Dalam satu tahun terakhir, semua vendor smartphone mengeluarkan beberapa tipe baik itu kelas low-end, mid-end, hingga kelas atas dan seri flagship. Dari banyak smartphone yang diluncurkan di tahun 2015, mana yang pantas menjadi yang terbaik?

MKBHD alias Marques Brownlee adalah salah satu YouTube Tech Reviewer terbaik dan dia sudah merilis video yang berjudul Smartphone Awards 2015. Dalam video tersebut, Marques memilih smartphone terbaik untuk beberapa kategori serta memilih mana yang terbaik secara keseluruhan. Jadi, kali ini PMC akan sajikan smartphone-smartphone yang dipilih MKBHD dan sedikit memberikan ulasan original PMC. Kenapa PMC menggunakan daftar ini, simpel saja, karena 90% PMC memiliki pilihan yang sama.

Inilah Smartphone Terbaik Tahun 2015 Versi MKBHD

Best Big Smartphone

Smartphone layar besar yang memanfaatkan layar besarnya secara maksimal

  1. Samsung Galaxy Note 5 (S-Pen Productivity)
  2. LG V10 (Dual Screen)

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Galaxy Note 5Galaxy Note 5 membawa layar besar dengan kualitas terbaik serta dibekali fitur yang tidak dimiliki rivalnya yakni S-Pen. Fitur tersebut membuat layar besar Note 5 sangat mendukung produktivitas penggunanya. Fitur dan specs lain tak perlu diragukan, di kategori lain (di bawah) Anda akan temukan lagi smartphone ini.

LG V10 disebut Marques merupakan smartphone yang underrated. PMC juga tidak begitu paham kenapa gaung smartphone ini cepat sekali hilang. Padahal LG V10 memiliki spec dan fitur sangat menarik. Durabilitas smartphone ini teruji sangat baik. Dual screen dimana tambahan layar kecil di atas yang selalu hidup membuatnya terlihat keren serta intuitif, terutama fitur yang menampilkan notifikasi. Layar kedua tsb juga bisa dimatikan ketika layar utama mati, atau bisa juga dimatikan di semua mode.

Honorable

  1. Huawei Nexus 6P
  2. Samsung Galaxy S6 Edge

Nexus 6P hadir dengan layar 5.7 inch dimana kuaitasnya juga masuk yang terbaik. UI yang clean karena merupakan stock Android membuat Nexus 6P memberikan performa yang cepat. Sedangkan Galaxy 6S Edge sebenarnya memiliki layar yang tidak jauh berbeda kualitasnya dengan Note 5. Fitur dan specs kelas atas serta desain menawan membuat smartphone ini sangat menarik

Best Compact Smartphone

  1. Apple iPhone 6s (Fast CPU)
  2. Sony Xperia Z5 Compact

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - iPhone 6s

Ketika rata-rata flagship smartphone menggunakan ukuran layar yang besar di atas 5.0-inch, dua smartphone ini dibekali layar relatif compact. Bukan itu saja, performa iPhone 6s merupakan salah satu yang terbaik berkat chipset A9 terbaru yang sangat cepat. Begitu juga Xperia Z5 Compact, komponen utamanya merupakan seri flagship. Xperia Z5 juga memiliki daya tahan baterai yang sangat baik.

Best Camera Smartphone

  1. Samsung Galaxy Note 5 (Fast, customization, high res, high dynamic color, etc)
  2. LG V10 (Manual Mode for Photo and Video)

Smartphone Kamera Terbaik Tahun 2015 - Note 5

Lagi, dua smartphone yang mendapatkan awards di kategori pertama mendapatkan penghargaan lagi sebagai smartphone dengan fitur kamera terbaik. Note 5 dibekali sensor kamera kelas atas dengan performa cepat dan processing image yang memuaskan. Tidak susah mendapatkan gambar superb dari Note 5 dengan waktu yang singkat (tanpa perlu banyak setting).

Smartphone Kamera Terbaik Tahun 2015 - LG V10

LG V10 juga menggunakan sensor kamera yang disegani dan sebenarnya menuruni LG G4 namun dengan software yang lebih baik. Fitur kamera LG V10 juga dibekali manual mode baik itu untuk foto ataupun rekam video.

Honorable

iPhone 6s

  1. Apple iPhone 6s Plus
  2. Huawei Nexus 6P

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Nexus 6P b

iPhone 6s Plus menggunakan sensor baru dan resolusi yang meningkat banyak dibanding gen sebelumnya. Hasil kamera iPhone 6s Plus tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang terbaik. Nexus 6P memiliki resolusi yang mirip dengan iPhone 6s serta dibekali laser autofocus.

Best Budget Smartphone

  1. OnePlus X (High spec low price)
  2. Motorola Moto X Pure

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - OnePlus x

Setelah OnePlus 2 meluncur, ternyata perusahaan ini mengeluarkan lagi smartphone terjangkau yang ternyata memiliki fitur dan spec sangat baik. Harganya di luar sana berkisar $249 atau sekitar 3,3 jutaan dalam rupiah.

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Moto X

Moto X Pure mungkin tidak begitu populer di Indonesia seperti sama halnya dengan seri smartphone lain dari Motorola. Namun di luar sana, Moto X sangat diminati berkat harga yang relatif terjangkau namun dibekali spec kelas atas. Smartphone ini juga membawa Stock Android seperti Nexus series.

Honorable

  1. OnePlus 2
  2. LG Nexus 5x

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - OnePlus 2 dan Nexus 5x

OnePlus sudah tidak asing dengan “image” flagship killer, dan tahun ini sepertinya slogan tersebut masih bisa dipertahankan. Sedangkan Nexus 5x, smartphone ini menggunakan komponen utama kelas atas serta beberapa fitur yang menuruni kakaknya, Nexus 6P.

Best Battery Life

  1. Motorola Droid Maxx 2
  2. Huawei Nexus 6P

Dua smartphone yang masuk kategori smartphone dengan daya tahan baterai ini tidak begitu populer juga di negara kita. Namun jika Anda ingin memiliki smartphone dengan daya tahan baterai terbaik, Droid Maxx 2 dan Nexus 6P pilihannya.

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Moto Droid Maxx 2

Untuk alternatif lain, beberapa smartphone yang menjadi terbaik di kategori lain seperti Note 5 dan Xperia Z5 Compact misalnya, merupakan smartphone yang juga memiliki daya tahan baterai sangat baik.

Honorable

  1. LG G4
  2. LG V10

LG V10

Alasan pemilihan dua smartphone dari LG ini lebih karena dua smartphone ini masih mempertahankan removable battery sehingga Anda bisa membawa baterai cadangan instead power bank yang bobot dan dimensinya menyusahkan.

Most Improved Company

BlackBerry with the BlackBerry Priv

BB Priv

Smartphone ini menjadi smartphone terbaik sepanjang masa dari BlackBerry. OS yang digunakan sudah Android namun dengan kelebihan khas BlackBerry yang dipertahankan yakni privacy dan security. BlackBerry Priv juga menggunakan physical qwerty keyboard disamping layar touchscreen besarnya. Sayang harganya masih relatif tinggi.

Best Design Smartphone

Samsung Galaxy S6 Edge+

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Galaxy S6 Edge

Desain layar melengkung di sisinya membuat smartphone ini sangat futuristik. Beberapa mengatakan smartphone ini come from the future.

Best Display Smartphone

  1. Motorola Droid Turbo 2 (Shatterproof)
  2. Sony Xperia Z5 Premium

Jika diperhatikan dari ulasan MKBHD, sebenarnya award layar smartphone terbaik masih dimiliki Galaxy Note 5. Namun dua pilihan terbaik dalam kategori ini lebih karena fitur dimana rivalnya tidak memilikinya.

Droid turbo

Droid Turbo 2 dibekali lapisan shatterproof yang sangat tangguh. Berdasarkan pengujian, smartphone ini sangat tahan banting dalam artian sebenarnya. Dijatuhkan dari ketinggian tidak mempengaruhi layarnya sama sekali. Bahkan ketika dipukul dengan palu pun, layarnya tidak pecah, hanya melengkung akibat tekanan besar dari palu. Cocok untuk Anda yang sering tidak terlalu berhati-hati dengan smartphone dan sering menjatuhkan dari saku atau genggaman. Rival terkuat sebagai alternatifnya berdasarkan survey PMC adalah LG V10.

Smartphone Terbaik Tahun 2015 -Xperia Z5 Premium

Xperia Z5 Premium menggunakan resolusi layar yang sangat tinggi, 4K. Resolusi layar tersebut hanya aktif ketika kita mengkonsumsi media yang perlu menampilkan piksel rapat, misalnya menonton video 4K dan melihat foto resolusi tinggi. Dalam test untuk melihat foto resolusi tinggi, ternyata memang layar Xperia Z5 premium bisa menampilkan foto yang lebih detail ketika di-zoom 100%. Well done Sony!

Most Dissappointment

HTC One A9 (sacrifice many features)

HTC A9

PMC sangat setuju dengan pemilihan HTC A9 sebagai smartphone yang paling mengecewakan di tahun 2015. Selain desain yang menurut PMC sangat boring, fitur-fiturnya juga banyak yang disunat. Padahal smartphone ini adalah seri flagship.

The Best Smartphone 2015 Overall

  1. Huawei Nexus 6P (Clean, Awesome Display, battery, camera, performance, build quality, not most expensive)
  2. Samsung Galaxy Note 5 (Best display, best camera, best specs)

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Nexus 6P

Alasan-alasan kenapa Nexus 6P menjadi smartphone terbaik tahun 2015 antara lain karena stock Android dengan UI yang clean, layar impresif, daya tahan baterai salah satu yang terbaik, hasil kamera berkualitas, serta harga yang tidak semahal banyak rival lainnya.

Menimbang di Indonesia Nexus 6P tidak begitu diminati kecuali hanya oleh orang-orang yang Tech Enthusiast, sepertinya smartphone nomor 2 yang menjadi terbaik di Indonesia.

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Note 5

Samsung Galaxy Note 5. Smartphone ini membawa semua fitur flagship di dalam body-nya. Layarnya terbaik, begitu juga performa hardwarenya. Kamera paling berkulitas, serta jangan lupakan fitur S-Pen yang sangat eksklusif. Jika ada kekurangan, maka ukuran layar yang bukan untuk semua orang alias terlalu besar bagi sebagian pengguna. Software dan UI juga relatif tidak menjadi favorit bagi banyak pecinta gadget.

Honorable

  1. Motorola Moto X 2015 (affordable high quality)
  2. iPhone 6s and 6s Plus (Fastest)

Smartphone Terbaik Tahun 2015 - Moto X 2

Moto X terkenal dengan harga relatif terjangkau namun performa kelas atas. Sayang di Indonesia belum begitu populer sehingga agak sulit untuk mendapatkan unitnya.

iPhone 6s Smartphone terbaik 2015

Dan ini smartphone terbaik 2015 urutan ke empat (urutan kedua di Indo), Apple iPhone 6s dan 6s Plus. Tidak mengherankan melihat berapa orang yang memilih smartphone ini dibanding ratusan smartphone lainnya. Performa iPhone 6s sangat cepat, like… super fast. Hal ini karena pengunaaan chipset yang sangat bertenaga serta OS yang sangat dimaksimalkan untuk hardware. Sayang, harganya relatif tinggi dengan kapasitas internal storage yang juga mahal.

Best Windows Phone

Microsoft Lumia 950 XL

Lumia 950 XL

Kategori ini merupakan bonus. Seperti kita tahu, tidak banyak pilihan Windows Phone di luar sana. Jadi untuk Anda yang menginginkan smartphone Windows Phone terbaik, Lumia 950XL lah jawabannya. Harganya memang cukup tinggi, tapi Anda mendapatkan fitur dan specs flagship dari Microsoft.

 

Alright… itulah smartphone-smartphone terbaik tahun 2015 versi MKBHD dan PMC. Yang mana pilihan smartphone terbaik pilihan Anda?

SHARE

LEAVE A REPLY