers, Keynote, Maps, iBooks, Safari, Mail, FaceTime, Messages, Calendar, Contacts, Reminders, Time Machine, Photo Booth, iTunes, Game Center, Preview, Notes, the Mac App Store, Notification Center, Dictation, iCloud, Gatekeeper, Twitter and Facebook integration, and more.
In the box Mac Pro, power cord

*Harga dan spesifikasi Mac Pro di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Apple Mac Pro memang terlihat mahal, namun tipe terendahnya tidak lebih mahal dari notebook gamer termahal yang masuk Indonesia dengan harga di atas 40 juta, dan Mac Pro adalah WorkStation yang digunakan untuk produktivitas, bukan untuk bermain.

Jika Anda adalah konsumer yang mengerjakan tugas-tugas standar dan beberapa modern gaming, iMac 27″ sudah lebih dari cukup untuk memenuhi, plus sudah ada monitor, keyboard dan mouse sebagai standar paket penjualan. Namun jika Anda adalah profesional yang benar-benar tau kegunaan sebuah high spec system pada Mac Pro, harga yang dibandrol sangat masuk akal. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY