Galaxy J5 Prime adalah tipe menengah dari Samsung seri J yang diluncurkan sebagai alternatif dari Galaxy J5 2016. Bersamaan dengan Galaxy J7, ponsel ini adalah yang terlaris dari Samsung android berkat spesifikasi yang baik dan harga masih cukup terjangkau.

Galaxy J5 Prime 2016 menggunakan material metal sebagai pembeda utama dari J5 biasa. Sayangnya, ada beberapa fitur yang bisa menjadi kekurangan Galaxy J5 Prime dibanding J5 2016.

Untuk Anda yang mencari smartphone 2 jutaan dari Samsung yang memiliki spesifikasi ideal dan sangat mencukupi berbagai kebutuhan di smartphone, Galaxy J5 Prime bisa dipertimbangkan. Namun sebelum itu, simak spesifikasi dan fitur Galaxy J5 Prime dalam bentuk point kelebihan Galaxy J5 Prime dan kekurangannya.

Kelebihan & Kekurangan Spesifikasi Galaxy J5 Prime

kelebihan-samsung-galaxy-j5-prime

Fitur Unggulan/ Kelebihan Samsung Galaxy J5 Prime:

  • 4G LTE dan Dual SIM. LTE yang didukung hingga Cat4 atau kecepatan 150/50 Mbps. Dengan 4G, tentu koneksi internet akan jauh lebih cepat dibanding 3G, namun hanya untuk daerah yang sudah mendapatkan sinyal 4G. J5 Prime juga mendukung dual SIM untuk menambah kepraktisan. Jaringan 3G HSPA dan 2G EDGE/GPRS tentunya masih didukung.
  • Bobot 143 gram yang terbilang cukup ringan di kelasnya. Case berbahan metal terkadang licin saat digenggam, dengan bobot yang ringan, kemungkinan ponsel terjatuh semakin kecil. Menurut pihak Samsung, J5 Prime memang didesain agar semakin nyaman dalam genggaman.
  • Layar 5.0 inches resolusi 720 x 1280 piksel jenis IPS LCD 16 juta warna. Layarnya ideal dan kita masih mungkin mengoperasikan J5 Prime dengan satu tangan. Dengan kerapatan piksel 294 ppi, layarnya bisa menyajikan tampilan yang baik dan sudut pandang luas berkat teknologi IPS.
  • OS Android Marshmallow dengan TouchWiz UI memberikan fitur lengkap yang sangat membantu seperti Power Saving mode, one hand mode, dll. OS ini juga terkenal cukup irit resource dan RAM.
  • Prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dari Exynos memberikan performa memadai untuk berbagai aplikasi dan games. Aktivitas multitasking juga bisa lebih lancar. Meski quad-core, namun versi dari Exynos ini memiliki performa hampir menyamai dengan Octa-core kelas menengah-bawah dari Snapdragon (615).
  • RAM 2 GB tergolong standar namun sudah cukup untuk mendukung performa CPU dan GPU Galaxy J5 Prime. Dengan internal storage sebesar 16 GB, kita juga tidak perlu khawatir kehabisan kapasitas penyimpanan untuk menginstal banyak aplikasi.
  • MicroSD card support. Jika kapasitas 16 GB ternyata kurang, kita masih bisa menambahkan kartu memory hingga 256 GB.
  • MicroUSB v2.0 dengan dukungan USB On-The-Go. Dukungan USB OTG bisa sangat bermanfaat jika kita ingin mentransfer data ke USB Flash Disk atau ingin membuka data dari Flash Disk. USB OTG bisa juga sebagai alternatif menambah kapasitas penyimpanan. Apalagi saat ini banyak tersedia USB Flash Disk yang sangat mini dan sudah dilengkapi colokan microUSB dengan harga yang terjangkau.
  • Fingerprint Sensor. Ini adalah kelebihan Samsung Galaxy J5 Prime yang tergolong penting. Dengan sensor sidik jari ini, kita bisa mengamankan ponsel dari tangan usil secara cepat, mudah, dan efisien. Fitur ini juga adalah salah satu perbedaan mencolok Galaxy J5 Prime dengan Galaxy J5 2016.
  • Fitur konektivitas yang cukup lengkap termasuk WiFi b/g/n, WiFi Direct, WiFi Hotspot, Bluetooth v4.2, GPS, dan microUSB.
  • Kamera resolusi 13 MP di belakang dengan aperture lebar f/1.9 yang dilengkapi autofocus dan LED flash, bisa memuaskan rata-rata pengguna berkat hasil foto yang berkualitas,
  • Kamera selfie 5 MP di depan juga menghasilkan foto yang baik.

kekurangan-samsung-galaxy-j5-prime

Kelemahan/ Kekurangan Samsung Galaxy J5 Prime:

  • Baterai Galaxy J5 Prime lebih kecil dari J5 2016 dengan kapasitas 2400 mAh. Baterai ini juga kini tidak bisa dilepas dengan mudah karena desain ponsel yang sudah unibody.
  • Dari beberapa sumber, layar Galaxy J5 Prime menggunakan jenis layar IPS LCD biasa, tidak lagi menggunakan layar Super AMOLED khas Samsung. Tampilan IPS LCD tentunya masih sangat bisa memuaskan, namun di bawah terik matahari, tampilannya belum sebaik Super AMOLED.
  • Kamera depan kini memiliki aperture lebih sempit; f/2.2 berbanding f/1.9 pada J5 2016.
  • LED flash di depan juga hilang namun digantikan dengan fitur screen flash.
  • Harga hampir 3 juta rupiah.

Dari ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J5 di atas, terlihat bahwa memang tidak terlalu banyak ubahan dibanding Galaxy J5 2016. Meskipun begitu, perubahan material metal, tambahan sensor fingerprint, dan performa prosesor, terbilang cukup andil membuat Galaxy J5 Prime ini layak dibeli.

harga-samsung-galaxy-j5-prime

Harga Samsung Galaxy J5 Prime

Dengan baterai lebih kecil serta layar yang sepertinya benar tidak menggunakan Super AMOLED, ternyata memang Galaxy J5 Prime ini ditempatkan di bawah J5 2016. Tidak seperti harga Galaxy J7 Prime yang lebih mahal dibanding harga Galaxy J7 2016, harga Galaxy J5 Prime ini justru sedikit lebih murah dari harga J5 2016.

Dibandrol Rp 2.799.000, harga J5 Prime hanya 100-200 ribu lebih murah dari J5 2016. Apakah harga tsb worth dibanding fitur serta spesifikasi Galaxy J5 Prime? Tentu kembali ke prioritas masing-masing. Menurut kami, ya, masih worth it meskipun sangat disayangkan baterainya menjadi lebih kecil dengan perbedaan kapasitas yang signifikan. Lihat spesifikasi Galaxy J5 2016 di link paragraf di atas. Demikian sedikit ulasan tentang kelebihan Galaxy J5 Prime dan kekurangannya, semoga membantu.

LEAVE A REPLY