Saat ini, handphone sudah naik kelas dibanding beberapa tahun lalu. Sejak OS Android diluncurkan, istilah handphone atau HP sudah beralih ke nama Smartphone.

Smartphone sebenarnya bukan hal baru, sejak Blackberry eksis di tahun 2003, lalu ada Windows Phone yang pilihannya amat sangat terbatas, Symbian yang agak sedikit merakyat meski masih cukup mahal saat itu, hingga iOS Phone dari Apple yang akrab di telinga kita dengan nama iPhone. Semua jenis handphone tsb sudah masuk dalam kategori smartphone, namun konsumennya masih sangat eksklusif alias hanya orang-orang berduit yang bisa merasakan.

Google yang sudah menjadi perusahaan raksasa Internet nampaknya gelisah dengan kondisi tsb. Hadirlah OS canggih terbaru yang diprakarsai oleh Google dengan nama Android. OS yang awalnya berada di bawah Android, Inc dan dibiayai Google ini akhirnya benar-benar milik Google dan dipasarkan resmi sejak 2008. Android OS dibangun dari basis Linux dimana sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Di tahun 2010, HP dengan OS Android mulai mengambil pangsa pasar handphone sangat besar di seluruh dunia. Dan hingga tahun ini, Android smartphone tetap berkibar bersama OS ponsel pintar lainnya, Windows Phone dan iOS.

Kelebihan smartphone Android sangat banyak. Dengan license yang gratis, hampir semua perusahaan sebagai produsen smartphone bisa menggunakan OS Android. Dari mulai vendor besar seperti Samsung, Sony, LG, dll, hingga vendor pemula sekalipun. Hal tersebut memiliki pengaruh pada harga smartphone Android yang bisa sangat terjangkau. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Android OS tak perlu canggih sehingga bisa menekan biaya produksi smartphone Android.

Pilihan smartphone Android kini berkisar dari harga 200 ribuan, hingga sedikit di atas 10 juta untuk beberapa tipe smartphone yang benar-benar dibekali spesifikasi dan fitur kelas atas. Rentang harga yang sangat luas tsb menjadikan smartphone Android menjadi PILIHAN PINTAR untuk konsumen yang membutuhkan handphone/ HP dengan fitur-fitur pintar khas Android.

Anda tak perlu lagi khawatir soal fitur-fitur pelengkap pada handphone. Misalnya seperti browser, pemutar video, games, notes, dan banyak lagi lainnya. Selama Anda bisa menghubungkan dengan internet, Anda bisa menjelajah layanan download aplikasi Android yang jumlahnya bahkan kita tidak ingin mengetahuinya, saking banyaknya.

Namun tetap ada beberapa kriteria agar Anda lebih nyaman untuk mengunduh/download aplikasi serta menjalankannya. Karena itulah pada kesempatan kali ini PanduanMembeli.com ingin sajikan beberapa pilihan yang layak untuk Anda jadikan pilihan dimana harganya masih di bawah 1 juta namun sudah dibekali spesifikasi yang memadai, khususnya untuk pemula. Anda juga bisa melihat pilihan smartphone terbaik harga 1 jutaan, harga di bawah 2 juta, dan smartphone harga 2 – 3 juta rupiah.

Baiklah, berikut adalah pilihan yang sudah kami filter berdasarkan spesifikasi yang diusung agar dapat menjalankan aplikasi dan OS Android dengan cukup lancar. Pilihan smartphone terbaik di bawah 1 juta berikut diurutkan dari harga termurah. Hampir semua pilihan memiliki level performa yang hampir setara.

Arsip, klik untuk membuka (LG L20, Galaxy Young, dll)

1. LG L20

Harga LG L20: Rp 600.000,-

LG-L20---HP-Android-Termurah

Smartphone Android termurah dari LG saat ini, L20 dapat ditebus dengan harga 600 ribuan saja. Spesifikasi LG L20 memang tidak setangguh beberapa rival terutama merk lokal, namun sudah bisa Anda andalkan untuk menjalankan banyak aplikasi yang paling populer digunakan di Android. Kelemahan LG L20 adalah ukuran layarnya yang kecil bahkan paling kecil dari pilihan lainnya. Selain itu juga belum dilengkapi kamera depan seperti pilihan dari merk lokal.

Spesifikasi LG L20: 3.0 Inches 240 x 320 pixels Touchscreen, Android KitKat, HSDPA, Dual-core 1 GHz Cortex-A7 Mediatek MT6572M, Mali-400, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 2 MP Back Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio, microUSB, 1540 mAh Battery.

2. Acer Liquid Z200

Harga Liquid Z200: Mulai 650 ribuan | Z205: 770 – 800 ribu

Acer-Liquid-Z200

Harga Ace Liquid Z200 series ini cukup beragam di pasaran. Harga termurah untuk Z200 berkisar di 650 ribu hingga 750 ribuan. Sedangkan untuk seri yang masih mirip namun dengan beberapa komponen lebih baik, Z205 berada di kisaran harga 800 ribu. Pilihan HP Android termurah dari Acer ini bisa Anda jadikan pilihan berkat ukuran layar 4 inci dimana cukup nyaman untuk membaca laman website atau browsing foto. Spesifikasi yang diusung masih cukup mirip dengan milik LG L20.

Spesifikasi Acer Liquid Z200: 4.0 Inches 480 x 800 pixels Touchscreen, Android KitKat, HSDPA, Dual-core 1 GHz Cortex-A7 Mediatek MT6572M, Mali-400, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 2 MP Back Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, microUSB, 1300 mAh Battery. Acer Liquid Z205 dibekali kapasitas RAM lebih besar yakni 1 GB.

3. Samsung Galaxy Young 2

Harga Galaxy Young 2 : Rp 700.000,-

Galaxy-Young-2---HP-Android-Samsung-Termurah

Mencari smartphone tangguh termurah, mungkin Galaxy Young jawabannya. Versi ini sudah menggunakan Android KitKat dan memory internal mencukupi dibanding gen sebelumnya. Galaxy Young mungkin menjadi pilihan dengan performa prosesor paling rendah dari rivalnya karena masih menggunakan single-core. Namun dengan dukungan RAM 512 MB, menjalankan berbagai jenis aplikasi chatting bukan masalah berat untuk Galaxy Young. Performa yang relatif rendah digantikan dengan durabilitas yang baik, Anda tak perlu khawatir smartphone Anda rusak karena terbanting meski terjadi cukup sering. Hanya saja, kami sarankan Anda untuk menjaga smartphone dengan baik, barangkali terbanting terlalu keras malah rusak.

Spesifikasi Galaxy Young 2: 3.5 Inches 320 x 480 pixels Touchscreen, Android KitKat, HSDPA, 1 GHz Cortex-A7 Processor, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 3.15 MP Back Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio microUSB, 1300 mAh Battery.

4. Smartfren Andromax G2

Harga Andromax G2: Mulai 800 rb – 899 rb rupiah

Smartfren-Andromax-G2

Jika Anda berniat memilih smartphone ini, Anda harus siap untuk hanya menggunakan provider Smartfren untuk akses internet broadband Anda. Kartu GSM masih diterima di smartphone ini namun hanya berjalan di jaringan 2G. Spesifikasi yang diusung tergolong tangguh di kelasnya, ditambah fitur yang lengkap, Andromax G2 menjadi pilihan yang sangat memikat.

Spesifikasi Andromax G2: 4.5 Inches 480 x 854 pixels Touchscreen, Android Jelly Bean, CDMA EVDO + GSM, Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 Qualcomm Snapdragon 200, Adreno 302, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 5 MP Back Camera, 1.3 MP Front Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio, microUSB, 1750 mAh Battery.

5. Sony Xperia E1

Harga Xperia E1: Rp 850.000,- (Single)

Sony-Xperia-E1-Single---Android-Terbaik-di-bawah-1-Juta

Nah, bicara yang paling baik dari brand besar, mungkin Xperia E1 adalah pilihannya. Prosesor yang digunakan menggunakan vendor Qualcomm. Meski Dual-core, performanya tidak bisa diremehkan sama sekali. Besar RAM, layar, dan baterainya pun cukup ideal di kelas pemula. Sayang, Xperia E1 belum dibekali fitur kamera depan. Jika Anda membutuhkan kamera selfie, mungkin bisa pertimbangkan pilihan dari merk lokal.

Spesifikasi Xperia E1: 4.0 Inches 480 x 800 pixels Touchscreen, Android Jelly Bean, HSDPA, Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200, Adreno 302, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 3.15 MP Back Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, microUSB, 1700 mAh Battery.

6. IMO Champion

Harga IMO Champion: Rp 888.000 | IMO Light: Rp 650 ribu | IMO Buzz: Rp 799 ribu

IMO-Champion---HP-Android-Murah-dengan-Kamera-Depan

Ada 3 pilihan dari IMO yang dapat Anda pilih. Kami sangat sarankan untuk fokus pada IMO Buzz jika ada toko yang menjual. Namun menurut pengamatan kami stocknya sangat terbatas, begitu juga IMO Light. Karena itu untuk kali ini kita fokus ke IMO Champion.

Spesifikasi IMO Champion: 5.0 Inches 480 x 854 pixels Touchscreen, Android Jelly Bean, HSDPA, Dual SIM, Dual-core 1.3 GHz Mediatek 6572, Mali-400, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 5 MP Back Camera, VGA Front Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, microUSB, 1900 mAh Battery.

7. Advan Vandroid S5E Pro

Harga Advan Vandroid S5E Pro: Rp 900.000,-

Advan-Vandroid-S5E-Pro

Meski dibandrol hampir mendekati 1 juta, sayangnya smartphone ini masih menggunakan prosesor Dual-core sejenis milik beberapa rivalnya. Kelebihan Vandroid S5E ini terletak pada besar layar dan fitur kamera yang tampak lebih baik. Anda juga masih bisa memilih smartphone Advan tipe lainnya yang dibandrol di bawah 1 juta.

Spesifikasi Vandroid S5E Pro: 5.0 Inches 480 x 854 pixels Touchscreen, Android Jelly Bean, HSDPA, Dual SIM, Dual-core 1.3 GHz Mediatek 6572, Mali-400, 512 MB RAM, 4 GB Internal Storage, microSD Slot, 8 MP Back Camera, 2 MP Front Camera, WiFi, Bluetooth, GPS, FM Radio, microUSB, 1800 mAh Battery.

Dari pilihan smartphone Android harga di bawah 1 juta di atas, cukup sulit untuk memilih satu yang terbaik. Masing-masing memiliki kelebihan ataupun kekurangan. Pilihan terbaik tetap kembali pada kebutuhan utama Anda.

Sony Xperia E1 Condong menjadi pilihan paling ideal jika Anda tidak membutuhkan kamera depan. Namun jika Anda pikir kamera depan akan sering dibutuhkan, Anda bisa pertimbangkan pilihan Andromax G2 atau Advan vandroid S5E Pro. Jika budget Anda sangat terbatas, baik LG L20 atau Acer Z200 sama-sama memikat dengan performa mencukupi namun dengan bandrol termurah, lebih khusus liquid Z200 yang sudah menggunakan layar 4″. Semoga membantu dan selamat berburu smartphone Android terjangkau incaran Anda.

HP Android Terbaik di Bawah 1 Juta di Tahun 2016

Lenovo Vibe A

lenovo-vibe-a hp android murah

Vibe A dibekali prosesor yang sudah quad-core sehingga performanya mencukupi untuk berbagai jenis aplikasi. RAM 512 MB memang terlihat kecil, namun kapasitas tsb masih cukup baik dalam menopang performa CPU dan GPUnya. Layarnya berukuran 4.0 inch resolusi 480 x 800 piksel, tergolong baik untuk harga yang hanya 650 ribu rupiah. Kelemahan Vibe A dibanding banyak smartphone yang lebih mahal hanya pada jaringan yang belum support 4G LTE, namun kekurangan ini sangat wajar. Cocok untuk Anda yang belum terlalu membutuhkan jaringan 4G karena Vbe A sudah dibekali dukungan 3G HSDPA yang masih sangat bisa diandalkan kecepatannya. Fitur lainnya antara lain storage 4 GB, android lollipop, kamera 5MP di belakang, kamera depan VGA, dan baterai 1700 mAh.

Evercoss Winner T Compo/ Y2 Power

evercoss-winner-t-compo HP Android di bawah 1 juta

Masih di kisaran harga 650 ribuan, ada Winner T Compo. Spesifikasinya lebih tinggi dibanding Vibe A dengan CPU quad-core, RAM 1 GB, dan storage internal 8 GB. MicroSD tentunya didukung. Layarnya masih mirip, 4.0 inch resolusi 480 x 854 piksel. Winner T Compo juga belum dibekali 4 LTE, namun resolusi kamera depannya sudah 2 MP, sedangkan di belakang ada kamera 5 MP. Android yang digunakan adalah versi Lollipop.

Di bawah 1 juta, ada alternatif dari Evercoss yang menawarkan baterai kapasitas besar hingga 4350 mAh yakni Evercoss Winner Y2 Power dengan harga 850 ribu. Fitur lainnya pun relatif lebih baik, dengan layar 5.0 inch, kamera belakang 8 MP, kamera depan 5 MP, dsb. Namun 4G LTE belum dimiliki ponsel ini.

Smartfren Andromax A

smartfren-andromax-a hp android 4g termurah

Jika anda membutuhkan jaringan 4G LTE namun budget terbatas, Andromax A adalah pilihannya. Namun versi standarnya locked ke Smartfren, anda bisa beli versi unlock yang tentunya sudah batal garansinya, atau gunakan saja provider Smartfren untuk 4G LTE. Harga Andromax A masih berkisar di 650 ribuan. Dengan CPU quad-core, RAM 1 GB, dan internal storage 8 GB, performa Andromax A tentunya sudah cukup baik, bersaing dengan rivalnya. Kamera depan dan belakang Andromax A menggunakan resolusi 5 MP. Layarnya lebih besar dari 2 rival sebelumnya, dengan ukuran 4.5 inch. Baterainya pun lebih gede kapasitasnya, 1950 mAh.

SPC S12 Mercury

spc-s12-mercury-copy hp android harga di bawah 1 juta

Smartphone ini belum lama meluncur, harganya berkisar di 800 ribuan. Dengan harga tsb, SPC S12 dibekali CPU quad-core, RAM 1 GB, dan storage 8 GB seperti rivalnya yang lebih murah. Layarnya lebih besar dengan ukuran 5.0 inch meski masih menggunakan resolusi setara, 480×854 piksel. Fitur kamera pada ponsel ini memiliki resolusi lebih tinggi, 8 MP di belakang dan 5 MP di depan. Sayangnya, ponsel ini pun belum mendukung 4G LTE. Ponsel ini adalah satu-satunya yang sudah menggunakan OS Android versi Marshmallow.

Acer Liquid Z320

acer-liquid-z320

Ponsel ini pun masih setara dengan rival sebelumnya. Dengan harga 800 ribuan, Liquid Z320 dibekali CPU quad-core, RAM 1 GB, dan storage 8 GB. Resolusi kameranya 5 MP di belakang dan 2 MP di depan. Layarnya setara dengan Andromax A yakni 4.5 inch dengan baterai 2000 mAh.

Mito A73 Fantasy Fly

mito-a73-fantasy-fly smartphone android murah

Masih di kisaran 800 ribu, ada Mito A73 dengan spesifikasi hardware masih setara rival lainnya; Quad-core, 1 GB RAM, 8 GB Storage, serta jaringan 4G HSDPA. Baterainya berkapasitas paling besar dari rata-rata rivalnya, 2100 mAh. Kamera belakangnya menggunakan resolusi 8 MP, sedangkan di depan sudah 5 MP.

Advan i45

advan-i45hp android 4g lte termurah

Haganya kisaran 850 ribu rupiah dengan spesifikasi yang sedikit lebih baik. Chipset menggunakan yang banyak dipakai smartphone lebih mahal yakni Mediatek MT6735. Kapasitas RAM-nya sebesar 1 GB dan storage 8 GB. Seperti namanya, layar yang digunakan berukuran 4.5 inch dengan resolusi seperti rivalnya. Dua kameranya memiliki resolusi 5 MP. Sedangkan kapasitas baterai hanya 1600 mAh. Kelebihan i45 dibanding rivalnya adalah pada fitur jaringan 4G LTE yang sudah tersedia. Selain Andromax A dan E2, Advan i45 adalah HP android 4G LTE termurah saat ini.

*Spesifikasi di atas dapat saja memiliki kesalahan, pastikan pada penjual ketika Anda membeli.

Semua pilihan di atas rata-rata kamera belakangnya sudah dilengkapi autofocus dan LED flash. Fitur-fitur seperti WiFi, Bluetooth, microUSB port, dsb, pun sudah semestinya ada karena sudah merupakan standar sebuah smartphone Android.

Mana yang terbaik? Semua kembali ke budget dan kebutuhan Anda. Jika ada budget hingga 800 ribuan, maka pilihlah yang sudah dibekali specs teratas dan fitur paling lengkap termasuk 4G LTE (Advan i45). Namun jika terbatas pada budget 600 ribuan, pilihan yang ada pun sangat menarik. Selamat memilih.

LEAVE A REPLY