Smartphone Samsung kelas menengah dengan desain premium yang diperkenalkan sejak tahun lalu itu kini telah hadir di Indonesia. Galaxy A3 yang merupakan seri Galaxy A selain A5 dan A7 menyasar kelas menengah dengan harga 3 jutaan. Spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy A3 terbilang standar, namun kesan premium berkat penggunaan material metal untuk framenya, ditambah dengan jenis layar yang lebih baik, besar kemungkinan Galaxy A3 akan mendapatkan banyak peminat di Indonesia. Tak mengejutkan mengingat Galaxy A ini adalah seri terjangkau dari Galaxy Alpha.

Harga Samsung Galaxy A3

Samsung-Galaxy-A3-Pilihan-WarnaSmartphone ini belum lama beredar di Indonesia dan dibandrol dengan harga yang masih cukup terjangkau untuk banyak kalangan. Bandrol Rp 3.499.000,- membuatnya lebih murah dari Grand 2 ketika awal diluncurkan. Dengan harga ini Samsung Galaxy A3 akan berhadapan dengan beberapa rival seperti Sony Xperia C3, LG G3 Beat, Lenovo Vibe X2, Asus Zenfone series, hingga Apple iPhone 4S. Kemungkinan A3 yang dijual di Indonesia hanya versi Dual SIM dengan kode A300H.

Spesifikasi Samsung Galaxy A3

Samsung Galaxy A3 merupakan salah satu dari metal series yang memiliki desain slim dibanding seri lainnya. Bukan hanya desain yang lebih cantik, Galaxy A3 juga dilengkapi fitur yang berkelas. Selain layar Super AMOLED, Samsung Galaxy A3 juga menggunakan prosesor 64-bit dari Snapdragon 410 serta kamera selfie resolusi tinggi.

Fitur Utama Samsung Galaxy A3 (Duos A300H)

  • Dual SIM, 3G HSDPA (Tanpa LTE)
  • Layar 4.5″ 540 x 960 pixels 245 ppi pixel density with Corning Gorilla Glass 4
  • Android 4.4 KitKat with TouchWiz
  • Snapdragon 410 chipset, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 306
  • 1GB RAM
  • 16GB Storage with microSD slot up to 64 GB
  • 8MP Autofocus Rear camera with LED flash with 1080p video recording
  • 5MP Front camera with 1080p video recording
  • WiFi b/g/n. Bluetooth 4.0, ANT+, GPS, GLONASS, FM Radio with recording
  • Non-removable 1900 mAh Battery
  • Bobot 110.3 g
  • Sensors; Accelerometer, proximity, compass

Kelemahan Samsung Galaxy A3

  • Resolusi layar relatif rendah
  • Baterai tak bisa dilepas
  • Versi yang masuk Indonesia dengan kode A300H tanpa fitur LTE dan RAM hanya 1GB untuk versi Dual SIM. (Untuk informasi, versi LTE menggunakan RAM 1.5GB dan dilengkapi fitur NFC)
  • Slot microSD menggunakan slot SIM card sehingga hanya bisa memilih, microSD atau Dual SIM.

Review Samsung Galaxy A3

DESAIN

Galaxy A3 menggunakan frame aluminum dengan ketebalan hanya 6.9 mm serta bobot 110 g, sedangkan dimensinya berukuran 130 x 65.5 mm. Galaxy A3 menggunakan konsep desain baru yang dimulai dari Galaxy Alpha dan Note 4 sehingga secara singkat bisa dikatakan bahwa desain Samsung Galaxy A3 lebih baik dari kebanyakan Galaxy sebelumnya.

Bahan metal bukan hanya digunakan pada frame namun juga pada bagian trim lens camera, loudspeaker, serta tombol volume dan power. Bagian yang menggunakan bahan plastik tetap memiliki kualitas tinggi seperti pada cover belakang yang memiliki finishing lembut.

Spesifikasi-Samsung-Galaxy-A3

Di bagian depan Samsung Galaxy A3 terdapat earpiece, sensor, dan kamera 5MP. Di bawah layar terdapat tombol Home seperti khas Galaxy, diapit oleh tombol sensitif ‘back’ dan ‘App switcher.’

Di bagian samping, terdapat tombol power di bagian kanan dan volume rocker di bagian kiri. Slot microSD dan SIM card juga terdapat di bagian samping kanan yang dapat dibuka dengan pin yang disediakan.

Di bagian bawah Galaxy A3 terdapat audio jack 3.5 mm, microUSB port dan mic. Sedangkan di bagian atas hanya ada mic tambahan yang juga berguna untuk ambient noise cancellation saat menelpon.

Di bagian belakang tentunya terdapat kamera 8MP yang diapit oleh LED flash dan loudspeaker. Secara keseluruhan desain Samsung Galaxy A3 ini tampak premium berkat desain simpel minimalis serta material berkualitas.

LAYAR

Samsung-Galaxy-A3-UI

Samsung Galaxy A3 menggunakan layar jenis Super AMOLED yang terkenal dengan kelebihan pada contrast yang tinggi. Dengan ukuran layar diagonal 4.5 inci, resolusinya masih menggunakan qHD atau 540 x 960 px. Angka 245 ppi pixel density tentunya bukan hal buruk namun jika dibandingkan dengan kelas 3 – 4 juta, resolusi ini terlihat rendah.

Kelemahan pada resolusi ini digantikan oleh performa contrast yang sangat tinggi bahkan pada pengujian sunlight contrast ratio pun berada di atas Note series serta banyak rival lainnya.

BATERAI

Samsung Galaxy A3 hanya menggunakan baterai kapasitas 1900 mAh dimana relatif kecil menimbang layar yang digunakan. Namun pengujian baterai menghasilkan angka yang cukup baik di kelasnya. Pengujian untuk web browsing menghasilkan angka 7.5 jam, sedangkan untuk video playback dapat bertahan hingga 8.3 jam. 3G Talktime pun bisa mencapai 20 jam which is good. Hasil pengujian tsb bisa berubah sesuai dengan gaya penggunaan masing-masing pengguna. Klaim dari vendor pun cukup menjanjikan dengan 11 jam untuk video playback serta 13 jam untuk talktime.

KONEKTIVITAS DAN NETWORK

Samsung Galaxy A3 yang saat ini beredar di Indonesia yakni versi Duos dengan kode A300H memiliki option Dual SIM namun tanpa dibekali dengan jaringan 4G LTE. Akses internet broadband dapat dilakukan dengan jaringan 3G HSDPA hingga 42.2 Mbps download dan 5.76 Mbps upload. Selain itu tentu tersedia juga jaringan GPRS dan EDGE untuk Anda yang berada di luar jaringan 3G.

Fitur WiFi b/g/n yang tersedia juga dilengkapi kemampuan WiFi Hotspot. Sayangnya jaringan WiFi tsb belum didukung dual-band meski bukan merupakan masalah untuk kebanyakan pengguna. Fitur konektivitas lainnya terdapat microUSB 2.0 dan Bluetooth v4.0 with A2DP, sedangkan fitur NFC hanya tersedia pada versi LTE yang saat ini belum tersedia di Indonesia.

PERFORMA HARDWARE

Samsung Galaxy A3 menggunakan prosesor 64-bit Snapdragon 410 Quad-core Cortex-A53 dengan clock hingga 1.2 GHz. GPU yang digunakan merupakan kelas menengah dengan Adreno 306. RAM 1 GB dirasa cukup untuk kebanyakan aktivitas standar pada smartphone.

Pengujian benchmark AnTutu untuk Samsung Galaxy A3 mendapatkan score sekitar 20.000 untuk versi 1.5 GB RAM. Pada versi 1GB kemungkinan akan sedikit di bawah angka tsb.

Performa GPU yang digunakan meski tidak terlalu banyak berbeda dengan Adreno gen sebelumnya namun sudah sangat mencukupi untuk menyokong urusan grafis A3 serta untuk menjalankan game dengan lancar.

Untuk browsing, performa Snapdragon 410 sangat bisa diandalkan sehingga pengguna dapat melakukan aktivitas internet dengan lebih lancar tanpa adanya gangguan yang berarti. Penggunaan prosesor 64-bit tsb juga tentu akan siap menjalankan Android Lollipop ketika sudah siap untuk Galaxy A3.

KAMERA

Kamera-Samsung-Galaxy-A3Dua kamera pada Samsung Galaxy A3 merupakan kamera yang berkualitas baik. 8MP di bagian belakang dilengkapi dengan fitur autofucs, LED flash, dan dapat merekam video dalam resolusi 1080p. Begitu juga di bagian depan, kamera selfie resolusi 5MP dapat merekam video dalam 1080p. Kamera selfie ini juga dapat memotret dengan sudut lebar guna mendapatkan cakupan lebih luas.

Kamera Samsung Galaxy A3 juga dilengkapi fitur dan efek seperti standar kelas menengah termasuk panorama, continuous shot, dan HDR. Efek-efek foto tersedia untuk membuat foto lebih unik, dan ya, membuat foto selfie Anda lebih cantik.

Hasil kamera Samsung Galaxy A3 tergolong sangat baik di kelasnya. Image rendering, dynamic range, dan keseluruhan hasil foto A3 bisa memuaskan penggunanya. Adapun kekurangan masih seperti kebanyakan smartphone lainnya yakni noise. Untuk penggunaan harian, performa kamera A3 tidak perlu diragukan.

SOFTWARE, APPS AND FEATURES

OS dan UI: Dengan Android KitKat dan TouchWiz, tampilan user interface Samsung Galaxy A3 masih mirip dengan Galaxy kebanyakan. Namun yang berbeda adalah pada kelengkapan fitur-fitur serta kustomisasi tampilannya. UI ini juga mendukung theme untuk merubah style. Pada pengaturan Apps, Anda dapat disable fitur bawaan yang tidak diperlukan sehingga dapat mengurangi penggunaan memory.

Media Player: A3 dapat memutar video dalam resolusi FHD dalam format MKV, MP4, dan MOV pada media player standar. Untuk memutar film, media player ini juga sudah support subtitles.

Browser: Samsung Galaxy A3 dibekali dua browser bawaan yakni Android browser yang sudah dikustomisasi oleh Samsung, dan Google Chrome. Pada browser Chrome, terdapat option fitur untuk compress data melalui server google sebelum ditampilan pada browser. Fitur ini bekerja mirip seperti halnya Opera Mini. Dengan fitur ini Anda dapat mengakses internet lebih cepat berkat besar data yang lebih kecil serta penggunaan paket data yang relatif lebih hemat.

Fitur Lainnya: Aplikasi bawaan lain pada Samsung Galaxy A3 di antaranya adalah S Planner untuk mengatur agenda dan kalender, Memo App yang bisa menambah suara dan gambar, serta fitur jam yang dilengkapi alarm, world clock, stopwatch, dan timer.

Fitur manajemen files terlihat simpel dan fungsional. Terdapat sorting berdasarkan tipe file, serta dapat langsung memindah, mengcopy, menghapus, atau mengompress menjadi ZIP file.

Untuk mendownload aplikasi, selain Google Play Samsung Galaxy A3 juga dilengkapi dengan Samsung Galaxy Apps dimana Anda bisa mendownload aplikasi yang lebih khusus untuk Samsung Galaxy.

KESIMPULAN

Samsung Galaxy A3 datang dengan desain yang lebih cantik dibanding Galaxy sebelumnya, thanks to Galaxy Alpha. Dengan ketebalan hanya 6.9 mm serta desain yang ergonomis, A3 dapat dengan nyaman berada di kantong atau ketika digunakan di genggaman.

Mengusung layar Super AMOLED, brightness dan contrast A3 sangat tinggi dan hal ini memberikan keuntungan ketika Galaxy A3 Anda harus digunakan di luar rungan yang terkena sinar matahari.

Pada sektor hardware, spesifikasi yang diusung relatif standar smartphone harga 3 – 4 jutaan dengan performa yang memadai untuk banyak aktivitas komputasi mobile.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan Samsung Galaxy A3: 

  • Build Quality sangat baik dengan desain yang juga cantik
  • Layar memiliki brightness dan contrast tinggi khas Super AMOLED
  • Performa hardware memadai
  • Hasil kamera yang berkualitas
  • Performa baterai cukup baik menimbang kapasitas yang dimiliki

Kelemahan dan Kekurangan Samsung Galaxy A3:

  • Non-removable battery dengan kapasitas yang relatif kecil
  • Belum ada kejelasan upgrade Android Lollipop
  • Versi Dual SIM tanpa LTE

Overall, Samsung Galaxy A3 merupakan pilihan yang sangat menarik di rentang harga 3 jutaan.

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY