Jika kita ingin mendapatkan hasil foto yang memuaskan, kamera digital yang digunakan bisa kita mulai dari yang harganya 2 jutaan. Di rentang harga 2 jutaan, kita bisa mendapatkan kamera point-and-shot atau kamera compact dan prosumer yang bisa menghasilkan foto berkualitas.

Kali ini PMC ingin membahas 7 kamera digital terbaik di rentang harga 2 jutaan. Pilihan kamera digital terbaik harga 2 jutaan ini sudah melalui survey dari data dan statistik yang valid dari pasar lokal dan luar. Kelima kamera yang akan disajikan merupakan pilihan yang paling banyak dibeli alias menjadi bestsellers serta memiliki rating tinggi untuk tingkat kepuasan penggunanya.

Pilihan tetap kembali ke budget dan kebutuhan Anda, ada yang berjenis kamera saku dimana lebih praktis dan relatif lebih cepat, ada juga pilihan prosumer yang lebih susah untuk masuk saku namun dibekali pengaturan lebih lengkap jika Anda ingin menggunakan mode manual. Selain itu, pilihan kamera prosumer di harga 2 jutaan juga sudah memiliki optical zoom yang panjang, cocok untuk Anda yang suka memotret objek jauh, hewan liar misalnya.

Baiklah, berikut 7 pilihan kamera terbaik harga 2 jutaan. Karena kualitas hasil fotonya tidak terlalu jauh, kali ini urutannya berdasarkan harga termurah hingga yang termahal.

Nikon Coolpix L340: Rp 2.175.000,-

Nikon-Coolpix-L340-Kamera-Prosumer-termurah-berkualitas
Klik gambar untuk memperbesar…..

Prosumer camera dengan resolusi 20 MP dan HD Video Recording ini menggunakan lensa zoom 28x dan hingga 56x dynamic zoom. Aperture berada di f/3.1 – 5.9, tidak terlalu buruk untuk Prosumer harga 2 jutaan. Kamera ini juga dibekali fitur Vibration reduction (VR) sebagai Image Stabilizer-nya.

Nikon Coolpix S7000: Rp 2.199.000,-

Nikon-Coolpix-S7000-kamera-pocket-terbaik-harga-termurah

Harga kamera ini di luar masih cukup tinggi, jika di sini dijual 2,2 juta rupiah, tentu akan semakin menarik lagi kamera compact 2 jutaan ini. Dibekali sensor resolusi 16 MP dengan rekam video Full HD, 20x optical zoom dan 40x dynamic zoom, kamera ini juga sudah memiliki integrasi WiFi dan NFC. Dibanding Prosumer camera yang kebanyakan menggunakan AA battery, kamera ini dan kamera compact lainnya menggunakan baterai rechargeable Li-Ion.

Sony Cyber-shot H300: Rp 2.299.000,-

Sony-H300-kamera-prosumer-2-jutaan

Hasil kamera ini menurut kami tergolong superb di kelasnya. Cyber-shot H300 menggunakan sensor Super HAD CCD 1/2.3″ dengan resolusi 20 MP. Optical zoom tersedia hingga 35x  serta dibekali juga dengan Optical SteadyShot Image Stabilization. Sayang video recording-nya terbatas hanya HD 720p saja.

Samsung WB-250F: Rp 2.450.000,-

Samsung-WB-250f-Kamera-compact-2-jutaan-terbaik

Compact camera dengan sensor 14 MP, zoom optic 18x, serta rekam video hingga Full HD. Kamera ini juga dibekali WiFi untuk langsung terhubung dengan device lainnya seperti smartphone atau tablet.

Sony Cyber-shot DSC-WX220: Rp 2.499.000,-

Sony-WX220-Kamera-digital-2-jutaan-terbaik

Kamera compact 2 jutaan Sony ini menggunakan G Lens resolusi 18 MP dan optical zoom 10x. Video recording bisa dilakukan hingga resolusi Full HD yang dilengkapi dengan Optical SteadyShot agar video lebih stabil. Terdapat juga Intelligent Active Correction untuk mengurangi blur. Untuk memudahkan konektivitas, kamera ini sudah dibekali WiFi dan NFC.

Nikon Coolpix L840: Rp 2.575.000,-

Nikon-Coolpix-L840-kamera-digital-prosumer-terbaik-harga-2-jutaan

Kamera Prosumer 2 jutaan dari Nikon yang lebih baik ini menggunakan sensor 16 MP dengan VR dan optical zoom hingga 38x. Video recording tersedia resolusi hingga Full HD. Fitur konektivitasnya lebih lengkap dibanding sang adik, L840 juga bahkan sudah dibekali WiFi dan NFC.

Canon PowerShot SX-410 IS: Rp 2.600.000,- (hingga 2,8 juta)

Canon-SX410-kamera-digital-terbaik-2-jutaan

Pilihan terakhir yang juga tertinggi harganya ini menggunakan sensor resolusi 20 MP. Zoom yang dimiliki zukup panjang hingga 40x optical dan hingga 80x Zoom plus. Rekam videonya terbatas pada resolusi HD 720p. Intelligent IS tersedia untuk SetadyShot di berbagai kondisi. Tidak seperti Prosumer lainnya, kamera ini menggunakan baterai Li-Ion pack rechargeable.

*Harga merupakan harga termurah di pasar.

Pilihan di atas rata-rata memiliki spesifikasi yang sangat setara, baik itu resolusi sensor, ukuran sensor, aperture, serta fitur-fitur pendukungnya. Hasil fotonya pun relatif mirip kualitasnya. Kamera compact memiliki fitur yang sedikit lebih kaya dan memberikan kelebihan pada kepraktisannya. Sedangkan kamera Prosumer, selain kelebihan pada setting manual lebih lengkap, desain mirip DSLR juga membuat grip lebih mantap ketika digenggam. Apapun pilihannya, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda.

Jika harus memilih mana yang terbaik, sangat sulit untuk membandingkan tanpa memperhatikan detail hasil foto di kondisi yang berbeda. Namun dari semua pilihan kamera digital terbaik harga 2 jutaan di atas, Nikon Coolpix L840 adalah pilihan yang “memiliki semuanya”. Selamat memilih dan berburu kamera digital 2 jutaan Anda.

LEAVE A REPLY