Samsung Galaxy A9 Pro adalah tipe tertinggi dari Galaxy Seri A. Harga Galaxy A9 Pro 2016 masih cukup terjangkau jika dibandingkan seri Flagship S7 meski soal specs dan fitur memang masih di bawah seri S.

Galaxy A9 Pro diperuntukkan bagi Anda pecinta multimedia. Pasalnya, A9 Pro menggunakan layar ukuran besar hampir menyamai ukuran layar tablet, 6.0 Inch resolusi full HD. Layar besar pada smartphone, diawali oleh Sony dengan Xperia Z Ultra yang menjadi favorit bagi banyak orang. Berbeda dengan Xperia Z Ultra yang menuruni kelas flagship, Galaxy A9 bermain di kelas menengah.

Di kelas atas untuk layar besar, Samsung sebenarnya punya Galaxy Note yang besar layarnya juga hampir 6.0 Inch tepatnya 5.7 Inch dengan resolusi QHD untuk gen terakhir. Jika anda bisa menemukan unitnya, Note5 berada di kisaran harga mulai 8,3 jutaan saat ini. Sedangkan Note7 sayangnya sudah distop produksinya.

Harga Samsung Galaxy A9 Pro

Galaxy A9 Pro belum lama resmi mendarat di Indonesia sejak diluncurkan di negara lain beberapa bulan lalu. Ponsel ini juga menjadi Galaxy A versi 2016 yang terakhir muncul di tahun ini karena tahun depan sudah digantikan generasi tahun 2017.

harga-samsung-galaxy-a9-pro

Harga Galaxy A9 Pro saat ini  masih berada di angka Rp 6.499.000. (Lihat harga HP Android Samsung terbaru) Harga ini tentunya akan turun perlahan hingga stabil, prediksi kami akan turun hingga stabil di kisaran 5,9 jutaan dalam 6 bulan ke depan. Tidak ada rival yang head-to-head melawan A9 Pro di sini.

Review Spesifikasi Galaxy A9 Pro

Selain chipset dan layar, fitur Galaxy A9 Pro mendekati seri flagship. Komponen yang digunakan A9 Pro semua berkelas dan bisa memanjakan pemiliknya.

DISPLAY & DESIGN

Seperti dikatakan di awal, Galaxy A9 Pro menggunakan layar 6.0 inch resolusi 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel 367 ppi. Jenis layarnya Super AMOLED sehingga meski belum QHD, layar A9 Pro tampil sangat baik. Layar A9 Pro juga sudah dilapisi proteksi Corning Gorilla Glass 4, fitur wajib untuk harga Galaxy A9 Pro 2016 yang sudah relatif tinggi.

samsung-galaxy-a9-pro-spesifikasi-review

Soal desain, Galaxy A9 Pro mirip seperti seri A 2016 lainnya, sangat berkelas, elegant, dan mewah. Sudut-sudutnya membulat dan ergonomis berkat penggunaan 2.5D glass. Tidak sulit untuk menyukai desain A9 Pro, dan jujur saja menurut kami meski desainnya gak neko-neko, tapi juga tidak membosankan.

spesifikasi-samsung-galaxy-a9-pro

Yang perlu dipertimbangkan adalah bobot yang cukup berat untuk sebuah smartphone. Dengan layar jumbo dan baterai kapasitas besar, bobot A9 pro mencapai 210 gram. Dimensinya berukuran 161.7 x 80.9 mm dengan ketebalan body 7.9 mm. Hampir tidak mungkin mengoperasikan A9 Pro dengan satu tangan. Pilihan warnanya standar saja, ada putih, hitam, dan gold.

HARDWARE PERFORMANCE

Galaxy A9 Pro dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 652 yang terbukti tangguh. Chipset ini memiliki CPU Octa-core dengan clockspeed 4×1.8 GHz Cortex-A72 & 4×1.4 GHz Cortex-A53, serta GPU Adreno 510. Chipset ini memiliki performa tidak jauh di bawah Exynos 7420 yang digunakan di Galaxy S6 dan Note5. Saat ini Samsung belum memiliki SoC lain di kelas menengah-premium, karena itulah penggunaan Snapdragon 652 dirasa sangat masuk akal.

kelebihan-samsung-galaxy-a9-pro

RAM Galaxy A9 Pro juga besar dengan kapasitas 4 GB. Sedangkan penyimpanan data internal disediakan 32 GB. Jika kurang, masih ada slot microSD card untuk ekspansi storage hingga 256 GB. Dengan specs tsb, benchmark AnTuTu Galaxy A9 Pro mendapat score di angka 73 ribuan. Menjalankan banyak jenis apps dan gaming 3D bukan masalah untuk smartphone 6 jutaan ini.

OS yang digunakan sudah versi Android v6.0 Marshmallow dengan TouchWiz yang tampilan dan fiturnya sangat mirip dengan Galaxy kelas atas.

CAMERA

Kamera Galaxy A9 Pro bisa dijamin memuaskan penggunanya meski belum sekelas milik S series. Di belakang, ada kamera 16 MP f/1.9 dengan autofocus, LED flash, serta lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization). Rekam videonya masih terbatas hingga 1080p@30fps, belum mendukung 4K.

samsung-galaxy-a9-pro-di-tangan

Kamera depannya juga menggunakan resolusi tinggi; 8 MP f/1.9 dengan kemampuan rekam video juga hingga 1080p. Di sektor ini, A9 Pro masih menggunakan standar old-school karena memang seri flagship-nya juga belum neko-neko, kecuali untuk S8 nanti mungkin sudah lebih mutakhir. Setidaknya belum seperti OnePlus 3T yang kamera depannya dibekali autofocus.

OTHER FEATURES

Fitur konektivitas Galaxy A9 Pro sedikit lebih baik dibanding seri A di bawahnya. Terdiri dari WiFi a/b/g/n/ac Dual-Band, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth v4.2, GPS, FM Radio, NFC, dan microUSB v2.0. Ya, sayang sekali dengan harga Galaxy A9 Pro yang 6 jutaan, ternyata belum menggunakan USB Type C.

fitur-samsung-galaxy-a9-pro

Galaxy A9 Pro mendukung dual SIM dan tentunya lengkap dengan jaringan internet 3G HSPA+ dan 4G LTE. Fitur sensor yang tersedia juga sedikit lebih lengkap dari seri A lainnya, termasuk Fingerprint, Accelerometer, Proximity, dan Compass.

BATTERY

Untuk mendukung layar jumbonya, Galaxy A9 Pro dibekali kapasitas baterai yang juga jumbo di kelasnya. Tersedia 5000 mAh Li-Ion battery yang Non-removable lengkap dengan dukungan Fast charging agar bisa mengisi baterai lebih cepat.

Menurut klaim, daya tahan baterai Galaxy A9 Pro bisa mencapai 21 jam penggunaan internet dengan WiFi, hingga 20 jam internet dengan 4G LTE, dan hingga 17 jam internet 3G. Kemudian untuk memutar video, baterai A9 Pro klaimnya bisa bertahan hingga 26 jam, dan hingga 33 jam untuk waktu bicara 3G. Jika dalam kondisi lapangan mendekati data tsb, maka Galaxy A9 Pro masuk dalam salah satu smartphone android daya tahan baterai terbaik.

Kelebihan & Kelemahan Samsung Galaxy A9 Pro

Kelebihan Galaxy A9 Pro sudah sangat jelas; ponsel ini diciptakan untuk kamu yang hobi multimedia berkat layar jumbo Super AMOLED. Menikmati foto-foto di instagram, aplikasi multimedia lain, atau untuk nge-bigo, tentu bisa lebih nyaman dibanding smartphone berlayar 5 inch. Performanya juga sangat mencukupi untuk berbagai apps dan gaming. Desain cantik tidak bisa terbantahkan, begitu juga daya tahan baterai yang sangat baik.

samsung-galaxy-a9-pro-untuk-foto

Kekurangan dan kelemahan Galaxy A9 Pro: Harga Galaxy A9 Pro yang di atas 6 juta mungkin terasa kemahalan bagi sebagian orang meskipun untuk Samsung, harga tsb masih masuk akal. Kekurangan lainnya, mungkin tidak sekalian diberikan dukungan untuk stylus atau S-Pen meski harus beli terpisah, seperti Xperia X Ultra yang bisa mendukung jenis stylus apa saja bahkan menggunakan pensil biasa. Ah, mungkin itu fitur khusus untuk seri Note.

Overall; untuk kamu yang butuh smartphone android layar besar dengan performa oke dan fitur berkualitas, merk paling populer, dan harga yang masih cukup terjangkau, Galaxy A9 Pro is probably for you.

LEAVE A REPLY