ThinkPad-X230-Laptop-PC-Front-View-1L-940x475‘No doubt’ bahwa ThinkPad adalah rajanya laptop profesional untuk pebisnis dan kaum profesional lainnya. Harganya pun selevel dengan target konsumennya, tidak mengherankan karena seri ThinkPad terutama seri X dan T merupakan laptop kelas atas. Spesifikasi tangguh, bodi tidak banyak ‘neko’, dan tentu saja durability tiada duanya selalu membuat penggunanya betah menggunakan laptop andalan ini.

Hari ini PanduanMembeli.com akan mengulas tentang spesifikasi dan harga laptop pebisnis, ThinkPad X series ini.

Harga Lenovo ThinkPad X230

Harga X230 bukanlah untuk semua kalangan karena tidak bisa dikatakan terjangkau. Bahkan untuk pengguna awam yang pada dasarnya mampu secara keuangan pun tidak langsung serta merta menganggap laptop ini murah.

X230 dibandrol Rp 15.990.000,- dengan spek utama prosesor Intel i5 Ivy Bridge, 4 GB RAM, dan layar berukuran 12.5″. Dengan harga 16 juta, apakah laptop ini worth to buy, simak ulasan spesifikasinya berikut ini.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X230

Lenovo ThinkPad X230Dimensi dan Bobot

Hal ini sangat penting karena laptop pekerja biasanya akan lebih sering dibawa bepergian menemani sang Tuannya. Thanks to ThinkPad yang sudah membuat X230 hanya berbobot kurang dari 1.5 Kg alias berkisar di 1.3 Kg. Bobot ini tergolong ringan bahkan di bawah bobot Ultrabook standar. Dimensinya hanya¬†12.01″ x 8.13″ x 0.75″ – 1.05″ (WxDxH) sehingga akan ringkas dimasukkan ke tas kerja Anda.

Prosesor

Dibekali dengan prosesor Intel Core i5-3380M yang sangat cepat berclockspeed 2.9 GHz, 3 MB Cache, dan turbo boost hingga 3.6 GHz. Dengan prosesor ini, segala pekerjaan kantor akan dijalankan dengan lancar oleh X230.

RAM

4 GB RAM sebagai standar sudah lebih dari cukup untuk menopang aktivitas komputasi sehari-hari. Jika dirasakan kurang, X230 masih sangat mungkin untuk upgrade RAM hingga 16 GB.

Graphics Card/ VGA

Laptop ini merupakan laptop untuk bekerja, bukan ditujukan untuk penikmat hiburan, multimedia, dan gaming. Sehingga sangat masuk akal jika X230 hanya dibekali dengan graphics card on board. Karena prosesor yang digunakan merupakan generasi Ivy Bridge, on board graphics cardnya menggunakan Intel Graphics 4000. Meskipun on board, jika di kondisi yang membuat Anda benar-benar membutuhkan hiburan, HD Graphics 4000 masih sangat bisa diandalkan, bahkan untuk beberapa gaming modern sekalipun, sebut saja bagi Anda yang penggila bola, maka laptop ini masih sanggup memainkan gaming PES ataupun FIFA terbaru.

Layar

Agar membuatnya ringkas dibawa keluar untuk keperluan pekerjaan, laptop ini dibekali dengan layar ukuran 12.5″ beresolusi 1366 x 768 pixels. Dengan layar ini, program-program office bisa dijalankan dengan cukup nyaman dan merupakan layar ideal untuk sebuah laptop bisnis.

Penyimpanan

X230

Laptop pekerja sudah selayaknya dibekali kapasitas penyimpanan ideal dan mampu memenuhi kebutuhan. Untuk itu, X230 dibekali dengan 500 GB Hard Disk SATA 7200 RPM. Untuk meningkatkan kecepatan, HDDnya ditemani oleh 32 GB Micro SSD sehingga performanya tetap bisa menyamai laptop dengan SSD pada umumnya.

Fitur dan Spek Penting Lainnya

Seperti standar laptop masa kini, X230 dilengkapi WiFi, Bluetooth v 4.0, Card Reader, FingerPrint, ThinkVantage, Camera, Port VGA, USB 3.0 2 buah, 1 USB 2.0, dan 1 Always on USB 2.0 yang bisa dimanfaatkan untuk charge baterai gadget favorit ketika dibutuhkan.

ThinkPad X230 Port

Dalam penjualan, X230 dibekali OS Windows 7 64 bit Professional, namun beberapa toko memberikan gratis upgrade ke Windows 8. Garansi X230 termasuk panjang di kelasnya yakni 3 Tahun warranty by authorized distributor.

Bagaimana dengan kapasitas baterainya mengingat laptop ini akan cukup sering berada di luar jangkauan listrik. Untuk itu Anda tidak perlu risau karena X230 dibekali dengan 6-cell baterai, sehingga dengan ukuran layar 12.5″, laptop ini diklaim mampu bertahan hingga 9.9 jam pemakaian, sebuah ketahanan baterai yang luar biasa.

KESIMPULAN untuk ThinkPad X230

Lenovo ThinkPad X230 merupakan salah satu pilihan laptop bisnis terbaik di pasaran. Meski harganya cukup tinggi, namun pemiliknya akan mendapatkan fitur dan kualitas laptop ‘yang sebenarnya‘. Bagi Anda yang masih ragu akan harga ThinkPad, laptop ini lebih mahal dari rival dengan kelas spesifikasi sama karena memiliki ketahanan/ durability berkelas militer. Sudah banyak pengujian oleh pengguna bahwa seri X ThinkPad tahan ketika terbanting, tersiram benda cair, sampai digunakan di suhu yang rendah atau tinggi. ThinkPad juga terkenal digunakan oleh para awak NASA di luar angkasa, terbayang kan betapa luar biasanya produk seri ThinkPad ini.

Demikian ulasan ThinkPad X230 sebagai laptop professional dan pebisnis, semoga bermanfaat. (Muha)

Disclaimer: Produk seri ini senantiasa melakukan peningkatan di spesifikasinya, untuk itu harga dan data spesifikasi di atas akan mengalami perubahan. Selalu pastikan di toko tempat membeli ThinkPad X230.

LEAVE A REPLY